Comscore Tracker

Resep Jamu Kunyit Asam, Bagus untuk Jantung dan Diabetes

Tanaman ini sudah ada sejak 77-78 Sebelum Masehi

Indonesia terkenal memiliki berbagai macam tanaman yang dijadikan sebagai bahan obat herbal. Tanaman obat ini sangat mudah didapat, bahkan tumbuh di pekarangan rumah. Satu tanaman yang memiliki banyak manfaat adalah kunyit. Berikut ini manfaat dan resep jamu kunyit asam.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Masakan Ikan Laut Tradisional Khas Bali

1. Mengenal kunyit

Resep Jamu Kunyit Asam, Bagus untuk Jantung dan DiabetesKunyit.(unsplash.com/Julia Topp)

Kunyit atau sering disebut juga dengan nama kunir memiliki dua jenis, yaitu kunyit putih (curcuma mangga) dan kunyit kuning (curcuma longa). Namun yang paling sering ditemui dan digunakan sehari-hari adalah kunyit kuning.

Kunyit merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara, kemudian menyebar ke Australia, India, hingga Afrika. Tanaman ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 77-78 Sebelum Masehi.

Kunyit berasal dari Bahasa Arab yaitu kurkum, dan Yunani yaitu karkom. Tinggi tanamannya sekitar 70 sentimeter dengan batang semu, tegak, bulat, dan memiliki akar serabut yang jadi satu bersama rimpang kunyit itu sendiri. Tanaman ini memiliki bunga majemuk yang berbulu dan bersisik.

Baca Juga: 5 Kuliner Malam di Denpasar yang Populer dan Murah

2. Kandungan kunyit

Resep Jamu Kunyit Asam, Bagus untuk Jantung dan DiabetesKunyit. (pixabay.com/MYCCF)

Kunyit mengandung senyawa kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, dan bisdesmetoksikurkumin. Selain itu, juga terdapat beberapa zat bermanfaat lainnya seperti vitamin C, zat besi, fosfor, dan kalsium. Makanya kunyit sering dijadikan sebagai obat herbal.

3. Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh

Resep Jamu Kunyit Asam, Bagus untuk Jantung dan DiabetesKunyit.(unsplash.com/Conscious Design)

Kunyit memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti:

  • Mengandung zat yang berguna untuk melawan infeksi seperti infeksi jamur, parasit, bakteri, dan virus
  • Memelihara kesehatan organ pencernaan seperti usus dan lambung karena mengandung zat antiradang serta antioksidan
  • Meredakan nyeri peradangan seperti radang sendi dan penyakit autoimun
  • Membantu melancarkan siklus haid
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengatasi keputihan
  • Mengatasi sembelit, perut kembung, dan maag
  • Menurunkan kadar gula darah, karena kunyit mengandung kurkumin dan kompen aktif lainnya.

4. Manfaat asam untuk kesehatan tubuh

Resep Jamu Kunyit Asam, Bagus untuk Jantung dan DiabetesAsam Jawa. (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Asam jawa yang selama ini digunakan dalam olahan makanan ternyata bisa juga sebagai obat alami. Tanaman dengan nama latin tamarindus indica ini bisa diolah menjadi minuman tradisional karena kandungan polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang.

Asam jawa memiliki khasiat untuk mengobati diare, demam, sembelit, dan asam lambung, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol. Selain itu, asam jawa sebagai pelindung tubuh dari penyakit kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

5. Resep membuat jamu kunyit asam

Resep Jamu Kunyit Asam, Bagus untuk Jantung dan DiabetesMinuman kunyit asam yang segar. (instagram.com/kunyitasam)

Melihat banyaknya manfaat kesehatan saat mengonsumsi kunyit dan asam jawa, maka sangat cocok diolah menjadi jamu. Jamu kunyit asam sangat dikenal sejak zaman dahulu. Berikut ini resep jamu kunyit asam mengutip dari buku "Seri Panganan Jadul Tetap Favorit Minuman Hangat & Dingin" terbitan PT Gramedia Pustaka Utama tahun 2013.

Bahan utamanya adalah kunyit, asam jawa, gula merah atau gula batu, garam, dan air. Cara membuatnya sangat sederhana yaitu:

  • Kunyit terlebih dahulu dicuci bersih dan kulitnya dikupas
  • Kunyit diparut atau dihaluskan menggunakan blender
  • Kemudian peras, dan saring airnya
  • Rebus air perasan kunyit tersebut, tambahkan asam jawa, gula merah atau gula batu, dan garam. Aduk perlahan sampai mendidih
  • Angkat lalu dinginkan
  • Minuman jamu kunyit asam siap disajikan. Dalam penyajiannya bisa menggunakan es agar lebih segar maupun diminum hangat.

Jumlah bahan disesuaikan selera masing-masing, di mana kunyit dan asam jumlahnya 1:1. Kamu bisa membuatnya dalam jumlah yang banyak, masukkan ke dalam botol, dan simpan di lemari pendingin. Minuman ini tahan hingga 4 hari selama disimpan di lemari pendingin.

Gampang banget ya resep jamu kunyit asam ini. Minum obat-obatan herbal jauh lebih baik daripada obat kimiawi. Selamat mencoba!

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya