Comscore Tracker

6 Asyiknya Jadi Anggota Pramuka, Nostalgia Banget Deh!

Siapa yang masih ingat gelar senja dan persami?

Tanggal 14 Agustus 2021 adalah Hari Pramuka ke-60. Ketika masih sekolah, Pramuka menjadi kegiatan ekstrakulikuler yang sangat mengasyikkan karena mengajarkan banyak hal. Bagi yang sudah bekerja, yuk nostalgia enam asyiknya menjadi anggota Pramuka.

1. Belajar kode morse hingga semafor (Semaphore)

6 Asyiknya Jadi Anggota Pramuka, Nostalgia Banget Deh!Shefalitayal.com

Keseruan menjadi anggota Pramuka adalah ketika mempelajari kode-kode atau sandi morse dan semafor (Kode bendera). Tidak hanya itu, kamu juga diajarkan untuk memahami tanda jejak di alam mulai dari tanaman hingga batu. Selama penjelajahan alam, keseruan untuk menemukan dan memecahkan kode-kode, hingga tanda jejak itu menjadi hal yang tidak terlupakan.

2. Berpetualang menjelajahi alam

6 Asyiknya Jadi Anggota Pramuka, Nostalgia Banget Deh!ANTARA FOTO/Basri Marzuki

Menjelajahi alam bersama anggota lainnya adalah hal yang wajib dalam Pramuka. Sebab satu di antara untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU) adalah melakukan penjelajahan alam.

Keseruan untuk menemukan tanda jejak menjadi momen yang tidak bisa dilupakan. Untuk kegiatan ini, kamu diajarkan supaya lebih menghargai dan menjaga alam, serta lingkungan.

3. Berkemah mulai dari Persari hingga Jambore

6 Asyiknya Jadi Anggota Pramuka, Nostalgia Banget Deh!Ilustrasi anggota Pramuka (ditpsmp.kemdikbud.go.id)

Kegiatan perkemahan juga tidak lepas dari kegiatan Pramuka. Mulai dari perkemahan sehari (Persari) di tingkat sekolah, Jambore Daerah (Jamda) untuk tingkat Kabupaten, hingga Jambore Nasional. Dalam kegiatan ini, kamu diajarkan supaya mandiri dan mengasah kemampuan bakatmu.

4. Belajar bermacam-macam simpul

6 Asyiknya Jadi Anggota Pramuka, Nostalgia Banget Deh!Kibrispdr.org

Selama menjadi anggota Pramuka juga diajarkan untuk membuat bermacam-macam tali simpul. Biasanya ini akan berguna ketika membuat tenda atau tandu. Simpul-simpul ini bahkan akan terus berguna di kehidupan kamu. Contoh gampangnya adalah mengikat tali jemuran atau mengikat barang kiriman supaya tidak mudah lepas.

5. Baris berbaris

6 Asyiknya Jadi Anggota Pramuka, Nostalgia Banget Deh!wallpapertip.com

Kecakapan baris berbaris selama menjadi anggota Pramuka juga penting. Tujuannya untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, hingga disiplin. Sehingga dengan demikian, para anggota dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab. Tentu saja ketika kamu bisa melakukan formasi baris berbaris dengan baik, pasti punya rasa kebanggaan tersendiri, ya kan?

6. Memiliki banyak teman dan menghargai keberagaman

6 Asyiknya Jadi Anggota Pramuka, Nostalgia Banget Deh!Fikri Yusuf/ANTARA FOTO

Selama menjadi anggota Pramuka selalu diajarkan untuk menghormati keberagaman di Indonesia tanpa memandang ras, agama, suku dan status sosial. Selain itu, menjadi anggota Pramuka juga banyak teman. Satu kegiatan yang membuat kamu bisa bertemu dengan anggota Pramuka dari sekolah lain adalah gelar senja. Biasanya dilaksanakan setiap hari Jumat sore. Ada yang masih ingat?

Itulah enam asyiknya menjadi anggota Pramuka. Kamu punya pengalaman apa nih selama menjadi anggota Pramuka? Tepuk Pramuka!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya