Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Memiliki Anak

Menjadi orangtua adalah tanggung jawab besar

Setiap pasangan yang sudah menikah, umumnya ingin memiliki momongan. Mungkin rasanya kurang lengkap apabila di tengah-tengah kehidupan, belum ada buah hati yang menemani.

Sebelum memutuskan memiliki keturunan, ada hal penting yang perlu diperhatikan. Bagaimana pun setiap orangtua memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga anaknya dengan baik. Oleh sebab itu, simak dulu yuk di bawah ini beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum memutuskan memiliki anak:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Belajar menjadi orangtua yang baik untuk calon sang buah hati

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Memiliki Anakilustrasi memiliki anak (unsplash.com/Jonathan Borba)

Menjadi orangtua untuk calon sang buah hati bukanlah suatu hal yang mudah. Seseorang perlu memiliki wawasan yang cukup untuk bisa merawat dan menjaga sang anak nantinya. Jangan bersikap ceroboh dan asal-asalan. Karena hal itu dapat membuat kamu menjadi orangtua yang buruk.

Sebelum memutuskan memiliki anak, terlebih dahulu harus belajar menjadi orangtua yang baik. Sebagai orangtua, perlu memiliki ilmu parenting yang cukup. Tujuannya adalah memudahkan kita menjadi orangtua yang baik dalam mengasuh si anak.

2. Memiliki kesehatan jasmani dan rohani

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Memiliki Anakilustrasi tangan si bayi (pixabay.com/RitaE)

Memiliki anak adalah tanggung jawab yang besar. Kita dituntut harus memiliki kesehatan jasmani maupun rohani. Hal ini bertujuan agar bisa menjaga dan merawat anak ketika ia dalam proses tumbuh dan berkembang.

Apabila kondisi fisik dan mental orangtua buruk, tentunya akan kurang optimal memberikan yang terbaik untuk anak. Oleh sebab itu, penting bagi orangtua memiliki kesehatan yang prima sebelum berkeinginan memiliki keturunan.

3. Kondisi finansial yang cukup baik

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Memiliki Anakilustrasi tabungan (unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya)

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengenai kondisi keuangan. Menjaga dan merawat anak membutuhkan dana yang tidak sedikit. Misalnya kebutuhan setelah melahirkan, seperti obat-obatan, vitamin, nutrisi untuk ibu dan anak, serta keperluan lainnya.

Selain itu, pengetahuan mengenai kondisi keuangan di luar kebutuhan anak juga perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan agar dana simpanan yang dimiliki dapat mencukupi untuk kebutuhan lainnya.

4. Memiliki kesabaran yang tinggi saat mengasuh anak

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Memiliki Anakilustrasi mengasuh anak (unsplash.com/Tanaphong Toochinda)

Ternyata menjadi orangtua untuk buah hati tidak semudah yang dibayangkan, lho. Merawat dan menjaga anak harus membutuhkan kesabaran yang tinggi. Jika tidak, nanti akan mengalami kesulitan saat mengasuhnya.

Biasanya anak kecil sangat aktif sehingga kerap membuat orangtua kesal dan kelelahan. Misalnya saat anak bersikap rewel. Oleh sebab itu, sebagai orangtua harus bisa mengendalikan emosi ketika mengasuh sang buah hati.

5. Memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kemauan anak

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Memiliki Anakilustrasi mengasuh anak (unsplash.com/Nubelson Fernandes)

Selain bersikap sabar, orangtua juga harus memiliki kepekaan terhadap keinginan buah hati. Biasanya ketika masih bayi, anak akan mengungkapkan keinginan atau perasaannya dengan cara menangis. Nah, sebagai orangtua, harus bisa memahami hal tersebut.

Kepekaan orangtua sangat berpengaruh terhadap tumbuh dan kembang si anak. Orangtua yang baik adalah yang mampu memahami kemauan anak dengan cepat. Oleh sebab itu, sebelum memiliki anak, pelajari dulu bagaimana cara memahami kemauan anak.

Itulah lima hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan memiliki anak. Bagaimana menurut kamu?

Fauzan Fadhilah Photo Community Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya