Comscore Tracker

Biar Gak Boros, 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Jangan sampai awal bulan gajinya sudah habis ya

Kemampuan mengatur keuangan dalam rumah tangga sangatlah penting peranannya dalam keberlangsungan sebuah hubungan. Selain agar tidak boros, juga akan membantu kamu dalam menghadapi segala hal mendesak yang mungkin terjadi di kemudian hari. 

Penyebab utama sulitnya mengatur keuangan dalam rumah tangga adalah tidak sesuainya perhitungan alokasi dana dengan jumlah dana yang harus dikeluarkan. Ini terjadi biasanya karena terdapat pengeluaran yang belum terdata dengan baik atau ada beberapa alokasi dana yang terlalu minim maupun terlalu berlebihan. 

Bagi kamu yang selama ini kesulitan dalam mengelola keuangan dan selalu boros, simak yuk di bawah ini lima cara mengatur keuangan rumah tangga:

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Tekanan Keluarga saat Belum Diberi Momongan

1. Buat daftar pos pengeluaran secara terperinci

Biar Gak Boros, 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah TanggaPexels.com/Karolina Grabowska

Agar bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan baik, mulailah dengan membagi setiap kebutuhan rumah tangga menjadi beberapa pos. Pengeluaran yang cukup penting dalam rumah tangga biasanya adalah peralatan rumah, listrik dan air, biaya transportasi, serta kebutuhan makan dan minum. 

Empat kebutuhan tersebut menjadi pos pengeluaran yang pengalokasian dananya harus didahulukan. Mengapa? Karena item-item tersebut selalu dibutuhkan. Tentu menjadi kesalahan yang sangat fatal apabila kebutuhan sehari-hari tersebut tidak dipenuhi.

Setelah membagi pos pengeluaran kebutuhan utama, kamu baru bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan lain, seperti pengeluaran untuk pajak bumi bangunan, asuransi, tabungan, dan kebutuhan tambahan lainnya.

2. Buat kalender tagihan

Biar Gak Boros, 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tanggailustrasi tagihan (IDN Times/Mardya Shakti)

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros, mulailah pada pengaturan di kalender. Tandai setiap tanggal di mana kamu harus membayar tagihan listrik, air, biaya sekolah anak, tagihan kartu kredit, serta tagihan lainnya. 

Perlu diingat, hindari berutang untuk hal-hal yang tidak penting. Sekiranya masih bisa untuk tidak dilakukan, lebih baik jangan dilakukan karena jika memaksakan diri, akan menambah pengeluaran kamu. Jika benar-benar kebutuhan yang sangat mendesak, kamu baru boleh melakukannya, tentu dengan catatan kamu harus membayarnya sesuai dengan tempo yang sudah ditentukan. 

3. Membuat target dalam menabung

Biar Gak Boros, 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah TanggaIlustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Kunci sukses dalam mengatur keuangan rumah tangga adalah kemampuan menabung. Agar bisa melakukannya, kamu harus menyisihkan, bukan menyisakan uang setiap bulannya.

Nah untuk bisa menabung dalam jumlah yang banyak, cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros ini menjadi langkah yang paling tepat untuk dilakukan. Hanya saja memang selama ini menabung kerap kali disepelakan. 

4. Menyisihkan untuk dana darurat

Biar Gak Boros, 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tanggaunsplash.com/Alexander Mils

Menyisihkan uang untuk keperluan darurat menjadi hal yang penting untuk kamu lakukan. Selain bisa jadi penyelamat dalam keadaan mendesak, menyimpan uang untuk kebutuhan darurat juga akan membantu kamu dalam mempredisikan pengeluaran untuk kebutuhan utama.

Dengan melakukan cara ini, kamu tidak harus menggunakan dana yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan utama. Namun, dana darurat yang dimaksud ini bukan tabungan. Kamu harus memisahkan kedua hal tersebut agar manajemen keuangan kamu tertata dengan baik. 

5. Pastikan pengeluaran sesuai dengan jumlah yang dialokasikan

Biar Gak Boros, 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah TanggaPexels.com/Andrea Piacquadio

Jika pos pengeluaran dan nominalnya sudah diperhitungkan, selanjutnya adalah dengan melakukan implementasi dan evaluasi secara mendasar. Lakukan pemantauan setiap bulannya agar pengeluaran kamu tidak melebihi perhitungan yang sebelumnya sudah kamu alokasikan jumlahnya. 

Jika pengeluaran kamu melebihi alokasi, pastikan penyebabnya. Apakah kamu yang tidak pandai mengelola keuangan atau mungkin terdapat pos pengeluaran yang alokasi dananya terlalu banyak. Dengan melakukan evaluasi secara rutin, kamu akan lebih pandai dalam mengatur keuangan rumah tangga. 

Nah itu lima tips mengatur keuangan dalam rumah tangga. Semoga bermanfaat ya dan keuangan kamu ke depannya juga bisa lebih stabil. 

Amelia Rosa Photo Community Writer Amelia Rosa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya