Pensiunan Pejabat di Klungkung dan 3 Keluarganya Positif COVID-19

Menantunya kerja sebagai dokter residen di Denpasar

Klungkung, IDN Times - Setelah beberapa minggu tidak ada penambahan kasus, kini kembali muncul transmisi lokal penyebaran COVID-19 di Kabupaten Klungkung. Kali ini pensiunan pejabat di Klungkung terkonfirmasi positif COVID-19, beserta tiga orang anggota keluarganya.

1. Ia tertular dari menantu yang bekerja sebagai dokter residen

Pensiunan Pejabat di Klungkung dan 3 Keluarganya Positif COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Rochmanudin)

Ketua Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 di Klungkung, I Nyoman Suwirta, menjelaskan pensiunan pejabat tersebut tertular COVID-19 dari menantunya yang bekerja sebagai dokter residen di rumah sakit wilayah Kota Denpasar.

"Dokter residen ini tugas di Denpasar, tapi sering mengunjungi keluarganya di Klungkung. Ia menularkan COVID-19 ke kedua mertua dan anaknya," ujar pria yang juga menjabat sebagai Bupati Klungkung, Senin (1/6).

2. Keempat pasien sudah dirawat di RSUP Sanglah

Pensiunan Pejabat di Klungkung dan 3 Keluarganya Positif COVID-19Ilustrasi pemeriksaan tes virus Corona di RSUP Sanglah. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Suwirta menambahkan, setelah hasil swab keluar dan dinyatakan positif COVID-19, keempatnya langsung dirawat ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar. Dinas Kesehatan (Diskes) Klungkung lalu melakukan penelusuran riwayat interaksi.

"Saat ini anggota keluarga lainnya sudah melakukan karantina mandiri di rumah. Kami akan secara berkala melakukan pemeriksaan kepada mereka," ujarnya.

3. Rumah keluarganya dijaga oleh pecalang

Pensiunan Pejabat di Klungkung dan 3 Keluarganya Positif COVID-19IDN Times/Wayan Antara

Bendesa Adat Semarapura, Wayan Budarsana, menjelaskan saat ini pecalang dari Satgas Gotong Royong Desa Adat Semarapura telah berjaga di depan kediaman pasien COVID-19 tersebut. Pecalang mendapat tugas untuk menjaga anggota keluarga lain, yang ikut melakukan karantina mandiri di rumah.

"Ada beberapa pecalang yang kami siagakan di depan rumah keluarga itu. Nanti mereka yang membantu keluarga yang sedang karantina, jika memerlukan bantuan sesuatu," jelas Budarsana.

4. Diskes tak ingin kasus transmisi lokal berkembang di Klungkung

Pensiunan Pejabat di Klungkung dan 3 Keluarganya Positif COVID-19Lokasi Pelabuhan Bias Munjul, Desa Ceningan, Nusa Penida Klungkung. (IDN Times/Wayan Antara)

Menurut Suwirta, kasus transmisi lokal ini membuat pihaknya tetap melakukan pengetatan di Klungkung.

"Ini penularan dari menantunya yang bertugas di Denpasar. Jadi satgas saya harap tidak kendor dalam menjalankan protokol kesehatan COVID-19 lagi di wilayahnya," kata Suwirta.

Pihak Diskes Klungkung hingga sekarang masih melakukan penelusuran terkait riwayat interaksi keluarga yang tertular COVID-19 tersebut.

"Kami telusuri terus secara detail. Kami tidak mau transmisi lokal ini berkembang di Klungkung," jelasnya.

Baca Juga: Bedanya Rapid Test, Swab dan PCR! Lebih Akurat Mana?

Topik:

  • Irma Yudistirani
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya