Comscore Tracker

Kenali Tanda-tanda Good Girl Syndrome, Apa Kamu Pernah Mengalaminya? 

Kamu tidak perlu menyenangkan hati semua orang 

Standar tertentu yang dibangun di masyarakat mengenai bagaimana seharusnya perempuan bersikap, kemudian menciptakan sebuah gejala yang disebut 'good girl syndrome'. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi dari Universitas Standford. 

Apa saja sebenarnya tanda-tanda good girl syndrome ini? Berbahayakah untuk kesehatan mental kamu? Cek langsung yuk di bawah ini.

1. Kamu sulit berkata 'tidak'

Kenali Tanda-tanda Good Girl Syndrome, Apa Kamu Pernah Mengalaminya? hancinema.net

Selain sulit mengungkapkan pendapat, kamu juga mungkin sulit untuk berkata 'tidak' pada orang lain. Bagimu, gadis yang baik tentu harus selalu membantu sesama. Akhirnya, kamu juga kerap mengorbankan dirimu sendiri untuk membantu orang lain.

Di satu sisi, kamu juga susah berkata 'tidak' karena haus akan pujian dan validasi dari orang lain. Ketika berhasil membantunya, kamu berharap mereka akan berkata "Terima kasih, kamu baik sekali". Bagimu, kalimat itu cukup setimpal dengan pengorbananmu.

2. Kamu sulit mengungkapkan pendapatmu

Kenali Tanda-tanda Good Girl Syndrome, Apa Kamu Pernah Mengalaminya? hancinema.net

Apakah kamu pernah diam atau bahkan berbohong saat mengomentari sesuatu? Misalnya, temanmu mengganti gaya rambut yang kamu rasa kurang cocok untuknya. Alih-alih berkata sejujurnya, kamu tetap berkata 'Wah bagus!' untuk menyenangkan hatinya.

Kalau sering berlaku demikian, kamu mungkin mengalami good girl syndrome. Kamu tidak bisa menyampaikan kritik atau pendapat karena tidak ingin menyinggung perasaannya. Di satu sisi, tindakan ini juga dilakukan karena kamu pun sulit menerima kritik dari orang lain.

3. Kamu selalu berusaha tersenyum

Kenali Tanda-tanda Good Girl Syndrome, Apa Kamu Pernah Mengalaminya? imdb.com

Apakah kamu sering mendengar kalimat "Anak baik gak boleh menangis" atau "Perempuan terlihat cantik saat tersenyum"? Tanpa sadar, kalimat tersebut juga membentuk standar gadis baik padamu, lho!

Kamu belajar sejak kecil bahwa tersenyum bisa membuat dunia lebih indah. Oleh karena itu, kamu pun juga berusaha selalu memasang senyuman sesulit apa pun situasi yang sedang kamu hadapi. Padahal, sesekali marah atau menangis itu tidak apa-apa, lho! 

Baca Juga: Tanpa Sadar, Kamu Bisa Alami Sindrom Ini Setidaknya Sekali dalam Hidup

4. Kamu tidak sanggup menerima kritik

Kenali Tanda-tanda Good Girl Syndrome, Apa Kamu Pernah Mengalaminya? hancinema.net

Seperti yang telah disinggung di poin sebelumnya, good girl syndrome membuatmu sulit menerima kritik. Kamu memasang citra diri yang sempurna sebagai gadis baik, sehingga tidak memberi celah untuk melihat keburukan dirimu sendiri.

Ketika orang lain akhirnya melihat keburukanmu, kamu akan merasa sangat terluka. Kamu merasa gagal menjadi gadis yang baik, padahal selama ini kamu sudah bekerja keras untuk menjadi sempurna. Hal ini pun rentan membuatmu stres dan overthinking.

5. Kamu merasa harus bertanggung jawab akan segalanya

Kenali Tanda-tanda Good Girl Syndrome, Apa Kamu Pernah Mengalaminya? hancinema.net

Pada akhirnya, tanpa disadari, kamu selalu bersikap keras terhadap dirimu sendiri karena merasa bertanggung jawab akan segala hal. Kamu berkata pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa melakukan semuanya dan akhirnya kelabakan saat melakukannya.

Padahal, setiap orang punya batasannya masing-masing. Melimpahkan semua tanggung jawab pada dirimu, sama saja kamu tidak menghargai dirimu sendiri. Mau sampai kapan kamu terus mengorbankan diri untuk mengikuti standar sempurna yang tak realistis ini?

Nah itu tanda-tanda good girl syndrome. Coba perhatikan diri kamu sendiri, apakah kamu mengalami hal seperti itu? 

Baca Juga: 5 Tanda Sindrom Stockholm Mirip Hyun Seo di The World of The Married

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya