Comscore Tracker

7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Tipes, Termasuk Tidur di Lantai

Waduh!

Apakah kamu hari ini mengalami demam tinggi, sakit kepala, cepat lelah, tidak punya nafsu makan, dan sakit perut? Hati-hati. Bisa jadi itu tanda-tanda kamu kena tipes. Tipes atau demam tifoid merupakan infeksi bakteri yang menyerang seluruh organ pada tubuh, dan bisa menyerang segala usia.

Sebenarnya apa sih penyebab tipes? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

1. Tidak menjaga kebersihan makanan

7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Tipes, Termasuk Tidur di Lantaithestar.com.my

Mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi dengan bakteri salmonela ternyata dapat mengakibatkan kamu terserang penyakit tipes. Hal ini karena bakteri salmonela merupakan jens bakteri penyebab tipes. Parahnya, bakteri ini dapat bertahan hidup pada urin orang yang terinfeksi dan mengontaminasi cairan lainnya.

2. Jajan sembarangan

7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Tipes, Termasuk Tidur di Lantaiyoutube.com

Bakteri penyebab tipes biasanya hidup di dalam air yang terkontaminasi dengan feses atau urin. Tidak hanya itu, kondisi tempat makan dan penyajian yang jorok bisa menyebabkan bakteri salmonela hidup dan menempel pada bahan makanan yang ada.

Oleh karena itu, sering jajan sembarangan dapat memicu daya tahan tubuh menurun dan menyebabkan tipes mudah menyerang.

3. Mengonsumsi air minum yang kotor

7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Tipes, Termasuk Tidur di Lantaishared.com

Tanpa disadari, kotoran atau tinja manusia bisa saja mencemari air yang kamu minum. Oleh karena itu, perhatikan apa yang kamu makan dan minum.

Sebab biasanya es batu yang disediakan pedagang kaki lima terbuat dari bahan yang belum tentu aman dan bersih. Sehingga bisa saja bakteri penyebab tipes hidup di dalamnya.

4. Menggunakan toilet yang kotor

7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Tipes, Termasuk Tidur di Lantaiimpakter.com

Hati-hati saat menggunakan toilet yang kotor atau belum dibersihkan secara menyeluruh. Sebab, bakteri salmonela typhi bisa bertahan dalam feses penderita tipes. Untuk itu, sebaiknya waspada dan menjaga diri dengan mencuci tangan setelah buang air untuk memperkecil risiko terinfeksi tipes.

5. Tidur di lantai

7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Tipes, Termasuk Tidur di Lantaistoriesofworld.com

Selain bakteri salmonela, ternyata tipes bisa juga disebabkan oleh bakteri rickettsia typhi yang ditularkan oleh kutu loncat pada tikus. Oleh karena itu, hindari tidur di lantai yang kotor karena bisa saja mengandung banyak bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

6. Menggunakan baju secara bergantian

7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Tipes, Termasuk Tidur di Lantainytimes.com

Saat menginap di rumah teman tanpa membawa peralatan, biasanya kamu akan meminjam hal yang paling sederhana, yakni pakaian. Namun hati-hati, pakaian yang belum bersih secara total dapat dipenuhi bakteri berbahaya dan menyebabkan munculnya penyakit seperti tipes.

Selain itu, sebelum meminjam pakaian, sebaiknya ketahui dahulu apakah teman kamu itu memiliki penyakit menular atau tidak.

7. Kelelahan

7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Tipes, Termasuk Tidur di Lantaihopkinsmedicine.org

Terlalu berat beraktivitas sampai kelelahan ternyata bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan. Sebab ketika kelelahan, daya tahan tubuhmu akan menurun. Akibatnya, tubuh jadi mudah terserang berbagai penyakit, termasuk tipes. Apalagi jika tidak diimbangi dengan asupan makanan yang baik.

Pada dasarnya, tipes disebabkan oleh makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri penyebab tipes. Biar tidak kena tipes, sebaiknya perhatikan asupan makananmu dan jaga kondisi tubuhmu biar tetap sehat dan prima.

Baca Juga: Khusus yang Serius! 4 Gerakan Untuk Mengecilkan Perut dalam 4 Minggu

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You