Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Reading Slump, Ayo Rajin Baca Lagi!

jangankan membaca, membuka buku saja sulit

Membaca terkadang menjadi wadah seseorang untuk melarikan diri dari kenyataan hidup. Contohnya saat kamu tidak diterima di universitas pilihan, daripada sibuk bersedih hati, lebih baik membaca novel favorit agar mood baik bisa kembali.

Dengan membaca, kamu jadi membayangkan berbagai skenario menarik yang mungkin tidak bisa kamu rasakan sendiri. Kamu juga dapat mempelajari berbagai hal baru dan moral hidup, yang dapat membantu menjadi pribadi lebih baik.

Sayangnya, terkadang kita terkena masalah reading slump atau kesulitan membaca. Saat mengalami masalah ini, jangankan membaca, membuka buku saja sulit. Agar masalahnya tidak berlarut, berikut ini ada berbagai tips mengatasi reading slump.

Baca Juga: 5 Trik Lolos Beasiswa Meski Tak Punya Prestasi Akademik

1. Meminjam buku

5 Tips Mengatasi Reading Slump, Ayo Rajin Baca Lagi!Image by Engin Akyurt from Pixabay

Hobi membaca buku bukan berarti kamu harus membeli semua buku yang ingin dibaca. Bila kesulitan membeli buku, kamu tetap bisa membaca dengan meminjamnya di perpustakaan. Cara yang legal ini membuatmu tetap bisa membaca tanpa tergoda untuk membeli buku bajakan.

Mengapa hal ini bisa membantu reading slump? Karena tenggat waktu peminjaman akan memacumu untuk terus membaca. Awalnya kamu sering menunda bacaan. Namun dengan meminjam, kamu malah akan berpikir dua kali jika mau menundanya. Sebab kamu gak mau membayar denda karena terlambat mengembalikannya.

Sekarang ini perpustakaan tidak hanya tersedia secara offline saja. Pemerintah telah menyediakan perpustakaan digital yang bisa diakses lewat aplikasi iPusnas. Menariknya, kamu dapat membaca buku yang dipinjam secara offline dan tidak harus takut membayar denda. Karena buku akan otomatis ditarik kembali setelah masa peminjamannya lewat.

Baca Juga: 5 Sisi Lain Kuliah Luar Negeri, Tak Seindah Foto Instagram

2. Membaca cerita lewat thread di Twitter

5 Tips Mengatasi Reading Slump, Ayo Rajin Baca Lagi!Image by Photo Mix from Pixabay

Pengguna Twitter tentunya tidak asing lagi dengan thread. Karena jumlah karakternya terbatas, pengguna Twitter akan menggunakan thread saat membuat postingan yang panjang. Bahkan fitur Twitter satu ini juga telah dimanfaatkan oleh banyak penulis untuk menulis cerita fiksi atau pengalaman mereka.

Contoh nyatanya adalah cerita KKN di Desa Penari. Cerita yang awalnya berasal dari thread di Twitter ini menjadi film horor tersukses di Indonesia. Isi tiap thread yang tidak terlalu panjang membuatnya lebih mudah dibaca, terlebih untuk kamu yang kesulitan membaca teks panjang.

Membaca thread cerita dapat membantu kamu agar terbiasa membaca kembali. Apalagi ada banyak penulis yang mempublikasikan cerita thread mereka menjadi buku fisik. Perlahan kamu akan mulai membaca buku fisik kembali.

3. Menonton adaptasinya

5 Tips Mengatasi Reading Slump, Ayo Rajin Baca Lagi!Image by mohamed Hassan from Pixabay

Buku yang diadaptasi menjadi film atau serial TV sudah bukan hal aneh lagi. Sebut saja Twilight, Little Women, The Maze Runner, dan masih banyak lagi. Kamu dapat menemukannya secara mudah di bioskop, televisi, maupun layanan streaming.

Menonton adaptasinya akan membantu kamu mengetahui jalan ceritanya saat malas membaca. Kebanyakan film dan serial televisi tidak mengadaptasi isi bukunya secara utuh akibat kendala durasi, budget, dan lainnya. Jadi, kamu akan terdorong untuk mengetahui keseluruhan isi cerita dengan membaca setelah menonton adaptasinya.

4. Mendengarkan audiobook

5 Tips Mengatasi Reading Slump, Ayo Rajin Baca Lagi!Image by Martine from Pixabay

Audiobook semakin populer bagi pencinta buku. Selain membantu orang-orang yang memiliki disabilitas, audiobook ikut membantu kamu yang mengalami reading slump. Kamu tidak perlu merasa kesulitan saat membaca karena hanya perlu mendengarkannya saja, sambil melakukan aktivitas lain seperti beres-beres rumah, memasak, atau sekadar jalan-jalan.

Ada banyak sekali aplikasi untuk mendengarkan audiobook di antaranya Audible, Libby, dan Noice. Kalau mau yang gratis, kamu dapat memilih antara Libby dan Noice.

Selama memiliki kartu perpustakaan yang terintegrasi dengan Libby, kamu dapat meminjam banyak audiobook yang tersedia di perpustakaannya. Sedangkan Noice sedikit berbeda. Aplikasi buatan lokal ini hanya menyediakan versi rangkumannya saja.

5. Mencoba genre baru

5 Tips Mengatasi Reading Slump, Ayo Rajin Baca Lagi!Image by StockSnap from Pixabay

Apabila kamu terlalu sering membaca genre yang sama, maka jangkauanmu tidak akan meluas karena hanya stuck di genre tertentu saja. Selain itu, kamu jadi lebih mudah terkena reading slump.

Cobalah untuk membaca genre lain saat kamu mengalami reading slump. Genre baru itu akan membuatmu menemukan jalan cerita, sudut pandang, dan penyelesaian yang berbeda. Pikiranmu pun menjadi lebih segar saat membaca.

Nah, tadi itu adalah tips mengatasi reading slump yang patut dicoba. Apa kamu memiliki tips tersendiri? Bagikan di komentar ya!

Rizkia Choerunnisa Photo Community Writer Rizkia Choerunnisa

BTS ARMY and movie enthusiast. Socially awkward person.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya