4 Orang Positif Karena Transmisi Lokal di Denpasar, Dokter Juga Kena

Tenaga medis di Denpasar ada yang kena nih

Denpasar, IDN Times - Pasien positif COVID-19 di Kota Denpasar bertambah enam orang hingga Senin (1/6). Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat konfirmasi membenarkan satu pasien yang dinyatakan positif merupakan tenaga medis. Berikut penjelasannya:

1. Ada enam orang yang dinyatakan positif. Empat orang karena transmisi lokal dan sisanya imported case

4 Orang Positif Karena Transmisi Lokal di Denpasar, Dokter Juga Kenahttps://tenggara.id

Keempat pasien positif karena transmisi lokal tersebut di antaranya:

  • Pasien laki-laki umur 66 tahun asal Desa Tegal Harum
  • Pasien laki-laki usia 30 tahun asal Kelurahan Penatih
  • Seorang perempuan usia 32 tahun asal Kelurahan Sumerta berprofesi sebagai dokter
  • Lki-laki berusia 29 tahun yang berdomisili di Kelurahan Kesiman.

Sedangkan dua orang lagi tertular akibat imported case merupakan PMI (Pekerja Migran Indonesia). Yaitu seorang perempuan usia 37 tahun asal Kelurahan Panjer, dan seorang laki laki usia 30 tahun di Desa Padangsambian Klod.

“Tadi kami sudah mendapatkan laporan. Di samping itu kasus OTG (Orang Tanpa Gejala) juga bertambah 24 orang, dan PDP (Pasien dalam Pengawasan) juga bertambah 2 orang," jelasnya.

Baca Juga: Pensiunan Pejabat di Klungkung dan 3 Keluarganya Positif COVID-19

2. Sebanyak 32 warga Denpasar masih dalam perawatan. OTG mencapai 619 kasus

4 Orang Positif Karena Transmisi Lokal di Denpasar, Dokter Juga Kena(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Secara kumulatif, Dewa Rai menjelaskan kasus COVID-19 di Kota Denpasar sebanyak 96 kasus positif. Di antaranya 62 orang dinyatakan sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 32 orang masih dalam perawatan.

Sedangkan hasil tracing tim gugus tugas di Kota Denpasar secara kumulatif, terdapat status 619 kasus OTG, 331 orang dinyatakan sehat setelah melakukan isolasi mandiri, dan sisanya 288 OTG.

Sementara itu Orang dalam Pemantauan (ODP) secara akumulatif tercatat 308 kasus. Sebanyak 258 orang sudah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sehat. Sehingga masih tersisa 50 ODP.

Berikutnya PDP secara akumulatif sebanyak 79 kasus. Di antaranya 25 orang sudah dinyatakan negatif setelah menjalani swab test, tersisa 54 PDP.

3. Peningkatan kasus transmisi lokal, masyarakat diimbau kesadaran dan kejujuran

4 Orang Positif Karena Transmisi Lokal di Denpasar, Dokter Juga KenaPixabay/OrnaW

Dari perkembangan kasus transmisi lokal di Kota Denpasar yang belakangan ini menunjukkan angka tren peningkatan, begitu juga keberadaan OTG yang masih menjadi ancaman penularan baru, Dewa Rai meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Diperlukan kesadaran dan kedisiplinan yang tinggi semua elemen masyarakat dalam memutus mata rantai COVID-19. Semua daerah di Bali dan luar Bali sudah terpapar COVID-19, mari bersama sama kurangi perjalanan atau aktivitas di luar rumah dan kontak langsung dengan orang lain. Karena kita tidak mengetahui siapa yang membawa virus atau tidak, untuk itulah diperlukan kesadaran, kejujuran dan disiplin yang tinggi semua pihak," imbaunya.

Baca Juga: Syarat Masuk ke Pulau Bali Makin Ketat!

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya