Daftar Pelanggaran saat Nyepi di Bali, Videonya Viral

Harus diingat ya kalau mau Nyepi di Bali tahun depan

Denpasar, IDN Times - Perayaan Hari Nyepi Saka 1946 diwarnai oleh beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh warga sendiri maupun warga negara asing (WNA). Kejadian ini hampir rata ditemukan di beberapa wilayah Bali. Videonya bahkan banyak tersebar di media sosial (medsos) Instagram.

Satu video yang paling viral adalah Ratna Sarumpaet yang dihentikan oleh pecalang di Banjar Tandeg, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, pada Senin (11/3/2024). Ia mengaku keluar untuk mencari ATM.

Sementara kejadian lainnya yang viral juga beragam. Mulai dari alasan membeli rokok, mencari bensin, dan WNA yang melakukan perjalanan dari Besakih ke Ubud. Berikut ini deretan pelanggaran saat Nyepi di Bali berdasarkan video di medsos.

Baca Juga: Profil Ratna Sarumpaet, Viral Keluar saat Nyepi di Bali

1. Berkendara saat Nyepi dihukum bersih-bersih hingga push-up

Daftar Pelanggaran saat Nyepi di Bali, Videonya ViralPelanggaran saat Nyepi (screenshot)

Banyak warga yang terjaring pecalang selama Nyepi berlangsung. Itu terlihat dari beberapa akun Instagram lokal di Bali. Misalnya Instragram Balebengong, mengunggah para pelanggar yang berkeliaran saat Nyepi diganjar sanksi bersih-bersih sampah hasil dari Tradisi Pengerupukan di Banjar Tengah, Kelurahan Sesetan, Kota Denpasar.

Sementara itu Instagram Denpasar Cerita juga mengunggah video warga yang keluyuran saat Nyepi berlangsung di Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung. Ia dihukum push up dan dibina.

2. Pelanggar dibina dan disuruh pulang

Daftar Pelanggaran saat Nyepi di Bali, Videonya ViralPelanggaran saat Nyepi (screenshot)

Seorang laki-laki berjalan kaki mengaku mencari bensin, dan diamankan oleh pecalang di wilayah Kuta. Ia langsung disuruh pulang setelah ditegur oleh pecalang setempat. Kasus serupa juga terjadi di Jalan Gunung Lebah, yaitu seorang pemotor keluar rumah dengan alasan membeli rokok. Rekaman video ini diunggah oleh akun Instagram ketut.arnawanew.

3. Beberapa WNA dibawa ke Mapolsek, rumah sakit, hingga disuruh kembali pulang

Daftar Pelanggaran saat Nyepi di Bali, Videonya ViralPelanggaran saat Nyepi (screenshot)

Beberapa warga negara asing (WNA) di Bali juga kedapatan melanggar saat Nyepi berlangsung. Contohnya warga Jepang, Takafumi (33), yang mengaku pulang dalam perjalanan dari Besakih ke Ubud. Ia diamankan oleh pecalang ketika melintas di Desa Adat Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, sekitar pukul 19.00 Wita. Berikut ini link berita selengkapnya.

Selain itu, berdasarkan video dari Instagram kutaselatan.news, ada dua WNA juga diamankan setelah ketahuan berkeliaran di dekat pintu masuk Taman Penta, Jimbaran, Kabupaten Badung. Mereka kemudian diminta pulang kembali ke tempatnya masing-masing.

Sementara itu seorang WNA dibawa ke RSUP Prof Ngoerah Denpasar diduga depresi. Ia ditemukan saat Nyepi dengan mengendarai sepeda motornya di Jalan Uluwatu dekat Patung Nakula Sadewa.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya