Comscore Tracker

Gak Bakal Keteteran! 5 Tips Manajemen Waktu Buat Millennial

Kamulah yang harus mengatur waktu, bukan sebaliknya 

Satu minggu terdiri dari 7 hari dan setiap harinya terdiri dari 24 jam. Lumayan banyak kan? Tapi pernahkah kamu merasa kekurangan waktu? Meskipun kamu sudah bekerja keras setiap harinya untuk bisa menyelesaikan pekerjaan, namun ternyata tetap saja gak bisa selesai tepat waktu. Bahkan kadang kamu juga sampai lembur larut malam untuk mengerjakan tugas.

Akhirnya kamu pun berpikir, bagaimana jika ke depannya tugas kamu semakin berat? Nah, jika sekarang saja kamu sudah merasa kerepotan, lalu bagaimana jika nanti tanggung jawab tugasmu lebih besar? Hal utama yang bisa kamu perbaiki adalah manajemen waktu. Berikut 5 tips manajemen waktu, terutama buat millennial biar gak keteteran:

Baca Juga: 5 Cara Kenali Teman yang Bisa Dipercaya untuk Curhat

1. Mencatat segala aktivitas kamu  

Gak Bakal Keteteran! 5 Tips Manajemen Waktu Buat Millennialilustrasi menulis (pexels.com/Ivan Samkov)

Mulailah untuk rajin mencatat segala aktivitasmu dalam waktu satu minggu pada waktu-waktu tertentu. Dari kamu bangun tidur, berangkat kerja, sampai akan tidur lagi. Catatlah apa saja aktivitasmu, jangan lupa untuk menyertakan waktu. Memang sedikit merepotkan jika kamu belum terbiasa melakukannya.

Namun, mencatat aktivitas sangat bermanfaat dalam manajemen waktu. Pertama, kamu akan tahu perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sesuatu setiap harinya. Kedua, kamu tahu kualitas manajemen waktumu. Apakah sudah baik atau masih berantakan? Kamu akan mampu mengukurnya jika kamu rajin mencatat aktivitasmu.

2. Buatlah jadwal untuk kegiatan harianmu 

Gak Bakal Keteteran! 5 Tips Manajemen Waktu Buat Millennialilustrasi membuat jadwal (pexels.com/Mikhail Nilov)

Kamu bisa menuliskannya pada kertas atau gawai. Buatlah jadwal kegiatanmu dalam kurun waktu satu minggu. Jangan hanya membuat daftarnya saja, namun buatlah lebih lengkap lagi. Jadi, setiap harinya kamu harus tahu, pada pukul berapa kamu harus melakukan sesuatu. Hal ini penting karena bukan hanya akan menjadi pengingatmu, tapi juga akan membuat waktumu lebih efisien.

Berbicara mengenai manajemen waktu yang baik, ya kamu harus mau melatih diri untuk menjadwalkan segala aktivitasmu secara teratur. Percayalah ini akan berdampak baik bagi kehidupanmu. Target-target dalam pekerjaan bisa kamu capai apabila kamu memiliki manajemen waktu dalam bekerja dan keseharian.

3. Rutin melakukan kebiasaan baik di pagi hari 

Gak Bakal Keteteran! 5 Tips Manajemen Waktu Buat Millennialilustrasi kebiasaan berolahraga (pexels.com/Nathan Cowley)

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mulai melakukan hal-hal positif. Mengapa pagi hari? Karena pada siang hari biasanya kamu sudah banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Mungkin juga teman-temanmu mulai menghubungimu untuk makan siang bersama atau hal lainnya. Pokoknya pada siang hari, kamu mulai sibuk merespons berbagai hal.

Inilah alasannya mengapa pada pagi hari kamu harus mulai melakukan hal-hal positif. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk dirimu sendiri. Cobalah melakukan hal-hal khusus yang bisa kamu lakukan setiap pagi hari. Gak harus aktivitas yang besar, hal-hal sederhana juga bisa, yang penting itu memiliki manfaat. Misalnya rutin berolahraga atau bermeditasi.

Bangunlah setiap pagi di waktu yang sama dan lakukan hal-hal yang sama setiap harinya. Bangun pagi, mandi, berdoa, berolahraga, sarapan, dan seterusnya. Berusahalah rutin melakukannya, pasti akan bermanfaat baik untuk kehidupanmu.

4. Fokuslah melakukan apa yang sudah kamu rencanakan 

Gak Bakal Keteteran! 5 Tips Manajemen Waktu Buat Millennialilustrasi orang bekerja (pexels.com/fauxels)

Ketika kamu sudah mencatat dan membuat jadwal untuk kegiatan keseharianmu, maka selanjutnya adalah fokuslah melakukan apa yang sudah kamu rencanakan. Jangan sampai kamu mudah tergoda dengan hal-hal yang gak ada kaitannya sama sekali dengan pekerjaan atau sesuatu yang sedang kamu lakukan.

Berusahalah untuk gak menunda-nunda sesuatu yang harus segera dikerjakan. Jauhkan berbagai hal yang dapat mengganggu konsentrasimu. Misalnya, kamu sering terganggu dengan suara notifikasi grup. Maka, sebaiknya kamu abaikan hal tersebut dulu agar kamu bisa fokus melakukan suatu pekerjaan.

5. Jangan lupa melakukan hal-hal yang membuatmu senang 

Gak Bakal Keteteran! 5 Tips Manajemen Waktu Buat Millennialilustrasi melakukan hobi bersama teman (pexels.com/George Pak)

Jangan pernah melupakan hal yang satu ini. Menjadwalkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat dirimu merasa senang, itu juga penting. Biasanya bagi banyak orang, menjadwalkan waktu untuk bersenang-senang itu dilakukan paling akhir.

Kebanyakan orang menjadwalkan waktu untuk bermain setelah semua pekerjaan selesai dengan tuntas. Sebenarnya tips agar kamu bisa konsisten melakukan manajemen waktu setiap harinya adalah dengan memasukkan jadwal untuk bersenang-senang. Perlu kamu ketahui bahwa kesenangan yang kamu lakukan ini akan memberimu motivasi agar bisa bangkit lagi.

Itulah lima tips yang bisa kamu lakukan untuk memiliki manajemen waktu yang baik, terutama bagi millennial. Ingatlah bahwa seharusnya kamu yang mengatur waktu dalam menjalani kehidupan ini. Bukan malah sebaliknya, waktu yang mengatur kamu.

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya