Comscore Tracker

5 Tanda Sindrom Stockholm Mirip Hyun Seo di The World of The Married

Semoga semeton tidak ada yang mengalaminya ya

Bagi kamu yang sudah menyaksikan tayangan The World of the Married, pasti kenal dengan karakter Hyun Seo. Ya, dia terjebak dalam hubungan toksik dengan pacar yang senang melakukan kekerasan. Meskipun disiksa, tapi perempuan muda ini memilih tetap bertahan lantaran merasa masih cinta!

Apa yang dialami Hyun Seo ini ternyata serupa dengan gangguan mental stockholm syndrome. Apakah stockholm syndrome itu?

1. Berawal dari rasa kasihan kepada pelaku

5 Tanda Sindrom Stockholm Mirip Hyun Seo di The World of The Marrieddramabeans.com

Apa sih yang membuat orang-orang dengan stockholm syndrome bisa jatuh cinta dengan pelaku kekerasan? Ternyata semua berawal dari rasa kasihan! Mereka merasa bisa memahami mengapa pelaku melakukan kekerasan tersebut.

Dalam drama, Hyun Seo pun terlihat memahami tindak kekerasan kekasihnya. Ia tahu bahwa kekasihnya tersebut tidak memiliki siapa-siapa dan hidupnya susah. Berawal dari rasa kasihan itulah, rasa cinta yang tidak wajar itu muncul.

2. Korban mendukung dan menyetujui tindakan, kata-kata, atau nilai yang dipercaya pelaku

5 Tanda Sindrom Stockholm Mirip Hyun Seo di The World of The Marriedjtbc.joins.com

Ada pepatah bahwa cinta itu buta. Hal ini sepertinya sangat pas untuk mendeskripsikan mereka dengan gangguan stockholm syndrome. Ketika sudah merasa jatuh cinta, dia buta dengan segala kejahatan dan kekerasan orang yang dicintainya tersebut. Akhirnya, ia mendukung tindakan, kata-kata, atau nilai yang dipegang si pelaku.

Hyun Seo sesungguhnya sadar bahwa ia menerima kekerasan. Meskipun begitu, ia memaklumi tindakan kejam tersebut karena merasa memahami pasangannya. Bisa dibilang, ia juga dibutakan oleh cinta.

3. Korban secara sadar dan sukarela membantu pelaku

5 Tanda Sindrom Stockholm Mirip Hyun Seo di The World of The Marriedjtbc.joins.com

Ketika korban sudah sangat terbiasa bersama dengan pelaku, ia tidak bisa lagi melihat pelaku sebagai sosok yang menakutkan. Dari sini, muncul pemahaman palsu bahwa sang pelaku adalah sosok pertahanan diri untuknya. Makanya ia bisa secara sadar dan sukarela membantu pelaku keluar dari masalahnya.

Hyun Seo pun hidup dengan membantu pacarnya keluar dari masalah keuangannya. Ia bekerja keras untuk membiayai pacarnya. Tentunya bagi orang normal tindakan ini sangat tidak masuk akal. Namun Hyun Seo justru menganggap tindakan ini wajar!

Baca Juga: Tamat! Ini 5 Pelajaran Parenting dari Sun Woo The World of The Married

4. Tumbuhnya kedekatan emosional karena korban merasa pelaku membutuhkannya

5 Tanda Sindrom Stockholm Mirip Hyun Seo di The World of The Marriedjtbc.joins.com

Ketika korban sudah sangat terbiasa bersama dengan pelaku, perlahan-lahan ia juga merasakan kedekatan secara emosional dengan sang pelaku. Dari sini, muncul perasaan bahwa dirinyalah satu-satunya orang yang bisa mengerti sang pelaku dan dibutuhkan sang pelaku.

Siapa sih yang gak bakal merasa senang karena merasa dibutuhkan orang lain? Hyun Seo pun mengalami tanda ini. Ia merasa pacarnya membutuhkannya karena tidak ada lagi orang yang memahaminya. Makanya, walaupun disakiti, ia memilih tetap bertahan. 

5. Sulit menerima pandangan dan nasihat orang sekitar

5 Tanda Sindrom Stockholm Mirip Hyun Seo di The World of The Marriedjtbc.joins.com

Ketika melihat seseorang yang terjebak dalam hubungan toksik, tentu kita gak bisa diam saja. Kita pasti berusaha untuk menyadarkan orang tersebut bahwa apa yang dia lakukan tidak baik.

Sayangnya, orang dengan stockholm syndrome bakal sulit menerima pandangan orang sekitar. Bahkan, ia bisa menganggap orang-orang yang berusaha membebaskannya dari pelaku secara negatif.

Nah itu 5 tanda sindrom stockholm seperti Hyun Seo dalam The World of the Married. Tetap waspada dan hati-hati ya. Selalu cerita ke teman terdekat atau saudara kamu jika ada sesuatu yang mencurigakan. Semoga kamu tidak mengalaminya ya.

Baca Juga: 5 Ciri Tukang Selingkuh Seperti Tae Oh di The World of The Married

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya