Comscore Tracker

Waspada di Balik Bangun Malam Untuk Kencing Berkali-kali

Ini gejala awal gangguan prostat yang patut diwaspadai

Tabanan, IDN Times - Prostat adalah organ kelenjar yang membungkus saluran kemih (uretra) laki-laki. Jika organ ini mengalami gangguan, penderitanya akan mengalami gangguan kencing, dan yang terparah adalah kanker.

Gangguan prostat bisa dialami semua laki-laki, namun lebih sering dijumpai pada usia 50 tahun ke atas. Berikut gejala awal gangguan prostat yang perlu diwaspadai.

Baca Juga: Fakta Unik Hormon Testosteron, Bikin Depresi Jika Kekurangan

1. Gejala awal gangguan prostat yang patut diwaspadai

Waspada di Balik Bangun Malam Untuk Kencing Berkali-kaliilustrasi urine atau air kencing berbau menyengat (unsplash.com/Giorgio Trovato)

Biasanya prostat akan membengkak jika mengalami gangguan. Pembengkakan terjadi karena pembentukan jaringan baru yang tidak seimbang dengan jaringan mati. Prostat yang membengkak dapat menyumbat saluran kemih. Sehingga gejala awal yang akan muncul adalah penderitanya mengalami gangguan kencing.

Dokter Spesialis Urologi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan, dr Ida Bagus Tatwa Yatindra SpU, menyebutkan gejala awal gangguan prostat yang patut diwaspadai, di antaranya:

  • Sering buang air kencing
  • Kencing tidak tuntas (ada sisa)
  • Terbangun pada malam hari terasa ingin kencing secara beruntun (bisa 3-4 kali)
  • Kencing menetes
  • Saat ingin kencing harus mengejan.

"Jika sudah ada gejala ini segera periksa. Karena bisa saja ada gangguan pada prostat atau bisa juga ada batu di saluran kemih," ujar Yatindra.

Baca Juga: Tips Motivasi Buat yang Gak Suka Olahraga Menurut Sains

2. Pembengkakan prostat merupakan tumor jinak yang bisa saja menjadi ganas

Waspada di Balik Bangun Malam Untuk Kencing Berkali-kalimenahan rasa sakit (unsplash.com/ Sasun Bughdaryan)

Yatindra melanjutkan, hampir semua laki-laki bisa mengalami pembekakan prostat, terutama jika sudah lanjut usia. Prostat yang membengkak termasuk tumor jinak, namun tidak jarang bisa menjadi ganas.

"Kasus pembengkakan pada prostat yang menjadi ganas atau menjadi kanker menduduki peringkat 3 sebagai penyebab kematian pria di Indonesia," jelasnya.

Deteksi dini pembengkakan prostat itu penting. Kalau perempuan ada pemeriksaan pap smear untuk mendeteksi dini kanker servik. Sedangkan pengecekan dini gangguan prostat pun ada, namanya Prostate Specific Antigen (PSA).

"Laki-laki berusia 40-45 tahun ke atas harus melakukan pemeriksaan ini," sarannya.

3. Penanganan pembengkakan prostat ada yang melalui pengobatan oral hingga operasi

Waspada di Balik Bangun Malam Untuk Kencing Berkali-kaliFoto hanya ilustrasi. (Pexels.com/Pixabay)

Penanganan pembengkakan prostat ini harus melihat dulu taraf keparahan pada gangguan kencingnya. Jika gangguan kencingnya masih ringan, penderita bisa minum obat.

"Jika pembengkakannya sudah parah dan sampai membuat penderita tidak bisa kencing,, maka akan dilakukan tindakan operasi," kata Yatindra.

RSUD Tabanan sendiri rata-rata menerima kasus pembengkakan prostat yang memerlukan tindakan operasi mencapai 2-3 pasien per hari untuk lima hari kerja. Sementara pasien yang diresepkan obat rata-rata 10 pasien per hari.

Untuk mencegah atau menurunkan kemungkinan terjadinya pembengkakan prostat, maka harus menjaga pola makan terutama mengurangi yang mengandung lemak.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya