Comscore Tracker

Gak Muluk-muluk, 5 Cara Ampuh Negosiasi Gaji Buat Fresh Graduate!

Tag temanmu yang masih pengangguran

Kerja di perusahaan masih menjadi primadona para pencari kerja. Karena umumnya mereka ingin mencari pengalaman kerja dan belajar belajar untuk bertanggung jawab. Satu hal yang paling diinginkan oleh para pencari kerja adalah pekerjaan yang sesuai dengan gajinya.

Kamu bisa kok melakukan negosiasi gaji saat wawancara kerja masuk perusahaan. Begini nih triknya:

1. Survei dan research gaji

Gak Muluk-muluk, 5 Cara Ampuh Negosiasi Gaji Buat Fresh Graduate!Unsplash/Glenn Carstens-Peters

Cari tahu sebanyak-banyaknya informasi gaji dengan posisi yang kamu inginkan. Tanykan kepada keluarga, kerabat hingga teman yang sudah bekerja. Jika kamu melamar di posisi yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu, cari tahu di situs-situs yang menyediakan informasi daftar gaji, contohnya Qerja.com.

Namun jika kamu melamar di posisi yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikanmu, carilah informasi UMR (Upah Minimum Regional) di kota atau daerah tempatmu bekerja.

Sebagai contoh saja ya: UMR Jakarta yaitu Rp2,7 juta, untuk Bandung yaitu Rp2,31 juta, sedangkan Surabaya yaitu Rp2,71 juta. Pastikan informasi yang kamu dapatkan akurat dari orang maupun refensi yang terpercaya!

Baca Juga: 5 Cara Introvert Menghilangkan Grogi Saat Interview Kerja

2. Jual 'diri' dan standarisasi gaji perusahaan

Gak Muluk-muluk, 5 Cara Ampuh Negosiasi Gaji Buat Fresh Graduate!Pexels.com/ Pixabay

Promosikanlah dirimu penuh percaya diri dan sebaik mungkin, tidak berlebihan namun sesuai dengan apa yang tertera pada persyaratan dokumenmu. Kemudian tanyakan terlebih dahulu "Berapakah standarisasi gaji yang perusahaan berikan" di posisi yang kamu lamar pada saat sesi negosiasi gaji sebelum menjawab pertanyaan "Berapakah gaji yang kamu inginkan?"

Setelah dijawab, biarkan mereka menanyakan kembali berapakah gaji yang kamu inginkan. Jangan mendahului, buatlah mereka yang memulai sesi sebagai bukti profesionalitas dirimu. Jangan lupa pula gunakan bahasa yang sopan dan santun serta proporsional.

3. Tepat tentukan nilai dan sebutkan gaji spesifikmu

Gak Muluk-muluk, 5 Cara Ampuh Negosiasi Gaji Buat Fresh Graduate!Unsplash/William Iven

Sebelum interview, pastikan untuk merinci secara detail kemungkinan-kemungkinan gaji yang diberikan, disertai nilai yang sesuai dengan kisaran gaji tersebut.

Sebagai contohnya, perusahaan memberikan gaji sebesar Rp5 juta untuk posisi sosial media manager atau editor dan lainnya. Pikirkan apakah sudah sesuai gaji tersebut, berapa lama waktu kerja yang ditetapkan di kantor, cocokkah dengan kualitas kerja yang diberikan dan lainnya.

Lalu selama sesi negosiasi mereka menjawab standarisasi gaji perusahaan, jawablah besaran gaji yang kamu inginkan dengan menyebutkan angka gaji secara spesifik, sampaikan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan pribadi, seperti kemampuan kerja, referensi dan informasi mengenai perusahaan tersebut.

4. Pertimbangkan kebutuhan gaji dan tunjangan di luar gaji

Gak Muluk-muluk, 5 Cara Ampuh Negosiasi Gaji Buat Fresh Graduate!Unsplash/Adeolu Eletu

Sebelum interview kamu harus pertimbangkan kebutuhanmu dalam banyak aspek, di antaranya kebutuhan untuk transportasi dan uang makan harian di kantor, berapa jumlah yang kamu butuhkan di luar gaji pokok sebagai penunjang hidupmu selain kebutuhan primer seperti pengobatan dan sebagainya.

Hitunglah secara detail, dengan begitu akan meminimalisir kebutuhan finansial hidupmu dari kemungkinan-kemungkinan yang tak terduga. Baru kemudian pada saat interview sesi 'negosiasi gaji', tanyakanlah soal tunjangan yang didapat selama bekerja. Misalkan tunjangan kesehatan, makan siang gratis ataupun mendapatkan kursus sesuai bidang pekerjaan yang sedang dilamar.

5. Berdoa dan berjuang gigih

Gak Muluk-muluk, 5 Cara Ampuh Negosiasi Gaji Buat Fresh Graduate!Pexels.com/freestocks.org

Satu hal yang paling penting dan tidak boleh kamu lupakan adalah berdoa serta berjuang gigih. Berdoalah sebelum, saat interview dan sesudahnya. Jangan pernah sekali-kali meremehkan kekuatan doa.

Berjuanglah secara gigih. Misalnya pada saat negosiasi gaji yang kamu tawarkan ditolak oleh mereka, maka jangan menyerah. Berusahalah untuk meyakinkan mereka mengenai besaran gaji yang kamu inginkan.

Semoga berhasil dan mendapatkan pekerjaan yang layak ya.

nurlaeli Photo Community Writer nurlaeli

Senang mengetahui dan belajar hal unik, baru, kreatif dan menantang, 'berbagi senyum = berbagi semangat'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya