Comscore Tracker

5 Cara Mengembangkan Kualitas Diri, Jangan Buang-buang Waktu Ya!

Yuk maju dan tumbuh bersama

Setiap orang pasti selalu ingin mengembangkan kualitas dirinya. Tidak ada satu pun orang yang mau hanya berada di level yang sama secara terus-menerus. Adalah hal yang wajar menginginkan sebuah perubahan dan menjadi lebih baik. 

Nah, sayangnya, tidak sedikit yang justru bingung bagaimana cara untuk mengembangkan kualitas dirinya sendiri. Apabila kamu juga bimbang, simak yuk di bawah ini lima cara untuk mengembangkan kualitas diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Depresi, Jangan Sampai Semakin Parah Ya!

1. Kenali kelebihan diri sendiri, bukan fokus pada kekurangan

5 Cara Mengembangkan Kualitas Diri, Jangan Buang-buang Waktu Ya!ilustrasi anak sedang fokus belajar (Pixabay.com/NWimagesbySabrinaEickhoff)

Lakukan hal yang bisa membuatmu selangkah lebih maju. Setiap orang pasti memiliki kelebihan yang berbeda dengan orang lain. Begitupun sebaliknya berlaku pada kekurangan manusia.

Jika kamu hanya fokus pada kekurangan, maka efek buruknya adalah kelebihan potensi yang kamu miliki akan teralihkan. Tidak perlu peduli dengan apa yang tidak bisa kamu lakukan. Tapi cobalah untuk menggali sedalam mungkin keterampilan yang ada pada dirimu.

2. Jangan lupa bergabung dengan komunitas

5 Cara Mengembangkan Kualitas Diri, Jangan Buang-buang Waktu Ya!ilustrasi kelompok pertemanan (Pexels.com/Henri Mathieu-Saint-Laurent)

Menjalin relasi memiliki banyak manfaat. Satu di antaranya adalah membangun pola pikir dengan orang yang relatif banyak. Komunikasi dan pengalaman tersebut dapat dimasukkan ke dalam unsur potensi individu.

Semakin berkualitas komunitas yang kamu ikuti, maka itu juga yang akan memungkinkan dirimu lebih mudah mengenali kualitas yang kamu miliki. Bagaimanapun, teman cukup membawa pengaruh signifikan. Sebaiknya kamu memilih kelompok mana saja yang bisa membawamu menjadi orang yang bermanfaat ke depannya.

3. Siapkan mental dan fisik yang fit

5 Cara Mengembangkan Kualitas Diri, Jangan Buang-buang Waktu Ya!ilustrasi orang sedang merenung (Pexels.com/Cottonbro)

Menyadari bahwa diri kita terus bertumbuh dan bertambah umur, memang tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang bisa membawamu ke arah lebih baik ataupun malah membawa pada jiwa yang kerdil. Untuk itu, selagi belum memasuki usia dewasa, tanamkan pada hati dan pikiranmu bahwa kamu bisa melaluinya dengan kemampuan yang kamu miliki.

Hindari pergaulan atau kebiasaan yang bisa merusak masa depanmu. Ambil sikap yang bijak, terutama dalam mengambil sebuah keputusan. Itu akan mengarahkan dirimu menjadi pribadi yang optimis, bertanggung jawab, dan disiplin.

4. Tentukanlah prioritas diri

5 Cara Mengembangkan Kualitas Diri, Jangan Buang-buang Waktu Ya!ilustrasi seseorang mengendarai mobil mewah (Pexels.com/Olasupo John)

Hedonisme tidak cocok untuk seseorang yang masih diberikan bekal oleh orangtua. Pandai mengelola uang dan mengerti mana kebutuhan yang menjadi prioritas, sangat penting artinya. 

Jadi, bentuklah sikap tersebut dari sekarang, terutama dalam mengelola uang. Jangan boros dan berfoya-foya. Lakukan prinsip kebermanfaatan dalam setiap mengeluarkan uang. Selain itu, kamu bisa save money agar tidak habis begitu saja.

5. Ada kemauan untuk berkembang

5 Cara Mengembangkan Kualitas Diri, Jangan Buang-buang Waktu Ya!ilustrasi orang ceria berbicara lewat telepon (Pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Berbicara tanpa ada tindakan adalah hal yang sia-sia. Begitu juga berlaku pada keinginan diri untuk mengembangkan potensi diri. Bukan hanya sekadar ucapan saja tanpa aksi yang nyata. Kesuksesan tidak bisa dimulai secara instan. Meskipun kamu memiliki talenta yang luar biasa, namun jika tidak diimbangin dengan kerja keras, maka untuk menggapai kesuksesan hanyalah sebuah khayalan. 

Gunakan waktumu dengan bijak. Lakukan hal-hal yang bermanfaat untuk kehidupanmu di masa mendatang mulai dari sekarang. Perbanyak relasi pertemanan yang bisa meningkatkan potensimu untuk berkembang di masyarakat. 

Qoni'ah Musallamah Photo Community Writer Qoni'ah Musallamah

Temukan saya di @qoniahm_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya