Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Harus Puasa Media sosial, Mulai Ketergantungan

Hindari hal-hal yang mengganggu kesehatan mental ya

Kini sebagian besar orang lebih sering menghabiskan waktu untuk media sosial. Segala kemudahan yang diberikan di era digital ini seakan membuat masyarakat lebih memilih hidup di dunia maya, dari pada kehidupan nyata.

Namun perlu diingat bahwa semuanya harus ada batasnya. Jika berlebihan dalam penggunaan media sosial, maka akan ada dampak negatif yang merugikan diri sendiri. Kamu perlu puasa media sosial dalam waktu tertentu untuk dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Nah berikut tanda-tanda bahwa kamu harus mulai puasa media sosial.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Terlalu Lama Bermain Media Sosial

1. Tidak bisa jauh dari smartphone untuk melihat sosial media

5 Tanda Kamu Harus Puasa Media sosial, Mulai Ketergantunganilustrasi melihat smartphone (unsplash.com/Jonas Leupe)

Tanda pertama ialah saat kamu tidak bisa jauh dari smartphone untuk mengecek sosial media. Ketergantungan yang tidak ada manfaatnya ini malah membuat waktu terbuang sia-sia. Selain itu juga ada banyak dampak lainnya yang akan dirasakan.

Tanda ini harus segera disadari dan diatasi agar tak menimbulkan akibat negatif yang lebih buruk lagi. Kamu harus segera mengurangi penggunaan media sosial secara berkala.

2. Tidak menjadi lebih bahagia tapi malah semakin letih dan lesu

5 Tanda Kamu Harus Puasa Media sosial, Mulai Ketergantunganilustrasi melihat sosial media (unsplash.com/Plann)

Berlama-lama mengonsumsi sosial media membuat orang makin lesu karena tubuh tidak bergerak. Kadang seseorang tidak sadar bahwa sudah banyak waktu yang digunakan untuk melihat media sosial.

Letih dan lesu, baik secara fisik maupun mental itu sangat merugikan. Karenanya, kurangi penggunaan sosial media dengan puasa atau menutup akses untuk mengecek sosial media.

3. Sudah mulai merasakan stres

5 Tanda Kamu Harus Puasa Media sosial, Mulai Ketergantunganilustrasi stres (unsplash.com/Steinar Engeland)

Stres berlebihan yang timbul akibat penggunaan sosial media adalah risiko. Kita semua tahu bahwa di dalam sosial media, tidak semuanya baik untuk dikonsumsi.

Ada banyak juga di media sosial yang tidak layak untuk dikonsumsi, termasuk informasi hoax, provokatif, dan sebagainya. Jika terus-menerus informasi tersebut diikuti tanpa adanya kendali, maka akan sangat mudah merasa stres. 

4. Tidak produktif karena selalu terdistraksi media sosial

5 Tanda Kamu Harus Puasa Media sosial, Mulai Ketergantunganilustrasi malas beraktifitas (unsplash.com/Adrian Swancar)

Ketergantungan pada media sosial membuat seseorang tidak produktif. Aktivitas yang seharusnya dilakukan malah terabaikan dan tersingkirkan. 

Akhirnya pekerjaan yang seharusnya selesai tepat waktu, jadi tertunda dan menumpuk. Jika tanda ini muncul, kamu harus segera untuk menerapkan puasa media sosial agar tidak mengganggu segala rencana.

5. Menjadi insecure karena postingan orang lain

5 Tanda Kamu Harus Puasa Media sosial, Mulai Ketergantunganilustrasi tangan (unsplash.com/Nate Neelson)

Tak heran jika media sosial saat ini dipenuhi dengan orang-orang yang berlomba menjadi terlihat ideal di mata orang lain. Mengunggah kebahagiaan yang dirasakan terkadang membuat orang lain merasa iri karena ketidakberuntungan mereka.

Hal itu memicu munculnya rasa insecure sebab terlalu melihat kenikmatan dan kebahagiaan orang lain. Tanpa ia sadari bahwa ia juga memiliki kenikmatan luar biasa.

Nah, jika tanda-tanda di atas mulai kamu rasakan, segeralah atasi dengan mengurangi penggunaan media sosial atau puasa media sosial untuk menghilangkan ketergantungan yang berlanjut. Akan semakin bahaya jika tanda-tanda tersebut dibiarkan begitu saja. Semoga berhasil ya.

Maftukhatul Azizah Photo Community Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya