Comscore Tracker

7 Tumbuhan yang Cocok Ditanam Bersama Anak, Minim Perawatan

Biar anak gak main game terus nih

Berkebun merupakan pelajaran yang bagus untuk anak. Menanam dan menunggu tanaman tumbuh besar mengajarkan kesabaran. Anak akan belajar mengelola emosi hingga menunggu masa panennya tiba. Berkebun juga bisa membangun hubungan dan menumbuhkan komunikasi yang erat dengan anak.

Ada beberapa tumbuhan yang cocok untuk ditanam bersama, nih. Mulai dari bunga, sayur, hingga buah. Apa saja? Dilansir dari Housedigest.com, berikut daftarnya.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias untuk Ruang Makan dan Cara Merawatnya

1. Bunga matahari tidak butuh banyak perawatan khusus

7 Tumbuhan yang Cocok Ditanam Bersama Anak, Minim PerawatanIlustrasi bunga matahari (pexels.com/Pixabay)

Anak-anak menyukai bunga dengan warna cerah mencolok. Karena itu, bunga matahari menjadi pilihan berkebun pertama yang sangat tepat. Bunga yang satu ini sangat cocok ditanam oleh anak-anak berbagai usia. Selain itu, bunga matahari tidak butuh banyak perawatan khusus. Kamu hanya perlu menanamnya di bawah sinar matahari langsung.

Ajak anak untuk menyiraminya setiap hari dan menambahkan pupuk saat dibutuhkan. Ketika masanya tiba, mereka pasti bahagia melihat bunga yang dipeliharanya mekar dan menghasilkan kuntum besar nan cantik.

Baca Juga: 6 Area Rumah yang Disukai Kecoa, Dia Aktifnya Malam Lho!

2. Wortel dapat ditanam di pot

7 Tumbuhan yang Cocok Ditanam Bersama Anak, Minim PerawatanIlustrasi anak menanam benih (pexels.com/RODNAE Productions)

Satu sayuran yang wajib hadir dalam menu makanan anak-anak adalah wortel. Berwarna oranye cerah dan bercita rasa manis, anak-anak pasti akan takjub saat diajak memanen wortel. Selain itu, menanam wortel bersama juga akan mengajarkan mereka dari mana asal makanan yang ada di meja makan.

Anak-anak akan lebih menghargai makanan, karena mengetahui bagaimana proses tumbuhnya memakan waktu yang lumayan lama. Untuk memulainya, kamu bisa mengajak anak menanam biji wortel di halaman rumah atau pot.

3. Lobak, bisa dipanen dalam satu bulan

7 Tumbuhan yang Cocok Ditanam Bersama Anak, Minim PerawatanIlustrasi lobak (pexels.com/Skitterphoto)

Lobak merupakan sayuran yang paling mudah ditanam. Tumbuhan yang satu ini berkembang sangat cepat dan bahkan bisa dipanen dalam satu bulan. Karena itu, menanam lobak amat cocok untuk anak-anak, terutama bagi mereka yang kurang sabar menunggu.

Lobak tidak butuh tanah yang luas. Karena bisa ditanam dalam pot atau wadah, sayuran ini amat ideal untuk keluarga yang tidak punya lahan khusus atau tinggal di apartamen. Selain itu, lobak memiliki banyak varietas dengan warna menarik. Ajak juga anak untuk memilih jenis lobak yang akan ditanam dan mereka akan menyukai hasil panennya.

4. Bunga zinia yang minim perawatan

7 Tumbuhan yang Cocok Ditanam Bersama Anak, Minim PerawatanIlustrasi bunga zinia (pexels.com/Apsara Sunil)

Zinia merupakan jenis bunga yang berasal dari daerah Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Meksiko. Kalau di Indonesia, bunga ini hadir dalam beberapa spesies. Ada kuntum dengan kelopak berlapis tunggal, ada pula kelopak bertumpuk.

Bunga ini cocok ditanam bersama anak karena butuh perawatan yang rendah. Kuntumnya memiliki tangkai panjang yang bisa dipotong, sehingga cocok sekali untuk dirangkai dalam vas bunga. Kelopaknya juga hadir dalam berbagai warna yang menarik untuk anak-anak.

5. Sukulen, memiliki bentuk yang unik dan cantik

7 Tumbuhan yang Cocok Ditanam Bersama Anak, Minim PerawatanTanaman sukulen (pexels.com/cottonbro)

Tanaman selanjutnya yang cocok ditanam bersama anak adalah sukulen. Tanaman hias yang satu ini sangat populer karena berbentuk unik dan cantik. Ukurannya imut, beberapa spesies bahkan memiliki warna khas yang menarik perhatian anak.

Sukulen tubuh dengan lambat dan tidak butuh perawatan khusus, cocok untuk anak yang tidak punya banyak waktu luang untuk berkebun tetapi ingin memelihara tumbuhan. Untuk memancing minatnya, kamu bisa meletakkan sukulen di meja belajar atau ambang jendela kamar si kecil.

6. Selada, tidak perlu menunggu berbulan-bulan untuk memanennya

7 Tumbuhan yang Cocok Ditanam Bersama Anak, Minim PerawatanTanaman selada (pexels.com/Kampus Production)

Untuk kegiatan berkebun yang lebih khusus, selada adalah pilihan tepat. Sayur yang satu ini bisa tumbuh cepat, sehingga anak-anak tidak perlu menunggu berbulan-bulan untuk mencicipi hasil kerja mereka. Bagusnya lagi, tidak butuh lahan luas untuk menanam selada. Kamu bisa menumbuhkannya dalam pot dan meletakkan di ambang jendela.

Ajak anak untuk memeliharanya dari benih, dan pastikan mereka membantu saat menyiram. Ketika masanya panen, anak-anak juga akan belajar bahwa makanan sehat itu bisa ditanam bahkan di ambang jendela. Sisi positif yang lain, anak juga akan meniru kebiasaan orangtua yang suka menyantap makanan sehat.

7. Zukini merupakan jenis labu yang mudah tumbuh

7 Tumbuhan yang Cocok Ditanam Bersama Anak, Minim PerawatanIlustrasi zukini (pexels.com/Les Bourgeonniers)

Berbeda dengan tanaman lain, zukini butuh ruangan yang lebih luas untuk tumbuh. Namun terlepas dari itu, zukini merupakan jenis labu yang mudah tumbuh dan bisa membesar dalam waktu singkat.

Ajak anak untuk menanamnya dari benih dan menyiramnya setiap hari. Berbeda dengan wortel, anak akan bisa melihat langsung perkembangan buah zukini sejak bunga pertamanya muncul. Selain itu, kamu bisa mengajarkan pelajaran sains pertamanya dengan cara menyebarkan serbuk sari zucchini dari bunga jantan ke bunga betina, seperti yang dilakukan lebah.

8. Bayam, perawatannya sangat mudah

7 Tumbuhan yang Cocok Ditanam Bersama Anak, Minim PerawatanIlustrasi berkebun bersama anak (pexels.com/Maggie My Photo Album)

Sayuran lain yang disukai anak-anak adalah bayam. Jadi, bagaimana jika mengajaknya untuk menanam bayam di halaman? Kamu bisa membeli bibit dan menumbuhkannya di pot.

Bayam relatif mudah untuk ditanam dan tidak butuh perawatan khusus. Anak bisa dilibatkan mulai dari penyiapan tanah, penanaman bibit, hingga penyiraman. Ketika tanamannya tumbuh besar, biarkan mereka memanen sendiri, dan dilibatkan saat memasaknya. Menyajikan makanan yang mereka tanam dan olah sendiri tentu akan menghasilkan kepuasan tersendiri.

Nah, itulah beberapa tumbuhan yang bisa ditanam bersama anak. Semoga membantu ya.

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya