TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Cara Membersihkan Pecahan Gelas yang Benar dan Aman

Jangan lupakan sarung tangan ya

Ilustrasi gelas pecah. (Pixabay.com/NoName_13)

Pernah gak sih kamu secara tidak sengaja menjatuhkan gelas ke lantai? Kejadian ini memang kerap terjadi, terutama saat di rumah. Kalau bagian pecahannya besar, tentu saja sangat mudah dibersihkan. Kamu tinggal ambil secara perlahan, dan membuangnya ke tempat sampah.

Bagaimana kalau pecahannya kecil dan halus? Artikel ini akan memberikan tips cara membersihkan pecahan gelas yang dikutip dari Thspruce.com.

1. Bersihkan area di sekitar tempat gelas terjatuh

Jangan biarkan orang-orang atau anggota keluarga untuk mendekati area jatuhnya gelas. Hal ini untuk menghindari pecahan gelas tersebut terinjak atau berpindah lebih jauh lagi. Siapkan beberapa peralatan untuk membersihkan pecahan gelas.

Sebaiknya kamu menggunakan alas kaki saat membersihkan area tempat gelas tersebut jatuh. Jangan gunakan tangan secara langsung tanpa sarung tangan. Pecahan kaca berpotensi melukai tangan saat diambil langsung tanpa sarung tangan.

Ambil terlebih dahulu pecahan gelas yang berukuran besar. Kumpulkan pecahan tersebut di sebuah wadah. Kemudian buanglah pecahan-pecahan gelas tersebut ke tempat sampah.

2. Gunakan lamu LED untuk mencari pecahan kaca yang berukuran kecil dan halus

Setelah pecahan gelas berukuran besar dibersihkan, kamu bisa melanjutkan untuk mencari pecahan gelas yang berukuran kecil. Tentu, akan sangat sulit untuk melihat pecahan-pecahan gelas dengan ukuran kecil.

Untuk membantu pencarian, kamu bisa menggunakan lampu senter LED atau lampu LED flash handphone untuk menyinari area gelas itu terjatuh. Pecahan gelas akan berkilau saat terkena cahaya lampu LED. Tandai area-area yang terlihat berkilau untuk segera dibersihkan.

3. Gunakan tisu atau lap kain

Kamu bisa menggunakan tisu atau lap kain untuk mengambil pecahan-pecahan gelas yang berukuran kecil atau halus. Lipat tisu atau lap menjadi berbentuk persegi panjang. Basahi tisu atau lap tersebut. Jangan terlalu basah ya!

Sinari lantai dengan lampu LED. Saat menemukan benda berkilau di lantai, tekan tisu atau lap yang sudah dibasahi tersebut. Pecahan kaca akan menempel di tisu atau lap. Lakukan berulang-ulang hingga sudah tidak ada yang berkilau lagi di area tersebut. Buang tisu basah tersebut, sedangkan lapnya bisa kamu cuci di wastafel atau tempat cuci piring.

Verified Writer

Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya