Super Perhitungan, 8 Ciri-ciri Kamu Sudah Terobsesi dengan Uang

Pelit apakah termasuk terobsesi?

Sejatinya, uang dicari untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bahkan untuk mencari kebahagiaan. Padahal uang sebenarnya bisa dicari, tapi kebahagiaan gak selalu bisa dibeli.

Coba perhatikan, apakah kamu sudah terobsesi dengan uang melalui sembilan tanda-tanda berikut ini:

1. Mengabaikan kemampuanmu

Super Perhitungan, 8 Ciri-ciri Kamu Sudah Terobsesi dengan UangPixabay/pexels

Bekerja yang penting gajinya besar. Tidak peduli itu sesuai passion-mu atau tidak. Padahal pasti lebih menyenangkan dan lebih bisa totalitas jika bisa bekerja sesuai dengan passion yang kita miliki.

2. Selalu perhitungan bahkan untuk kesenanganmu sendiri

Super Perhitungan, 8 Ciri-ciri Kamu Sudah Terobsesi dengan UangPexels/Daniel Spase

Meskipun kamu punya banyak uang di tabunganmu, kamu masih saja berpikir ketika ingin membeli makanan enak karena berpikir ada makanan yang lebih murah. Toh, makanan hanya terasa di lidah. Padahal tidak apa-apa menggunakan uangmu untuk membeli kebahagiaan.

Jangan menyiksa diri sendiri dengan always sweat for a little things. Berhemat itu bagus, tapi bukan berarti menjadi pelit di setiap kondisi.

3. Malas bersosialisasi

Super Perhitungan, 8 Ciri-ciri Kamu Sudah Terobsesi dengan UangUnsplash/freestocks.org

Seringnya, hangout bersama teman berarti kamu harus membeli sesuatu. Karena itu, kamu lebih memilih berdiam diri di rumah daripada harus mengeluarkan uang.

4. Mengabaikan kebutuhan penting

Super Perhitungan, 8 Ciri-ciri Kamu Sudah Terobsesi dengan UangPexels/Martin Péchy

Check up rutin menjadi hal yang tidak penting karena masih merasa sehat. Begitu pula dengan asuransi kesehatan yang disepelekan. Padahal mencegah lebih baik daripada mengobati kan?

5. Rela membuang waktu demi uang

Super Perhitungan, 8 Ciri-ciri Kamu Sudah Terobsesi dengan UangPexels/EVG photos

Demi perbedaan harga yang kecil, kamu rela menempuh jarak yang lebih jauh. Atau kamu rela berpindah ke banyak tempat hanya untuk mencari harga termurah.

6. Menilai segalanya dari uang

Super Perhitungan, 8 Ciri-ciri Kamu Sudah Terobsesi dengan UangPexels/Bruce Mars

Beli apa-apa yang penting mahal. Kemana-mana yang penting mewah. Bukan fungsi dan manfaat, tapi semuanya hanya tentang harga. Sama seperti saat bertemu dengan seseorang. Kamu cenderung memperhatikan penampilan mereka.

Barang apa saja yang mereka pakai atau kendaaran yang mereka bawa. Dan secara tidak sadar, kamu akan lebih menghargai orang yang kamu anggap "kaya".

7. Tidak pernah merasa cukup

Super Perhitungan, 8 Ciri-ciri Kamu Sudah Terobsesi dengan UangPexels/Pavel Kunitsky

Kamu selalu ingin lebih dan lebih. Meskipun tabunganmu sudah banyak, kamu selalu merasa kurang. Mungkin benar bahwa uang akan terasa cukup bila jumlahnya hanya sedikit.

8. Terobsesi menjadi orang kaya

Super Perhitungan, 8 Ciri-ciri Kamu Sudah Terobsesi dengan UangPexels/Bruce Mars

Cita-citamu adalah menjadi kaya. Bukan justru hidup bahagia. Karena mindset-mu adalah kebahagiaan bisa dibeli dengan uang. Padahal itu salah besar. Justru uang bisa merusak banyak hal.

Baca Juga: Tergolong Keras Kepala, 4 Zodiak yang Sulit Menerima Nasihat

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Berliana Cahya di IDN Times Community dengan judul Bahaya, Ini 9 Tanda Kamu Sudah Terobsesi dengan Uang!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You