Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Terlalu Lama Bermain Media Sosial

Emang sih, terlalu berlebihan juga gak baik kok

Bermain media sosial (medsos) memang sangat menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Tak hanya sebagai sarana untuk menghibur diri, medsos juga bermanfaat untuk membangun personal branding

Meski demikian, setiap hal yang dilakukan secara berlebihan juga tidak selalu baik. Berikut di bawah ini adalah lima dampak negatif jika kamu terlalu lama bermain media sosial, yuk simak!

Baca Juga: 5 Lagu NCT U yang Enak Didengarkan Ketika Hujan

1. Kamu jadi lupa waktu

5 Dampak Negatif Terlalu Lama Bermain Media SosialIlustrasi bermain media sosial (Unsplash.com/Plann_images)

Mungkin niat awal kamu hanya beberapa menit saja membuka medsosnya. Namun sering kali karena melihat banyak hal menarik, kamu menjadi keasyikan bahkan hingga lupa waktu.

Jika itu terjadi sesekali memang tidak masalah. Namun jika terlalu sering lupa waktu, maka akan memengaruhi kegiatan lainnya.

2. Pekerjaan jadi tertunda

5 Dampak Negatif Terlalu Lama Bermain Media SosialIlustrasi bermain media sosial (Unsplash.com/Brucemars)

Tidak bisa dipungkiri, medsos termasuk hiburan yang tepat ketika merasa lelah dengan rutinitas. Namun lupa waktu juga terkadang tidak bisa dihindari. 

Lupa waktu karena terlalu lama bermain medsos akan berdampak pada pekerjaanmu yang tertunda. Terlalu asyik dengan hal yang menyenangkan membuat kamu memutuskan untuk mengulur waktu lebih lama melanjutkan pekerjaan.

3. Mood yang tiba-tiba berubah

5 Dampak Negatif Terlalu Lama Bermain Media SosialIlustrasi bermain media sosial (unsplash.com/Jonasleupe)

Ada banyak hal yang bisa kamu lihat di medsos, mulai dari konten yang menghibur hingga mengharukan. Itu juga terkadang membuat suasana hati bisa berubah secara tiba-tiba!

Perubahan suasana hati juga bisa memengaruhi kegiatanmu sepanjang hari. Bisa saja yang awalnya bersemangat, tiba-tiba merasa tidak punya tenaga untuk melakukan sesuatu karena mood kamu menjadi buruk.

4. Munculnya rasa kurang percaya diri

5 Dampak Negatif Terlalu Lama Bermain Media SosialIlustrasi bermain media sosial (Unsplash.com/Courtneyrclayton)

Pasalnya, banyak orang yang mengunggah kelebihan atau pencapaian mereka di medsos. Tak jarang kamu yang melihat itu merasa orang lain lebih beruntung dan menganggap hidupmu tidak ada perkembangan. Jadi gak menutup kemungkinan itu akan membuatmu merasa tidak beruntung dan tidak percaya diri.

5. Memengaruhi waktu istirahat

5 Dampak Negatif Terlalu Lama Bermain Media SosialIlustrasi bermain media sosial (Unsplash.com/Screenpost)

Sekarang ini, ketika seseorang kesulitan tidur justru mencari kegiatan dengan cara bermain ponsel. Cara ini dinilai sebagai pilihan yang tepat supaya bisa cepat tidur. Malahan sebaliknya. Jika terlalu asyik bermain medsos, waktu istirahatmu menjadi semakin terganggu. Kamu seharusnya bisa tidur lebih awal akan teralihkan setelah membuka medsos.

Media sosial memang memiliki manfaat, namun jika digunakan secara berlebihan akan berdampak buruk terhadap diri sendiri. Kamu harus bersikap tegas memilih waktu untuk diri sendiri.

Suandewi Oka Photo Community Writer Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya