TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

DIY Bingkai Foto dari Kardus Bekas, Mudah dan Hemat

Ngapain beli kalau bisa bikin sendiri di rumah

Ilustrasi bingkai foto yang bisa dibuat dari kardus bekas (pexels.com/Pixabay)

Bingkai foto berfungsi untuk menyimpan momen-momen berharga bersama orang terdekat. Barang ini juga bisa menjadi hiasan untuk mempercantik ruangan. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan utamanya pun bisa memakai kardus bekas yang tersedia, dan bisa dihias sesuka hatimu.

Penasaran bagaimana cara membuat bingkai foto dari kardus bekas? Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini buat kamu coba langsung di rumah!

1. Bahan dan peralatan yang dibutuhkan

  • Kardus bekas yang tebal dan kuat
  • Gunting atau cutter
  • Pensil
  • Penggaris
  • Lem
  • Kertas warna warni atau cat lukis
  • Hiasan tambahan sesuai keinginan

2. Ukur dan potong kardus sesuai keinginan

Kamu bisa mengukur kardus bekas terlebih dahulu menggunakan pensil dan penggaris. Kemudian dipotong menggunakan gunting atau cutter.

Ukuran bingkainya bisa mengikuti foto yang akan dipakai. Kamu bisa mengambil foto tersebut terlebih dahulu, lalu tentukan tambahan lebar sesuai keinginan. Misalnya, kamu ingin membingkai foto ukuran 10x15 cm dan menambahkan 5 cm dari ukuran awalnya. Sehingga ukuran kardus yang harus kamu potong adalah 15x20 cm.

3. Buat lubang di bagian tengah kardus

Berikutnya, kamu harus melubangi bagian tengah kardus sebagai tempat untuk meletakkan foto. Caranya mudah. Tinggal tempelkan foto di bagian tengah kardus, lalu buat garis keliling mengikuti ukuran foto. Garis inilah yang perlu kamu potong sehingga bingkai tersebut berlubang.

4. Hias bingkai foto sesuai kreativitas

Setelah lubang pada bingkai foto jadi, kamu bisa langsung menghias potongan kardus bekas tersebut. Kamu bisa mulai memberi warna dengan cat, menambahkan pita, renda, maupun hiasan lainnya. Berkreasilah sesuka hatimu.

5. Buat bagian belakang bingkai

Jangan lupa untuk membuat bagian belakang bingkai foto dengan kardus bekas yang tebal. Caranya pun sama dengan langkah yang pertama di atas. Potong kardus seukuran bingkai, tapi gak perlu kamu lubangi bagian tengahnya.

Setelah dipotong, tinggal susun di bagian paling belakang. Jika sudah pas dengan potongan bingkai serta foto, oleskan lem di sekeliling bingkai dan rekatkan menjadi satu.

Verified Writer

Natalia Indah Kartikaningrum

Mbak-mbak rambut pendek yang paling suka diajak ngopi atau sunsetan bareng.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya