Comscore Tracker

Unik, Petani di Tabanan Produksi Teh Berbahan Sayur Gonda

Sayuran ini agak pahit katanya

Tabanan, IDN Times - Tabanan adalah Kabupaten di Bali yang memiliki ragam komoditi pertanian dan hortikultura. Satu di antaranya Desa Bongan di Kecamatan Tabanan yang merupakan penghasil sayur gonda.

Sayuran ini cukup khas dengan rasanya yang agak pahit dan sering dijadikan sebagai kuliner Bali. Desa Bongan yang kini menjadi desa wisata kemudian mencoba membuat produk teh dari sayur bernama latin sphenoclea zeylanica ini dengan nama Teh Gobo.

Produk ini diharapkan menjadi khas oleh-oleh dari Desa Bongan sekaligus meningkatkan pendapatan petani.

Baca Juga: Harga Beras di Tabanan Naik Rp12 Ribu per Kilogram

1. Mengolah sayur gonda menjadi teh baru dilakukan tahun 2019

Unik, Petani di Tabanan Produksi Teh Berbahan Sayur GondaPengolahan sayur gonda menjadi teh (Dok. IDN Times/Nengah Makir)

Mengolah sayur gonda menjadi teh, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Bongan, Nengah Makir, mengatakan pengolahan sayur gonda menjadi teh baru dilakukan pada tahun 2019 lalu. Awal mulanya karena petani di Desa Bongan banyak yang menanam sayur gonda. 

"Agar tidak dijual sebagai sayur saja, kami mendapatkan pelatihan dari Politeknik Internasional Bali untuk bisa mengolah gonda menjadi teh. Sehingga bisa menjadi produk khas oleh-oleh untuk Desa Wisata Bongan," jelas Makir, Selasa (11/1/2021).

Makir sendiri memproduksi teh gonda yang diberi nama Teh Gobo secara terbatas, mengingat masih mencari jaringan pemasaran sekaligus mengurus Izin Produk Rumah Tangga (IPRT) ke Dinas Kesehatan Tabanan.

"Karena pandemik, pemasaran teh gonda sempat menghalami hambatan. Saat ini kami mulai menyasar rumah makan dan restoran. Untuk pengurusan IPRT sedang dalam proses di Dinas Kesehatan," ujarnya.

2. Dua ikat sayur gonda bisa menghasilkan dua kemasan Teh Gobo

Unik, Petani di Tabanan Produksi Teh Berbahan Sayur GondaDaun sayur gonda yang sedang dalam proses pengeringan. (Dok. IDN Times/Nengah Makir)

Saat ini lanjut Makir, pihaknya memproduksi teh Gobo secara terbatas. Dalam proses pembuatannya, lima ikat sayur gonda yang dibeli langsung ke petani bisa menjadi dua kemasan teh Gobo. Harga sayur Gonda saat ini di tingkat petani adalah Rp10.000 per ikatnya.

Adapun cara pembuatannya teh gobo dengan memanfaatkan daun sayur gonda. "Daun gonda yang sudah dicuci bersih direbus selama 5 menit untuk kemudian dijemur di bawah sinar matahari dalam kurun waktu 2-3 hari. Hasil dari penjemuran disortir lagi dan memilih daun yang memiliki tingkat kekeringan tinggi. Setelahnya  lanjut dikemas sebagai produk siap jual," ujar Makir.

Saat ini ada dua jenis kemasan yang diproduksi oleh pihaknya dengan berat masing-masing 35 gram yaitu kemasan paperbag dengan harga jual Rp25.000 dan kemasan kaca dengan harga jual Rp35.000

 

3. Teh Gobo memiliki rasa yang sangat khas

Unik, Petani di Tabanan Produksi Teh Berbahan Sayur GondaTeh Gobo berbahan dasar sayur gonda (IDNTimes/NengahMakir)

Berbeda dari teh pada umumnya, kata Makir, rasa Teh Gobo dari bahan dasar sayur gonda ini punya ciri khas tersendiri. Penyajiannya pun mirip dengan cara meminum teh masyarakat di China. Yakni, daun teh dituangkan ke cangkir kemudian disiram menggunakan air hangat. Teh tersebut baru siap untuk diminum.

”Cara meminum Teh Gobo ini unik, berbeda dengan sajian teh pada umumnya. Cara unik minum teh ini sekaligus jadi nilai lebih yang kami tawarkan, selain cita rasa khas dari minuman berbahan sayur gonda ini,” katanya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya