TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Lagu Religi Hindu Tema Galungan dan Kuningan

Mengingatkan akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa

Prosesi Galungan di salah satu desa di Bali. (unsplash.com/Ruben Hutabarat)

Lagu Bali memiliki beragam tembang dan genre musik. Satu di antaranya adalah lagu religi Hindu. Musisi Bali membawakan lagu religi sebagai wujud bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Lagu ini berisi puja dan pujian sebagai pengingat umat Hindu agar selalu mendekatkan dirinya kepada Sang Pencipta. Berikut ini deretan lagu religi Hindu tema Galungan dan Kuningan.

1. 'Sekala Niskala' - Gung Gek Vita

Lagu Sekala Niskala bercerita tentang umat Hindu yang tidak lepas dari dunia sekala dan niskala. Setiap umat harus berbakti kepada Tuhan secara tulus ikhlas dari hati yang terdalam. Lagu ini juga mengingatkan bahwa setiap napas kehidupan adalah pemberian dari Tuhan sebagai Sang Pencipta. Memuja kebesaran-Nya adalah cara untuk mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan.

2. 'Subakti Ring Hyang Widhi' - Anik Mas

Lagu Subakti Ring Hyang Widhi menceritakan tentang kebesaran Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa. Setiap umat Hindu wajib berbakti dan sujud dihadapan-Nya untuk memohon anugerah beserta sinar suci.

Anik Mas juga mengingatkan, agar umat Hindu memohon ampunan karena setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan.

3. 'Ampurayang' - Yudi Kresna feat Dek Ulik

Ampurayang memiliki arti sebagai permohonan maaf. Lagu Yudi Kresna dan Dek Ulik ini berisi tentang permohonan maaf kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala kekurangan dan dosa-dosa yang telah diperbuat. Setiap manusia tidak luput dari dosa dan kesalahan selama hidupnya.

4. 'Sembah Subakti' - Kartika Indivara

Lagu Sembah Subakti bercerita tentang umat Hindu yang sedang melakukan persembahyangan sebagai wujud bakti kepada Tuhan Yang Maha Esa. Saat berdoa, umat Hindu memohon agar selalu diberi anugerah dan kesejahteraan. Tidak lupa, Kartika Indivara mengajak pendengarnya untuk selalu berterima kasih terhadap anugerah yang telah diberikan-Nya.

5. 'Pasuwecan Widhi' - Gung Mas Pemayun feat Dek Ulik

Gung Mas Pemayun dan Dek Ulik menghadirkan lagu religi Hindu berjudul Pasuwecan Widhi yang berarti karunia atau anugerah Tuhan. Lagu ini mengajak umat Hindu tidak berhenti memuja kebesaran Tuhan Yang Maha Esa, agar selalu diberikan anugerah dan kemudahan dalam menjalani kehidupan.

Lagu ini diciptakan oleh Tison, mantan penyanyi bintang radio dan televisi lokal di Bali, yang dibantu oleh Dek Artha untuk aransemen lagunya.

6. 'Galungan Lan Kuningan' - Yessy Diana

Lagu religi Yessy Diana berjudul Galungan Lan Kuningan, ini diciptakan oleh Made Putra yang diaransemen oleh Dek Artha. Lagu ini bercerita tentang umat Hindu yang sedang merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan. Yessy Diana juga mengajak setiap umat Hindu melakukan mulat sarira atau introspeksi diri saat perayaan hari suci ini. Jangan lupa untuk memupuk rasa persaudaraan untuk kedamaian di masyarakat.

7. 'Eling Meyadnya' - Dwi Negari Jro Eling feat Jro Dewi Bhaktivedanta

Dwi Negari atau yang sering disapa Jro Eling menciptakan lagu Eling Meyadnya untuk mengingatkan bahwa umat Hindu tidak lepas dari upacara suci atau yadnya. Hendaknya setiap yadnya dipersembahkan secara tulus ikhlas. Hal ini karena yadnya merupakan persembahan suci sebagai simbol pemujaan terhadap Sang Maha Kuasa.

8. 'Tryambakam Puja' - Kaniya Indira, Dini Nugraha, dan Mawar Pradnya

Lagu yang dinyanyikan trio penyanyi Bali, Kaniya Indira, Dini Nugraha, dan Mawar Pradnya berisi pujaan terhadap Ida Sang Hyang Widhi sebagai Sang Pencipta alam semesta beserta isinya. Lagu Tryambakam Puja mengajak para pendengar untuk selalu bersyukur dan berterima kasih atas karunia yang telah diberikan-Nya. Selain itu, umat Hindu harus selalu ingat untuk mendekatkan diri kepada Ida Sang Hyang Widhi dengan cara berdoa.

9. 'Galungan Ring Bali' - Anggis Devaki

Lagu lawas musisi nasional, Anggis Devaki, ini masih enak didengar untuk menyambut Hari Raya Galungan. Lagu berjudul Galungan Ring Bali ini bercerita tentang makna dan sejarah Hari Raya Galungan. Anggis Devaki mengajak umat hindu menyambut Hari Raya Galungan dengan kebahagiaan.

Verified Writer

Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya