Comscore Tracker

Hobi Fotografi atau Punya Banyak Stok Foto? Jual Saja di Sini

Komisinya bisa mencapai 70 persen

Artikel ini cocok deh buat kamu yang hobi fotografi. Atau kamu menyimpan banyak stok foto yang keren, tapi bingung mau diapain? Daripada dihapus atau memenuhi memori, jual saja foto kamu ke 5 situs di bawah ini:

Baca Juga: 4 Tips Buka Warung Sembako Rumahan, Biar Cepat Laku

1. Shutterstock

Hobi Fotografi atau Punya Banyak Stok Foto? Jual Saja di Sinishutterstock.com

Shutterstock adalah situs fotografi terkemuka untuk menjual foto secara online. Situs ini menerima segala bentuk foto pemula hingga profesional. Platform ini sudah membayar lebih dari satu miliar dolar kepada mitranya sejak 15 tahun terakhir.

Shutterstock juga tidak hanya menjualkan foto saja. Jika punya vektor, musik, dan video hasil karya sendiri, kamu bisa menjualnya ke Shutterstock. Setiap pengguna yang memakai karya itu, kamu akan mendapatkan $0.25 per download.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Laundry di Bali dengan Modal Rp15 Juta

2. Getty Images

Hobi Fotografi atau Punya Banyak Stok Foto? Jual Saja di Sinigettyimages.com

Getty Images juga termasuk situs fotografi yang banyak diburu oleh penerbit dan pemilik brand terkenal. Mereka akan mencari gambar eksklusif berkualitas tinggi dan sulit ditemukan untuk mendapat lisensi, di Getty Images.

Platform ini bergabung dengan Istock dan menjangkau 1,5 juta pelanggan di seluruh dunia. Jika fotomu disetujui oleh pihak Getty Images dan dilisensikan, maka kamu akan mendapatkan 20 persen sampai 45 persen dari penjualan. Standar harga di Getty Images jauh lebih tinggi dari situs jual foto lainnya.

3. Depositphotos

Hobi Fotografi atau Punya Banyak Stok Foto? Jual Saja di Sinidepositphotos.com

Depositphotos adalah pasar dunia untuk fotografi dengan lebih dari 150 juta file dan klien lebih dari 200 negara. Depositphotos memiliki lebih dari 100 ribu kontributor dari seluruuh dunia. Komisi yang akan kamu dapatkan dari situs kontributor di platfrom ini antara 34 persen sampai 42 persen.

4. Adobe Stock

Hobi Fotografi atau Punya Banyak Stok Foto? Jual Saja di Sinistock.adobe.com

Adobe Stock adalah tempat terbaik untuk menjual foto secara online. Setiap kali mengunggahnya ke Adobe Stock, foto kamu juga akan tersedia di situs Fotolia. Jadi pasar kamu akan jauh lebih  besar. Mereka juga menerima gambar, video, vektor, dan ilustrasi.

Komisi yang bisa kamu dapatkan di Adobe Stock sebesar 33 persen dari foto yang terjual per download.

5. Dreamstime

Hobi Fotografi atau Punya Banyak Stok Foto? Jual Saja di Sinidreamstime.com

Dreamstime selama 20 tahun terakhir telah menyediakan gambar berkualitas tinggi. Pelanggan yang mencari foto di Dreamstime adalah independen sampai perusahaan besar.

Dreamstime memiliki keistimewaan foto eksklusif dengan harga yang sangat tinggi. Sebab kamu akan mendapatkan komisi 70 persen. Namun jika kamu mau menjual foto di berbagai situs, maka kamu bisa bergabung sebagai kontributor non-eksklusif dengan komisi 27 persen sampai 55 persen. Cukup tinggi ya.

Nah, jika mau menekuni bidang ini, kamu harus konsisten dan sabar ya, guys. Selain itu, disarankan untuk tidak mengunggah foto secara asal-asalan di platform di atas.

Ryan Haqiqi Photo Community Writer Ryan Haqiqi

Hallo, Jangan bosan membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya