Comscore Tracker

6 Tanda Kamu Sedang Overthinking, Sering Terlalu Perfeksionis 

Tanpa disadari, kamu bisa jadi sering overthinking lho

Setiap orang pasti pernah overthinking, keadaan di mana pikiran mulai tidak terkontrol. Overthinking tentunya dapat mengganggu kesehatan jika tidak segera ditangani dengan baik sebab pikiran terlalu dibebani dengan berbagai pertanyaan dan kecemasan.  

"Seandainya tadi tidak begini, pasti...."

"Orang-orang tadi bagaimana ya melihatku?"

Itu lah beberapa pertanyaan yang kerap muncul di pikiran. Bahkan tidak jarang mereka hanya memikirkan dan mencemaskan penilaian orang tentang mereka. Sebagian besar orang tidak sadar dengan pikiran-pikiran berlebihan itu yang justru bisa menyebabkan masalah kesehatan, terutama pada sisi psikologis. Nah, sebelum terlambat, kenali dulu yuk di bawah ini tanda-tanda bahwa kamu sedang overthinking.

Baca Juga: 5 Cara Cek Teman yang Tulus dan Setia

1. Membayangkan skenario yang mungkin hanya terjadi dalam pikiran

6 Tanda Kamu Sedang Overthinking, Sering Terlalu Perfeksionis Pexels/Ekaterina Bolovtsova

Terlalu banyak hal yang ada dalam pikiran, kerap membuat orang berpikir keras. Tidak jarang mereka bisa membuat skenario dalam pikiran sendiri sehingga membuat sangat hati-hati menghadapi masa depan, terutama setelah belajar dari apa yang mereka alami di masa lalu.

Contohnya, "Bagaimana jika saya ditertawakan seperti dulu?" atau "Mungkin kalo saya melakukan ini, saya akan ditertawakan." Hal kecil seperti ini juga bisa membuat mereka tidak percaya diri sebelum melakukan sesuatu.

2. Butuh pengakuan dari orang lain bahkan merasa tidak percaya diri

6 Tanda Kamu Sedang Overthinking, Sering Terlalu Perfeksionis ilustrasi overthingking (pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Hampir sama dengan membayangkan skenario. Seseorang yang sedang overthinking juga sering merasa tidak percaya diri karena mereka terus memikirkan perkataan orang lain. Contohnya, apabila seseorang berkomentar mengenai mereka dengan kata-kata yang baik, mereka jadi lebih senang dan merasa aman ketika melakukan hal yang mereka lakukan.

Namun sebaliknya, jika mereka mendapatkan komentar negatif, hal itu akan langsung membuat mereka berpikir bahwa mereka harus berhenti melakukannya. 

3. Menjadi sensitif dan cepat emosional

6 Tanda Kamu Sedang Overthinking, Sering Terlalu Perfeksionis ilustrasi orang overthinking (Unsplash/Eric Ward)

Seseorang yang mengalami overthinking juga sulit untuk mengontrol emosi. Mereka akan cenderung lebih sering terbawa emosi karena memikirkan hal-hal yang belum terjadi. Bahkan mereka sering menceritakan keluh kesahnya kepada orang lain agar pikiran mereka menjadi lebih ringan.

Di lain kasus, mereka ada yang malah menyendiri dan memendam pikiran negatifnya, dibandingkan harus menceritakannya kepada orang lain karena merasa tidak ada yang peduli dengan perasaan dan pikirannya. Ini yang membuat seseorang lebih gampang stres dan menjadi lebih emosional.

4. Terlalu memikirkan pencapaian orang lain

6 Tanda Kamu Sedang Overthinking, Sering Terlalu Perfeksionis Pexels/Andrea Piacquadio

Mereka yang mengalami overthinking, sebagian besar akan merasa tidak nyaman jika melihat rekannya sukses lebih dulu dari mereka. Ada pula yang membandingkan pencapaiannya dengan orang lain. Hal ini yang membuat mereka terjebak dengan pikirannya karena terlalu sibuk mengejar apa yang dicapai oleh teman-temannya.

Mereka menjadi kurang maju dan tidak percaya pada kemampuan dirinya sendiri. Padahal kemampuan seseorang itu berbeda-beda dan cara untuk mencapai hasilnya pun tidak ada yang sama.

5. Terlalu perfeksionisme

6 Tanda Kamu Sedang Overthinking, Sering Terlalu Perfeksionis Pexels.com/Energepic.com

Orang yang terlalu perfeksionis sangat sulit untuk menerima hal-hal yang dirasa kurang dalam dirinya. Contohnya, jika seseorang mendapat peringkat 3 di kelas, tidak jarang mereka akan berpikir "Coba aja ranking 1, pasti blabla...."

Hal tersebut yang membuat seseorang jadi memusingkan dirinya sendiri dengan pikiran sepele yang mereka dapat. Bahkan mereka menjadi tidak berterimakasih pada dirinya sendiri atas capaian yang telah diraihnya selama ini.

6. Sering merasa cemas sehingga memicu susah tidur

6 Tanda Kamu Sedang Overthinking, Sering Terlalu Perfeksionis ilustrasi orang overthinking (pexel.com/cottonbro)

Seseorang pasti pernah merasa cemas, malu, maupun sedih. Perasaan-perasaan itulah yang biasanya membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur. Padahal begadang sangat tidak baik lho untuk kesehatan tubuh.

Berpikir memang penting, tapi jika berlebihan, juga sangat tidak baik kan?. Nah untuk menghindari overthinking, kamu bisa mengalihkan pikiran dengan aktivitas yang menyenangkan dan tentunya bermanfaat.

Selain itu, berikan batasan pada pikiran. Apabila memang sangat mengganggu, bisa dilakukan dengan cara menulis pikiran kamu pada kertas atau berceritalah pada orang yang kamu percaya. 

Tefania Pramesty Photo Community Writer Tefania Pramesty

Hello! Find me on instagram @tefapram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya