Comscore Tracker

5 Prinsip Hidup Ini Bakal Bikin Kamu Lebih Bahagia

Apakah kamu sudah memegang prinsip ini?

Saat bisa hidup tenang dan merasa nyaman dengan pilihan sendiri, itulah kebahagiaan. Bisa tersenyum dari hati terdalam adalah cermin bahwa kamu benar-benar bahagia, bukan berpura-pura bahagia. Setiap orang yang menjalani kehidupan ini, pastilah ingin mencapai satu tujuan, baik kebahagiaan diri sendiri, maupun keluarga.

Lalu apakah benar kebahagiaan itu sesungguhnya ditentukan oleh diri sendiri? Ya, kebahagiaan memang tidak melulu soal materi. Tapi dari prinsip hidup yang mereka pegang. Orang yang punya prinsip dalam hidupnya, akan lebih mudah menentukan sikap karena mereka tidak cepat dipengaruhi oleh orang lain. 

Nah simak ya di bawah ini lima prinsip hidup yang diyakini bisa membuat diri jadi lebih bahagia:

Baca Juga: 7 Aktivitas Ini Membuat Pikiran Tenang, Terhindar dari Amarah

1. Tanamkan dalam pikiran tentang hal-hal yang positif dan jauhkan pikiran negatif

5 Prinsip Hidup Ini Bakal Bikin Kamu Lebih BahagiaIlustrasi membaca ( unsplash.com/tamaracus)

Prinsip hidup pertama yaitu diawali dengan pikiran positif. Kenapa harus positif thinking? Karena saat kamu mampu berpikir secara positif, akan membuat apapun yang kamu lakukan menjadi positif pula. Hasil yang kamu dapatkan juga semakin positif dan kesuksesan bisa diraih walau ada rintangan yang menghadang. 

Begitupun sebaliknya, saat pikiran-pikiran negatif yang ada di pikiran kamu, itu akan membuat hidupmu dipenuhi dengan aura yang tidak baik pula. Bisa ditebak hasil dari negatif thinking, tidak lain dan tidak bukan adalah kegagalan.

Buatlah prinsip hidup dengan menanamkan pikiran yang positif dan menjauhkan dari pikiran negatif. Berkumpul bersama orang yang positif menjadi cara yang paling tepat untuk dilakukan. Dengan begitu hidup kamu akan dipenuhi dengan kebahagiaan.

2. Jangan merebut sesuatu yang bukan menjadi hak kamu

5 Prinsip Hidup Ini Bakal Bikin Kamu Lebih BahagiaIlustrasi pertemanan ( unsplash.com/Alexis)

Prinsip hidup yang kedua yaitu kamu tidak boleh merebut sesuatu yang bukan menjadi hak kamu. Apakah yang dimaksud dengan sesuatu? Bisa berupa materi maupun non materiil. Termasuk merebut pacar atau pasangan hidup orang lain. Selain mendapatkan cacian, makian, dan sumpah serapah, kelak kamu juga akan mendapatkan karma atas perbuatanmu itu.

Buang jauh-jauh pikiran untuk merebut sesuatu yang bukan menjadi hak kamu! Percayalah Tuhan akan memberikan sesuatu yang berharga, tanpa kamu harus merebutnya dari orang lain.

3. Gunakan standar hidupmu sendiri bukan standar hidup orang lain

5 Prinsip Hidup Ini Bakal Bikin Kamu Lebih BahagiaIlustrasi belanja ( unsplash.com/Edward)

Jangan pernah menyamakan standar hidupmu dengan standar hidup orang lain. Gunakanlah standar hidupmu sendiri, bukan standar hidup orang lain! Biarkan orang lain menggunakan standar hidupnya sendiri, jangan asal ikut-ikutan, sebab nanti akan membuat hidupmu menderita. Tidak sedikit orang yang berusaha keras mengikuti standar hidup orang lain lantaran mereka ingin dipandang hebat di mata orang lain. 

Misalkan ketika jumlah gaji pas-pasan, tapi tetap saja membeli barang-barang branded cuma lantaran ingin sama dengan standar hidup orang lain. Jika hal ini terus dilakukan, maka akan menyengsarakan hidupmu sendiri. Ayolah jangan hanya karena gengsi, hidupmu menderita. Belajarlah untuk memakai standar hidupmu sendiri. Percayalah hidupmu akan jauh lebih bahagia saat memakai standar hidupmu sendiri.

4. Jadikanlah masa lalu sebagai pelajaran hidup dan nikmati masa sekarang

5 Prinsip Hidup Ini Bakal Bikin Kamu Lebih BahagiaIlustrasi bahagia( unsplash.com/Vinicius)

Banyak sekali orang terjebak di masa lalunya yang suram sehingga membuat mereka tidak bisa menikmati masa sekarang. Peganglah prinsip hidup dengan menjadikan masa lalu sebagai pelajaran sehingga kamu bisa menikmati masa sekarang. Jangan terus terjebak di masa lalu. Ingat masa lalu tidak akan bisa diputar kembali. 

Nikmati masa sekarang dengan melakukan hal-hal yang membuat hidupmu bahagia. Buat rencana masa depan yang juga akan membuat hidupmu dipenuhi kebahagiaan.

5. Hilangkan kebencian pada orang lain dengan berusaha untuk memaafkan kesalahannya

5 Prinsip Hidup Ini Bakal Bikin Kamu Lebih BahagiaIlustrasi marahan ( unsplash.com/ jd mason)

Memendam rasa benci hanya akan menyiksa diri sendiri. Jadi hilangkan kebencian terhadap orang lain ya! Apapun kesalahannya padamu, belajarlah untuk memaafkan. Dengan begitu kebencian akan hilang secara perlahan.

Rasa benci membuat kamu menjadi tidak tenang dan kurang nyaman bukan? Jadilah orang yang bisa memaafkan. Itu jauh lebih baik untuk dilakukan. Jangan menyimpan kebencian, sehingga dengan begitu hidupmu akan dipenuhi kebahagiaan.

Nah itu lima prinsip hidup yang diyakini akan membuat hidup menjadi lebih bahagia. Bagaimana menurut kamu?

Andri Wiyatno Photo Community Writer Andri Wiyatno

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya