Pembangunan Pelabuhan Sampalan di Klungkung Telan Biaya Rp85 Miliar

Semoga dananya tidak ada yang dikorupsi ya

Klungkung, IDN Times - Pembangunan Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung yang menelan biaya Rp85 miliar direncanakan akan selesai pada Agustus 2021. Saat ini pembangunan telah mencapai 51 persen.

Informasi tersebut disampaikan oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster pada Rabu (13/1/2021). Koster mengatakan bahwa pembangunan pelabuhan ini sudah sesuai dengan target, meskipun terjadi kenaikan anggaran dari nilai yang ditentukan sebelumnya. 

Baca Juga: Air Kolam Renang Milik Pemkab Klungkung Berubah Warna

1. Anggaran pembangunan Pelabuhan Sampalan sebelumnya hanya Rp82 miliar

Pembangunan Pelabuhan Sampalan di Klungkung Telan Biaya Rp85 MiliarANTARA FOTO/Anis Efizudin

Gubernur I Wayan Koster menyampaikan bahwa anggaran pembangunan Pelabuhan Sampalan sebelumnya hanya Rp82 miliar. Namun kemudian naik menjadi Rp85 miliar. Anggaran Pembangunan Pelabuhan Sampalan ini bersumber dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBN) Kementerian Perhubungan RI.

"Sebelumnya dianggarkan Rp82 miliar, kemudian anggaran Pembangunan Pelabuhan Sampalan mengalami perubahan menjadi Rp85 miliar," jelasnya.

Baca Juga: Pasar Umum di Klungkung Buka Seperti Biasa Selama PPKM

2. Target penyelesaian seluruhnya paling lambat Agustus 2021

Pembangunan Pelabuhan Sampalan di Klungkung Telan Biaya Rp85 MiliarIDN Times/Wayan Antara

Sementara itu, Koster menilai pencapaian pembangunan Pelabuhan Sampalan yang mulai dikerjakan pada Agustus 2020 lalu sudah sesuai dengan rencana. Pembangunan saat ini pun sudah mencapai 51 persen dengan target penyelesaian seluruhnya paling lambat Agustus 2021 mendatang.

Program infrastruktur ini selain untuk membangun dermaga, juga sekaligus menata kawasan secara terintegrasi guna mengembangkan pusat perekonomian di Nusa Penida. Diharapkan pula dapat memberi layanan transportasi yang layak bagi masyarakat.

Baca Juga: Sejumlah Tempat Umum di Klungkung Tutup Selama Perayaan Tahun Baru

3. Ada beberapa program pembangunan yang direncanakan pemerintah

Pembangunan Pelabuhan Sampalan di Klungkung Telan Biaya Rp85 MiliarDok. Pribadi

Beberapa pembangunan infrastruktur yang menjadi program pemerintah Provinsi Bali lainnya antara lain Pelabuhan Sanur di Denpasar dan Pelabuhan Penyebrangan Bias Munjul di Nusa Ceningan. Pembangunan Pelabuhan Sanur dan Bias Munjul di Nusa Ceningan telah dimulai pada 12 Desember 2020 lalu. Dibangunnya Pelabuhan Segitiga Sanur, Sampalan, dan Bias Munjul merupakan Program Prioritas Pembangunan Infrastruktur Darat, Laut, dan Udara secara terkoneksi dan terintegrasi.

Kementrian Perhubungan RI melalui APBN telah mengelontorkan anggaran dengan total sebesar Rp555 miliar. Dana tersebut terdiri dari anggaran pembangunan Pelabuhan Sanur sebesar Rp376 miliar, untuk Pelabuhan Sampalan sebesar Rp82 miliar (kini Rp85 miliar), dan Pelabuhan Bias Munjul sebesar Rp97 miliar.

Selain itu ada pula rencana pengembangan Pelabuhan Amed, Karangasem di Tahun 2021. Secara konsep Pelabuhan Amed nantinya akan menjadi salah satu jalur penyebrangan transportasi logistik baik dari Ketapang Gilimanuk, Buleleng, Karangasem, hingga ke NTB.

Sementara untuk pengembangan Pelabuhan Penyeberangan Padangbai di Kabupaten Karangasem, direncanakan untuk mendukung kegiatan Moto GP di Mandalika, Lombok, NTB pada Tahun 2021. 

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya