Posisi KMP Yunicee Telah Ditemukan, Ada di Kedalaman 72-78 Meter

Semangat bertugas Tim SAR Gabungan!

Jembrana, IDN Times – Pencarian penumpang KMP Yunicee yang tenggelam di Selat Bali masih terus dilakukan, pada Selasa (29/6/2021). Manifes penumpang yang sebelumnya masih simpang siur kemudian divalidasi di hari ketiga pencarian atau Kamis (1/7/2021).

Tercatat 18 orang yang belum ditemukan Tim Search and Rescue (SAR) Gabungan.

Baca Juga: Banyak Penumpang yang Tidak Masuk Daftar Manifes KMP Yunicee

1. Hasil pencarian penumpang yang belum ditemukan nihil

Posisi KMP Yunicee Telah Ditemukan, Ada di Kedalaman 72-78 MeterPencarian korban KMP Yunicee di Selat Bali pada Kamis 1 Juli 2021 (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, mengungkapkan tim operasi pencarian belum juga menemukan korban penumpang KMP Yunicee hingga Kamis (1/7/2021). Area pencariannya diperluas menjadi 23,85 Nm2 di seputaran kapal tenggelam yang terbagi dalam 8 pemetaan. Kapal-kapal besar penempatannya di radius lebih jauh, dan alut yang berukuran lebih kecil mencari di area perkiraan awal kapal tenggelam. Penyisiran dilakukan oleh Tim Gabungan sejak pagi hingga malam hari.

"Sesuai dengan rencana operasi SAR. Ada 13 Alut yang dikerahkan, termasuk searching di udara menggunakan Heli Bell Polairud Mabes Polri,” ungkapnya.

Sementara itu Search and Rescue Unit (SRU) laut mengerahkan KRI Rigel 933, KRI Soputan 923, KN SAR Permadi Surabaya, KMP ASDP Indonesia Ferry, Rib 01 SAR Gilimanuk, Rib 04 Pos SAR Buleleng, Rib 01 Pos SAR Banyuwangi, Speedboat Dit Polairud Polda Bali, Speedboat Polair Polres Jembrana, Speedboat KPLP Gilimanuk, Rubber Boat Pos AL Gilimanuk, Rubber Boat Pol Air Polres Jembrana.

2. Manifes penumpang divalidasi, 18 orang belum ditemukan

Posisi KMP Yunicee Telah Ditemukan, Ada di Kedalaman 72-78 MeterValidasi Data POB KMP Yunicee yang tenggelam adi Selat Bali pada Kamis 1 Juli 2021 (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Berdasarkan hasil rapat verifikasi dan validasi data pada Kamis (1/7/2021) yang melibatkan Basarnas, Operator Kapal, ASDP, Polairud, Polres Jembrana, TNI AL dan BPTD, diperoleh jumlah Person On Boat (POB) sebanyak 76 orang. Masing-masing 12 Anak Buah Kapal (ABK), 4 orang pekerja kantin, dan 60 orang sisanya adalah penumpang.

"Hasil penghitungan tersebut didasarkan kepada data manifes yang tercatat. Data korban yang terevakuasi KMP Samudra Utama, KMP Swakarya dan Tugboat yang menolong di hari pertama kapal tenggelam. Juga penemuan dari kapal nelayan," jelasnya.

Dari jumlah itu, 51 orang dinyatakan selamat, 7 orang meninggal dunia, dan 18 orang masih dalam pencarian.

Baca Juga: Kadishub Bali Akan Evaluasi Pemuatan Kapal Feri Tenggelam di Gilimanuk

3. KMP Yunicee ditemukan di kedalaman 78 meter di Selat Bali

Posisi KMP Yunicee Telah Ditemukan, Ada di Kedalaman 72-78 MeterKapal Motor Penyeberangan (KMP) Yunicee tenggelam di pelabuhan Gilimanuk pada Selasa (29/6/2021). (dok. IDN Times/Istimewa)

Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P), I Komang Teguh Ardana, mengungkapkan KRI Rigel-933 menemukan beberapa barang dan lokasi titik di dasar laut yang diduga dari KMP Yunicee pada pukul 02.30 Wita, Kamis (1/7/2021).

Posisi KMP Yunicee berada di kedalaman 72 sampai 78 meter dengan jarak kurang lebih 362 meter dari daratan terdekat dan kurang lebih 1,65 mil dari Pelabuhan Gilimanuk.

Baca Juga: [BREAKING] Data Sementara Nama Korban Jiwa Tenggelamnya KMP Yunicee

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya