Comscore Tracker

Ini yang Akan Terjadi Pada Mata dan Kulit Jika Mengonsumsi Telur Puyuh

Kecil tapi kaya manfaat

Siapa nih yang doyan mengonsumsi telur puyuh? Bentuknya memang kecil, tapi biasanya selalu berhasil bikin ketagihan. Gak cukup deh kalau hanya makan satu biji saja. Pasti penginnya lebih ya. Apalagi kalau diolah dalam bentuk satai. Wah, enak sekali rasanya. 

Tidak hanya rasanya yang membuat telur puyuh menjadi makanan yang disukai banyak orang. Tapi khasiatnya juga banyak sekali lho untuk kesehatan. Berikut di bawah ini lima manfaat telur puyuh untuk kesehatan kamu!

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Mencerahkan Ketiak Hitam, Murah dan Simpel Caranya

1. Baik untuk kesehatan kulit dan rambut

Ini yang Akan Terjadi Pada Mata dan Kulit Jika Mengonsumsi Telur Puyuhfreepik.com/valuavitaly

Telur puyuh ternyata bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam telur puyuh dapat membantu regenerasi sel-sel yang rusak. Sehingga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk keriput.

Tak hanya itu lho, antioksidan dalam telur puyuh juga dapat mengurangi kerusakan pada kulit, mengurangi sekresi minyak berlebih, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Nutrisi dalam telur puyuh juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Karenanya, dapat membawa oksigen segar ke folikel rambut yang bisa membantu menyuburkan dan memperkuat rambut. Kandungan sulfur dalam telur puyuh juga baik untuk mencegah kerusakan dan kerontokan pada rambut.

2. Baik untuk mengisi energi tubuh pada pagi hari

Ini yang Akan Terjadi Pada Mata dan Kulit Jika Mengonsumsi Telur Puyuhilustrasi gaya hidup sehat (pexels.com/Nathan Cowley)

Mineral dan mikronutrien dalam telur puyuh sangat baik untuk mengisi energi tubuh pada pagi hari bila dipasangkan dengan sumber protein dan karbohidrat yang cukup. Hal itu disampaikan dalam sebuah laporan berjudul “Quail Production Systems: A Review” dari Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) tahun 1994.

Sarapan yang seimbang dan penuh nutrisi, termasuk telur puyuh, dianjurkan bagi orang yang ketergantungan kafein atau stimulan lain untuk mengatur tingkat energi tubuh. Sama seperti telur pada umumnya, telur puyuh merupakan sumber protein yang diperlukan untuk berbagai kepentingan dan proses dalam tubuh.

3. Dapat bertindak sebagai antialergi alami dalam tubuh

Ini yang Akan Terjadi Pada Mata dan Kulit Jika Mengonsumsi Telur PuyuhIlustrasi bersin karena alergi. freepik.com/katemangostar

Protein terdiri dari asam amino yang digunakan untuk membangun otot, tulang, hormon, dan enzim. Protein juga adalah sumber energi bagi tubuh yang berguna dalam pembentukan sel, jaringan, dan pembuluh darah baru.

Telur puyuh kaya akan protein ovomukoid yang dapat bertindak sebagai antialergi alami dalam tubuh. Informasi itu berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology tahun 1994. Protein ovomukoid dapat membantu melawan peradangan, hidung tersumbat, dan gejala lainnya yang disebabkan oleh reaksi alergi.

4. Dapat membantu menghilangkan racun dari aliran darah

Ini yang Akan Terjadi Pada Mata dan Kulit Jika Mengonsumsi Telur Puyuhilustrasi aliran darah (pixabay.com/Vector8DIY)

Lingkungan dan atmosfer dipenuhi oleh racun, polutan, dan logam berat. Maka dari itu, membersihkan atau detoksifikasi tubuh dari racun-racun tersebut penting dilakukan. Studi terhadap tikus yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Journal tahun 2015 menemukan, bahwa telur puyuh dapat membantu menghilangkan racun dari aliran darah.

Dalam penelitian tersebut, konsumsi telur puyuh dapat mencegah segala jenis toksisitas yang dapat menyebabkan kerusakan hati pada tikus albino. Meski demikian, penelitian terhadap manusia belum dilakukan. Asam amino dalam telur puyuh juga dapat membantu mengeluarkan racun dalam darah.

5. Dapat meningkatkan kesehatan mata

Ini yang Akan Terjadi Pada Mata dan Kulit Jika Mengonsumsi Telur Puyuhunsplash.com/@cris_trung

Telur puyuh mengandung vitamin A yang sangat tinggi sehingga dapat membantu melindungi dan meningkatkan kesehatan penglihatan, sebagaimana dilansir dari Organic Facts. Antioksidan vitamin A dapat membantu mencegah degenerasi makula serta mencegah perkembangan katarak.

Sudah tahu kan sekarang khasiat dari telur puyuh? Masih ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu simak di sini ya.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya