Comscore Tracker

7 Podcast Belajar Bahasa Inggris, Untuk Pemula Hingga Bisnis

Kecepatan berbicaranya ada yang lambat kok. Jadi gak bingung

Belajar Bahasa Inggris juga membutuhkan suplemen lho biar kamu terbiasa mendengarkan dan mempraktikkannya. Suplemennya bisa berupa film, musik, atau podcast.

Sekarang ini podcast kembali naik daun semenjak masyarakat dirumahkan selama COVID-19. Sebab itu termasuk sebagai sarana hiburan untuk anak muda. Kamu pun bisa menggunakan podcast sebagai sarana untuk belajar Bahasa Inggris.

Podcast apa saja sih yang cocok untuk mengasah kemampuan belajar Bahasa Inggris? Yuk simak rekomendasi kanal podcast belajar Bahasa Inggris berikut ini!

1. The English We Speak

7 Podcast Belajar Bahasa Inggris, Untuk Pemula Hingga BisnisPexels.com/Andrea Piacquadio

British Broadcasting Corporation (BBC) mengajak kamu untuk belajar Bahasa Inggris bersama para pakar paling keren. Seri podcast belajar Bahasa Ingggris ini berfokus pada frasa dan slang sehari-hari. Apa yang akan kamu dengar adalah jenis Bahasa Inggris yang diucapkan oleh orang-orang nyata sepanjang waktu, dan akan membantumu berbicara lebih seperti penutur asli.

Podcast mereka terbit setiap minggu dan masing-masing memiliki durasi sekitar 3-4 menit. Bahasa Inggris yang dituturkan dalam podcast ini memiliki kecepatan sedikit lebih lambat dari biasanya. Setiap suku kata diucapkan secara jelas. Formatnya melibatkan dua presenter yang melakukan percakapan satu sama lain.

2. Belajar Bahasa Inggris

7 Podcast Belajar Bahasa Inggris, Untuk Pemula Hingga BisnisIlustrasi. (Pixabay.com/citypraiser)

Kanal Jago Belajar Bahasa Inggris juga membuat podcast belajar Bahasa Inggris. Materinya seperti pronunciation, listening, percakapan, dan masih banyak lagi. Rata-rata durasinya 43 menit.

Podcast ini memulai materinya dari yang paling dasar. Selain Spotify, podcast ini juga hadir di podcasts.google.com.

3. Elementary Podcast by the British Council

7 Podcast Belajar Bahasa Inggris, Untuk Pemula Hingga BisnisPexels.com/George Milton

British Council kini menghasilkan serangkaian podcast Bahasa Inggris yang sangat membantu pelajar tingkat pemula dan menengah. Durasi pelajarannya sekitar 25 menit.

Para presenternya membawakan skenario yang berbeda di setiap edisinya. Isinya berupa dialog dan menyerupai situasi sehari-hari. Podcast ini juga mencakup diskusi yang lebih luas tentang beberapa topik. Presentasinya ramai, ceria, dan menarik. Bahasa Inggrisnya pun dituturkan dengan kecepatan normal.

4. Kampung Inggris LC

7 Podcast Belajar Bahasa Inggris, Untuk Pemula Hingga BisnisPexels.com/George Milton

Podcast ini diunggah oleh kanal Kampung Inggris LC. Berfokus pada Bahasa Inggris sehari-hari, dialog, dan tips lainnya. Kamu juga bisa mengakses podcast Kampung Inggris LC melalui Google Podcast.

5. Better at English

7 Podcast Belajar Bahasa Inggris, Untuk Pemula Hingga BisnisPexels.com/George Milton

Better at English adalah podcast yang menampilkan percakapan nyata dengan penutur asli. Topiknya berkisar dari yang serius hingga konyol dan ringan, serta dilakukan dengan kecepatan bicara normal. Mendengarkan percakapan nyata yang terdengar alami adalah suplemen kursus belajar Bahasa Inggris yang mumpuni secara daring.

Gak seperti yang lain, podcast ini akan membiasakan kamu dengan irama bahasa, beberapa idom, dan ekspresi umum. Bahasa Inggris yang mereka gunkan lebih cocok buat kamu yang berada di tingkat menengah ke atas, atau untuk pemula yang benar-benar ingin menantang diri. Podcast Bahasa Inggris ini disertai dengan transkrip dan catatan kosakata.

6. Business English Pod

7 Podcast Belajar Bahasa Inggris, Untuk Pemula Hingga BisnisPexels.com/Jean Balzan

Business English Pod adalah seri podcast Bahasa Inggris yang diperlukan untuk setiap situasi bisnis. Episodenya mengikuti struktur sederhana dengan pembawa acara yang berbicara tentang topik tertentu selama beberapa menit. Biasanya terdiri dari transkrip, kuis, dan panduan kosakata.

Serial ini mengasumsikan, bahwa kamu sudah memiliki pengetahuan bahasa Inggris. Sehingga Bahasa Inggris yang dituturkan sekitar tiga perempat dari kecepatan normal. Business English Pod memberikan wawasan yang baik tentang bagaimana bisnis dilakukan di perusahaan asing.

7. Voice of America Learning English

7 Podcast Belajar Bahasa Inggris, Untuk Pemula Hingga BisnisPexels.com/Pixabay

Voice of America (VOA) adalah layanan berita dan informasi berbahasa Inggris yang menyediakan serangkaian program multi-genre dalam Bahasa Inggris. Di bagian audionya terdapat:

  • Program berita global mingguan
  • Untaian dokumenter sains
  • Program tentang sejarah Amerika dan kehidupan budaya Amerika
  • Seri idiom Bahasa Inggris Amerika.

Semua program dikisahkan dalam Bahasa Inggris, yang diucapkan dengan kecepatan lebih lambat dari biasanya. VOA termasuk suplemen kursus Bahasa Inggris daring yang bagus sebagai alat belajar siswa. Karena menambah variasi pelajaran secara terstruktur dan berbasis percakapan.

Seperti halnya program radio konvensional, setiap podcast dibagi menjadi beberapa segmen dan menggunakan musik serta efek suara untuk memberikan pengalaman audio yang kaya.

Itu dia beberapa rekomendasi podcast belajar Bahasa Inggris. Sekarang kamu bisa belajar kapan dan di mana pun. Kanal podcast mana nih yang jadi favoritmu?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya