Karyawati SPBU di Bali Ditodong, Aksi Pencuriannya Terekam CCTV

Ngeri banget. Kejadiannya siang lho itu

Denpasar, IDN Times – Penodongan yang memakai dugaan senjata api di Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) Benoa, Jalan Raya Benoa, pada Rabu (11/11/2020) pukul 13.45 Wita terekam closed circuit television (CCTV). Videonya tersebar dan viral di media sosial (Medsos) lokal Bali. Pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) ini diketahui menggunakan jaket jasa ojek online dan sepeda motor Scoopy warna abu-abu. Pemilik SPBU Benoa, Wayan Rastika, kemudian melaporkan kejadian itu ke Mapolda Bali.

Baca Juga: Kisah Haru Pernikahan 2 Tahanan di Bali, Sama-sama Kena Kasus Narkoba

1. Saksi mengira pelaku akan bertanya soal alamat

Karyawati SPBU di Bali Ditodong, Aksi Pencuriannya Terekam CCTVDok.IDN Times/Istimewa

Menurut keterangan Operator SPBU, Indriyani dan Setiasari, awalnya mengira pelaku akan bertanya soal alamat. Namun setelah memarkir sepeda motornya di tengah pengisian bahan bakar, pelaku langsung menghampiri para karyawati sambil menodongkan diduga senjata api.

Aksi itu membuat karyawati langsung berlari menjauhi pelaku. Sementara pelaku merampas tas pinggang milik Indriani, yang saat itu tergantung di Alat Pemadam Api Ringan atau APAR (Fire extinguisher). Setelah itu pelaku kabur.

“Tiba-tiba gitu saja orangnya datang ke sini di tengah SPBU ini. Saya pikir mau nanya alamat. Langsung gitu aja dia nodongin pistol. Kita kan reflek kaget gitu, langsung lari. Nyelametin uang. Tapi dia nggak fokus ke kita,” ungkap saksi Indriyani.

Sekitar pukul 14.00 Wita, operator SPBU melaporkan kejadian itu kepada pemilik. Kasus tersebut dilaporkan ke Kepolisian Daerah (Polda) Bali pada pukul 14.30 Wita.

2. Kepolisian belum memastikan dugaan senjata api yang digunakan oleh pelaku

Karyawati SPBU di Bali Ditodong, Aksi Pencuriannya Terekam CCTVIlustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolresta Denpasar, Kombespol Jansen Avitus Panjaitan, menyebutkan kerugian yang dilaporkan oleh pihak korban sebesar Rp3,15 juta, yaitu uang hasil penjualan. Uang tersebut disimpan di dalam dompet milik korban.

Pihak kepolisian belum bisa mengatakan bahwa pelaku curas menggunakan pistol seperti yang terlihat di rekaman CCTV. Sejauh ini masih berstatus dugaan senjata api.

“Ya kami mendapatkan informasi terkait dugaan curas (Pencurian dengan kekerasan), di mana terlihat di rekaman video dia (pelaku) menodongkan sesuatu. Sesuatu itu kami nggak bisa memastikan apakah itu senjata atau bukan ya. Sesuatu yang menyerupai pistol,” jelasnya, Kamis (12/11/2020).

3. Polisi berharap para pengusaha melengkapi lokasi usahanya dengan CCTV

Karyawati SPBU di Bali Ditodong, Aksi Pencuriannya Terekam CCTVtechtechi.com.au

Setelah Polda Bali mengontak Kepolisian Sektor (Polsek) Denpasar Selatan dan Polsek Kawasan Laut Benoa, para petugas langsung mendatangi lokasi dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan, begitu pula rekaman CCTV dari berbagai sudut.

“Kami sudah menemui titik terang. Mudah-mudahan segera terungkap. Kami pastikan menjamin peristiwa ini mudah-mudahan yang terakhir,” kata Jansen.

Kepolisian berkoordinasi dengan dinas instansi terkait untuk memastikan pergerakan pelaku sebelum menuju SPBU, di lokasi SPBU, dan sesudah keluar dari SPBU. Kasus ini masih dalam penyelidikan.

“Perlunya pemilik usaha melengkapi tempat usaha dengan CCTV, sehingga dengan demikian paling tidak para pelaku yang berniat melakukan kegiatan bisa berpikir,” tambahnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya