Belasan Tahun Perempuan di Bangli Andalkan Air Hujan

Riset ini dilakukan oleh LBH Bali Women Crisis Centre

Bangli, IDN Times - Sebanyak 16 orang perempuan di Banjar Taksu, Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli mengaku mengandalkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air demi keberlangsungan hidupnya selama bertahun-tahun. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Lembaga Bantuan Hukum Bali Women Crisis Centre (LBH BWCC), Ni Nengah Budawati dalam pertemuan Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan di Museum Geopark pada Senin (18/7/2023).

Dalam pertemuan tersebut diungkap keluh kesah warga yang tidak mendapatkan akses air belasan hingga puluhan tahun. Juga peran perempuan dalam rumah tangga yang harus terlibat dalam penyediaan air guna memenuhi kebutuhan utama mereka. Budawati menyoroti kondisi ini berpotensi kekerasan bagi perempuan-perempuan tersebut. Apa saja potensi kekerasan yang dapat mereka alami?

Baca Juga: 7 Tempat Gym di Bali, Kamu Bisa Coba Gratis

Baca Juga: Menjelajah Keindahan 4 Danau di Bali

1. Masyarakat terdampak bertahan hidup dari air hujan

Belasan Tahun Perempuan di Bangli Andalkan Air HujanSalah satu titik sumber air yang menjadi tujuan perempuan di Banjar Taksu, Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli untuk memenuhi kebutuhan air bersih. (Dok.IDN Times/LBH BWCC)

Perwakilan perempuan Banjar Taksu, Wayan Rasmini (35) mengungkapkan sudah 13 tahun mengalami kesulitan air. Dan hanya mengandalkan air hujan. Jika air hujan yang ditampungnya habis, maka ia kan berjalan cukup jauh untuk mencari sumber air. Di wilayahnya tinggal, sumber air bersih ia akui ada, namun terkendala pengalirannya.

“Aksesnya sangat sulit, terjal, dan jauh dari rumah kami,” ungkapnya.

Warga di lokasi tersebut akan membeli air sebagai pilihan terakhir jika ridak ada stok air hujan, dan kesulitan mencari sumber air. Dengan keterbatasan tersebut mereka harus bisa mengirit air terutama untuk kebutuhan sehari-hari. Dan juga berdampak kepada ekonomi.

Perwakilan Kelihan Subak Taksu, Ketut Sureta mengungkapkan ia berharap aliran air bersih di Subak Taksu bisa dialirkan ke wilayah warga, karena selama ini tidak memakai air bersih.

“Di Subak Taksu ada sumber air yang bisa ditarik pakai mesin atau apa yang bisa sampai ke rumah warga,” ungkapnya.

2. Perempuan terdampak berpotensi mengalami kekerasan hingga risiko stunting

Belasan Tahun Perempuan di Bangli Andalkan Air HujanPerjalanan menuju lokasi sumber air di Banjar Taksu, Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli (Dok.IDN Times/LBH BWCC)

Ni Nengah Budawati mengatakan perempuan di Banjar Taksu (Konyel) memanfaatkan air hujan yang ditampung menggunakan terpal untuk kelangsungan hidupnya. Jika stok air hujan ini habis, mereka akan mencari ke sumber mata air terdekat. Dengan kondisi tersebut, para perempuan terdampak ini berpotensi mengalami kekerasan hingga risiko stunting bagi anak-anak.

"Ini hutan di Bangli lestari dan juga sebagai cikal bakal air-air yang tersebar di seluruh Bali. Nah, mengapa kemudian Bangli malah tidak mendapatkan manfaat dari itu. jadi banyak pemahaman dan juga renungan yang harus kita kaji,” jelasnya.

Budawati menjelaskan bahwa hasil riset dan FGD ini akan dibawa dalam pertemuan internasional. Riset yang dilakukan pada 28 Juni hingga 3 Juli 2023 tersebut dalam rangka penyusunan laporan monitoring nasional tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs, dan keadilan pembangunan 2022-2023. Program ini diselenggarakan oleh Asia Pacific Forum, Law and Development (APWLD).

3. Ratusan sumber air di Bangli belum termanfaatkan maksimal

Belasan Tahun Perempuan di Bangli Andalkan Air HujanPerjalanan menuju lokasi sumber air di Banjar Taksu, Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli (Dok.IDN Times/LBH BWCC)

Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar yang hadir saat itu mengungkapkan di Kabupaten Bangli sebenarnya memiliki sekitar 415 titik air permukaan. Namun dari jumlah sumber-sumber air bersih tersebut belum optimal dimanfaatkan oleh masyarakat setempat akrena berbagai kesulitan, dan tantangan. Pihaknya juga mengakui kendala pendanaan untuk pengoptimalan potensi tersebut, karena beban ini tidak bisa dipikul sendiri oleh Pemerintah Kabupaten Bangli.

“Ini banyak sumber-sumber air bersih,” ucapnya.

Menyikapi hal tersebut, ia mengungkapkan agar apapun hasil dari kegiatan FGD ini, bisa ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.

Belasan Tahun Perempuan di Bangli Andalkan Air HujanForum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan di Museum Geopark pada Senin (18/7/2023) (IDN Times/Ayu Afria)

Kepala SPI PDAM Bangli, Wayan Jayanegara mengatakan saat ini PDAM Bangli telah melayani 17 desa di Kecamatan Kintamani dengan memanfaatkan sumber air di Desa Catur. Hingga saat ini ia mengakui distribusi air bersih menuju Banjar Taksu, Desa Kedisan yang berada dibalik bukit memang belum ada. Sedangkan untuk tarif PDAM ini sudah diatur oleh Pemerintah Daerah baik batas bawah maupun batas atas. Termasuk tarif subsidi. Sehingga mengenai keluhan sejumlah perempuan tersebut, pihaknya belum bisa memberikan solusi.

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya