Comscore Tracker

Cara Membaca Ukuran Bra 30A Hingga 90E, Biar Kamu Gak Salah Beli

Pasti gak nyaman kalau salah beli, kan?

Rata-rata cewek mengeluhkan kenapa tidak nyaman mengenakan bra. Pertanyaannya, apakah kamu tepat memilih bra? Tentu saja kamu merasa gak nyaman, karena salah membeli bra yang tidak sesuai dengan ukuran payudara. Itu berisiko mengganggu kesehatan lho.

Bra memiliki aneka ukuran seperti 32A, 34C, 38B dan lainnya. Tapi kamu tahu gak sih arti angka dan huruf tersebut? Biar gak salah pilih, baca pedomannya berikut ini:

1. Ukur dan cek dulu label angka serta huruf

Cara Membaca Ukuran Bra 30A Hingga 90E, Biar Kamu Gak Salah BeliPexels.com/Artem Bali

Pertama, cari tahu dulu lingkar bawah serta lingkar payudaramu. Lingkar bawah payudara diukur dengan cara menggunakan meteran, yang dilingkarkan pada tubuh tepat pada bagian bawah dada atau tulang iga.

Sementara lingkar payudara yang biasa disebut dengan cup, diukur dari satu lingkar terluar payudara kamu hingga ke ujung lain, melintasi puting. Setelah melakukan pengukuran, maka cocokkan hasilnya dengan informasi berikut ini:

Lingkar bawah payudara    Ukuran BH
63-67 cm                            30 atau 65
68-72 cm                            32 atau 70
73-77 cm                            34 atau 75
78-82 cm                            36 atau 80
83-87 cm                            38 atau 85
88-92 cm                            40 atau 90.

Baca Juga: Pelembab Bibir Hingga Jerawat, 7 Manfaat Es Batu Buat Kecantikan

2. Cara mengukur cup payudara

Cara Membaca Ukuran Bra 30A Hingga 90E, Biar Kamu Gak Salah Belifaroka.com

Ukuran payudara (Cup) ditunjukkan dengan huruf A hingga D. Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui ukuran cup kamu?

Untuk mengetahuinya, kamu bisa menggunakan rumus:

(Ukuran lingkar payudara - ukuran lingkar bawah payudara) + 2.

Contohnya:

Payudara kamu berukuran lingkar 70 cm, dan ukuran lingkar bawah payudara 60 cm. Maka ukuran cup kamu adalah (70-60) + 2 = 12 cm. Untuk mengetahui payudara kamu berada di cup berapa, maka bisa menggunakan panduan di bawah ini:

10 – 12 cm = cup A
13 – 14 cm = cup B
15 – 17 cm = cup C
18 – 19 cm = cup D
20 – 22 cm = cup E.

Meskipun demikian, ukuran angka dan huruf antara merek satu dengan lainnya bisa saja berbeda. Lebih tepatnya, kamu bisa mencobanya secara langsung jika ingin membeli bra supaya sesuai dengan ukuran payudara.

3. Tanda-tanda kamu salah memilih bra

Cara Membaca Ukuran Bra 30A Hingga 90E, Biar Kamu Gak Salah Belishape.com

Selain mengukur payudara secara langsung, kamu bisa juga membeli atau memilih bra dengan panduan berikut ini:

  • Pastikan saat dikenakan, tali belakang bra tidak naik dan menjadi lebih tinggi dari cup. Jika tali bra-nya naik, maka ini menunjukkan bahwa ukuran bra kamu kurang tepat
  • Bra kamu mungkin saja akan menjadi lebih longgar dalam periode tertentu. Umumnya dalam jangka waktu 8 bulan, tergantung seberapa sering kamu mengenakannya. Lebih baik kamu memiliki tujuh hingga delapan bra untuk digunakan secara bergantian. Tujuannya supaya kamu tidak mengenakan bra yang sama secara terus-menerus dalam dua hari dan lebih tahan lama. Jika beberapa bra sudah terasa tidak nyaman, mungkin saatnya membeli yang baru.
  • Lebih baik bra dengan busa atau tidak? Kamu ingin menggunakan BH dengan busa atau tidak tergantung dari karakteristik payudara. Jika payudara kamu termasuk yang berisi, maka bra tanpa busa bisa menjadi pilihan. Jika tidak, kamu bisa memilih push-up bra dengan busa serta kawat, bisa membuat payudara kamu menjadi terlihat lebih indah.

Umumnya, cewek juga kurang cermat dalam menjaga kualitas bra. Lantas apa yang harus dilakukan? Ya, tentunya adalah mencuci bra. Bra harus dicuci menggunakan tangan sendiri bersama air dingin. Hindari memasukkan bra ke dalam mesin cuci supaya talinya tidak cepat longgar dan rusak. Semoga tips di atas bisa berguna ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh farida rifa di IDN Times Community dengan judul Makna Ukuran Bra 30A Hingga 90E, Awas Ladies Salah Pilih Ya

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya