Comscore Tracker

7 Daftar Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Vaksinasi

Ingat istirahat yang cukup sebelum dan sesudah vaksinasi

Program vaksinasi COVID-19 sampai sekarang masih terus berlanjut. Proses vaksinasi tidak hanya dilaksanakan di pos-pos vaksinasi saja. Bahkan beberapa instansi telah melakukan "jemput bola" atau mendatangi langsung target vaksinasi.

Beberapa warga yang telah menjalani vaksinasi, biasanya mengeluhkan efek samping  pasca vaksinasi atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) seperti demam, pusing, sakit kepala, hingga nyeri lengan. Bahkan keluhan ini bisa dirasakan hingga dua sampai tiga hari. Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk meredakan efek samping vaksinasi COVID-19.

1. Jahe

7 Daftar Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah VaksinasiUnsplash/Don Shin

Jahe memiliki beberapa kandungan asam amino. Termasuk gingerols, shogaols, dan zingerones yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

Jahe sejak lama juga dikenal sebagai rempah-rempah unggulan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi stres. Meminum teh yang dicampur jahe tentu membuat perasaan lebih santai, dan rileks setelah disuntik vaksinasi COVID-19.

2. Kunyit

7 Daftar Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah VaksinasiEatthis.com

Kunyit juga dikenal sebagai rempah-rempah yang kaya manfaat. Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki sifat antioksidan, membantu mengendurkan otot yang sakit pasca vaksinasi COVID-19, serta cepat menyembuhkan luka.

3. Sayuran

7 Daftar Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Vaksinasiunsplash/danielcgold

Berbagai jenis sayur-sayuran juga baik dikonsumsi pasca vaksinasi COVID-19 karena mengandung serat tinggi, antioksidan, vitamin A, vitamin C, folat, vitamin K, dan magnesium yang semuanya dapat menjaga kondisi tubuh setelah menjalani vaksinasi.

4. Buah jeruk

7 Daftar Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah VaksinasiUnsplash/Kaitlynchow

Kandungan buah jeruk seperti vitamin C, mineral, dan serat mampu memberikan efek yang bagus untuk mengontrol kekebalan tubuh. Termasuk menjaga kondisi tubuh kamu setelah vaksinasi.

5. Air kelapa

7 Daftar Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Vaksinasifreepik.com/jcomp

Air kelapa mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, fosfor, kalium, kalsium, hingga magnesium yang sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh, serta mencegah dehidrasi. Sehingga tubuh tetap dalam keadaan fit setelah menjalani vaksinasi.

6. Semangka

7 Daftar Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Vaksinasiilustrasi buah semangka (myrecipes.com)

Menjaga kekebalan tubuh pasca vaksinasi COVID-19, harus dilakukan dengan cara menghidrasi tubuh. Jika tubuh kamu terhidrasi secara menyeluruh setelah vaksinasi, suhu tubuh dan kondisi mentalnya terjaga.

Semangka termasuk buah yang memiliki kadar air tinggi, baik dikonsumsi pasca vaksinasi. Selain itu juga membuat tubuh tetap segar dan tenang.

7. Stroberi

7 Daftar Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah VaksinasiPexels.com/ Dana Tentis

Buah stroberi memiliki kandungan antioksidan yang disebut antosianin. Kandungan itu dapat memberikan efek antiperadangan, dan menjaga sistem imun berfungsi dengan baik. Jadi stroberi sangat baik dikonsumsi pasca vaksinasi.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya