Comscore Tracker

Contoh Pidato Bahasa Bali Tema Pendidikan dan Terjemahannya

Sekali-sekali pidato pakai Bahasa Bali, asyik juga nih

Pernahkan kamu melihat seseorang berpidato di sekolah, tempat kerja, dan lainnya? Dalam Bahasa Bali, pidato disebut dengan istilah pidarta.

Jika kamu sedang mencari pidato atau pidarta Bahasa Bali, cocok banget baca artikel ini. Selain contoh pidarta beserta terjemahannya, kamu juga akan mengetahui makna dan unsur-unsur yang ada di dalamnya. Berikut ini contoh pidato Bahasa Bali dan terjemahannya.

Baca Juga: 10 Ucapan Belasungkawa Bahasa Bali Beserta Maknanya

1. Makna pidarta

Contoh Pidato Bahasa Bali Tema Pendidikan dan TerjemahannyaIlustrasi pidato. (unsplash.com/Evangeline Shaw)

Pidato atau pidarta merupakan seni berbicara untuk menyampaikan ide-ide atau gagasan kepada orang lain. Hal ini bertujuan agar orang yang mendengar pidarta bisa mengerti dan melaksanakan seperti apa yang disampaikan.

Hal yang perlu diperhatikan saat berpidato adalah seseorang harus memiliki suara yang jelas dan tegas. Selain itu, untuk membuat teks atau bahan pidato, seseorang harus memiliki wawasan luas terkait tema atau judul yang dibawakan, agar informasi yang disampaikan benar, tidak asal-asalan atau salah.

Baca Juga: 10 Contoh Bahasa Bali Alus dan Kruna Andap

2. Unsur-unsur yang ada dalam pidarta

Contoh Pidato Bahasa Bali Tema Pendidikan dan TerjemahannyaIlustrasi pidato. (unsplash.com/Daniel Gutko)

Dalam pidarta terdapat beberapa unsur yaitu:

  • Wajib menentukan tema dan judul yang akan disampaikan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan menyusun kerangka bahasan agar isinya tidak melenceng
  • Pemahbah atau pendahuluan yang biasanya berisi salam pembuka, doa singkat, dan panganjali atau salam pembuka umat
  • Daging atau isi yang merupakan bagian utama yang berisi pokok-pokok pemikiran yang akan disampaikan
  • Pamuput atau bagian penutup biasanya berisi kesimpulan, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup atau paramashanti.

Poin berikutnya akan diberikan contoh pidarta yang berhubungan dengan dunia pendidikan beserta terjemahannya.

3. Bagian pendahuluan pidarta

Contoh Pidato Bahasa Bali Tema Pendidikan dan TerjemahannyaIlustrasi pidato. (unsplash.com/Alexandre Pellaes)

Isi bagian pendahuluan pidarta:

Suksma majeng ring pangenter acara antuk galah sane katiba ring sijian titiang. Pinih ajeng sane wangiang titiang, bapak kepala sekolah, sane wangiang titiang taler bapak/ibu guru, kalih para staf pegawai sekolah, tur semeton tiang sareng sami, sisya sekolah sane tresna asihin titiang.

Sadurung titiang matur amatra, lugrayang titiang ngaturang suksma majeng ring Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, sane sampun ngicenin asung kerta wara nugraha Ida utawi karahayuan majeng ring iraga sareng sami, malarapan antuk pangastungkara, panganjali umat, Om Swastiastu.

Artinya:

Terima kasih pembawa acara untuk waktu yang telah diberikan kepada saya. Yang pertama yang saya hormati, bapak kepala sekolah, yang juga saya hormati bapak/ibu guru, beserta staf pegawa sekolah, dan saudara-saudaraku semuanya, murid sekolah yang saya kasihi.

Sebelum saya berbicara, izinkan saya untuk mengucapkan puji syukur ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan anugerah keselamatan atau kerahayuan kepada kita semua, dengan menghaturkan panganjalai (salam umat Hindu), Om Swastiastu.

4. Bagian isi pidarta

Contoh Pidato Bahasa Bali Tema Pendidikan dan TerjemahannyaIlustrasi pidato. (unsplash.com/Ben Moreland)

Bagian utama pidarta atau pidato terletak pada bagian isinya, contohnya:

Contoh 1

Inggih, ida dane sareng sami sane wangiang titiang, ring galah sane becik puniki, titiang I Wayan A saking kelas lima, jagi matur ring ida dane indik pendidikan ring masa pandemi sekadi mangkin. Manawi sampung sami uning yening pandemik COVID-19 puniki dahat ngicenin pengaruh utawi panglahlah ageng pisan ring jagat, kenten taler ring pendidikan.

Artinya:

Baik, hadirin semuanya yang saya hormati, di kesempatan yang baik ini, saya I Wayan A dari kelas lima, akan berbicara kepada hadirin sekalian tentang pendidikan di masa pandemik seperti sekarangi ini. Karena sudah semua tahu saat pandemik COVID-19 ini memberikan pengaruh dan pengeluaran yang sangat besar di dunia, begitu juga di dunia pendidikan.

Contoh 2

Kawentenan paplajahanne punika kalaksanayang ngangge sistem online, guru lan sisya nglimbakang ilmu lan malajah saking jero soang-soang. Ida dane semeton sami sane kusumayang titiang, kawentenan indik paplajahan sekadi punika jagi mamargi antar yening sampun sadia piranti utawi alat-alat elektronik sekadi HP lan internet sane becik.

Artinya:

Pelajaran yang ada tersebut dilaksanakan menggunakan sistem online, guru dan siswa mendapatkan ilmu serta belajar dari rumah masing-masing. Para hadirin sekalian yang saya hormati, adanya sistem pelajaran seperti itu akan bisa berjalan dengan lancar kalau sudah tersedia perangkat atau alat-alat elektronik seperti HP dan internet yang bagus.

Contoh 3

Yening nenten ngangge wantuan sekadi punika, sinah paplajahan nenten pacang mamargi becik. Siosan ring punika, para sisya taler sarat tekening ajahan saking guru pangajian mangda napi sane kawedar olih guru prasida kapanggihin becik sareng sisya.

Artinya:

Jika tidak menggunakan alat seperti itu, maka pelajaran tidak akan berjalan dengan baik. Hal lainnya, siswa juga harus bisa mendapatkan pelajaran dari guru, agar apa yang diberitakuhan oleh guru bisa didengarkan dengan baik oleh siswa.

Contoh 4

Nika sane ngawinang, para guru patut ngangge akeh media utawi tata cara nglimbakang ilmu, sekadi ngangge Google Meet, Zoom Meeting, Google Classroom, lan media online siosan. Yening sampun ngangge media online sekadi punika, para sisya dadosnyane polih paplajahan sane becik tur dangan utawi alung ngeresepang ilmu sane kalimbakang oleh guru.

Artinya:

Oleh karena itulah, guru sebaiknya menggunakan beberapa medaia atau tata cara untuk memberikan ilmu pengetauan, seperti menggunakan Google Meet, Zoom Meeting, Google Classroom, dan media online lainnya. Jika sudah menggunakan media online tersebut, para siswa bisa mendapatkan pelajaran yang bagus dan mudah meresapi ilmu yang diberikan oleh guru.

Contoh 5

Semeton titiang sareng sami, siosan punika, ring pandemik COVID-19 sekadi mangkin, sepatutnyane iraga sami kasarengin bapak.ibu guru nyaga angga utwai kesehatan, mangda nenten keni kabrebehan sekadi mangkin. Patut ngangge masker yening medal saking jero, nenten ngrereh genah sane kosek, sampunan lali mersihin tangan, lan olahraga. Dumogi pandemik niki gelis matilar saking gumi.

Artinya:

Para hadirin sekalian, di masa pandemik COVID-19 seperti saat ini, sudah septatutnya kita semua yang juga diikuti oleh bapak atau ibu guru menjaga kesehatan tubuh agar tidak terkena sakit seperti yang terjadi saat ini. Wajib menggunakan masker kalau keluar rumah, tidak mencari tempat kerumuman, jangan lupa cuci tangan, dan berolahraga. Semoga pandemik ini bisa segera pergi dari muka bumi ini.

5. Contoh bagian penutup pidarta

Contoh Pidato Bahasa Bali Tema Pendidikan dan TerjemahannyaIlustrasi pidato. (unsplash.com/Brooks Rice)

Inggih ida dane sane dahat wngiang titiang, wantah asapunika prasida antuk titiang matur. Kirang langkung utawi iwang antuk titiang ngaturang majeng ring ida dane sareng sami, mawinan saking katambetan lan kawimudan titiang, titiang nunas geng rena pangampura.

Pinaka panguntat atur titiang, puputang titiang antuk ngaturang paramashanti. Om Shanti, Shanti, Shanti, Om. Galah waliang titiang ring pangenter acara, suksma.

Artinya:

Para hadirin yang sangat saya hormati, demikian yang bisa saya sampaikan. Jika ada yang kurang atau salah dalam penyampaian kepada para hadirin sekalian, karena saya masih belajar dan sangat muda, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Sebagai akhir kata, saya tutup dengan menghaturkan paramashanti, Om Shanti, Shanti, Shanti, Om.

Saat melihat seseorang berpidato rasanya mudah banget ya. Padahal saat berbicara di depan umum memerlukan rasa percaya diri agar tidak grogi. Karena jika grogi akan membuyarkan konsentrasi dan berpengaruh terhadap pidato yang dilakukan.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya