Comscore Tracker

6 Kerusakan Sepeda Motor Jika Sembarangan Pilih Oli

Jangan sampai salah pilih kayak mantanmu

Sepeda motor sekarang bukan lagi sekadar sebagai alat transportasi biasa, tetapi juga hobi hingga barang berharga yang dijadikan investasi bagi pemiliknya.

Sebagai barang berharga, pemilik pasti akan mencurahkan hati untuk menyayangi dan merawatnya dengan baik agar tidak mengalami kerusakan. 

Tapi tahukah kamu, bahwa melakukan perawatan tak semudah yang dibayangkan. Contoh paling kecil adalah mengganti oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi sepeda motor, karena dapat merusak mesin. Berikut ini 6 kerusakan sepeda motor jika sembarangan pilih oli.

Baca Juga: 12 Potret Mobil Accord Maestro di Bali, si Tua yang Masih Menawan

1. Overheat

6 Kerusakan Sepeda Motor Jika Sembarangan Pilih Olipexels.com/ming zimik

Overheat atau panas berlebih umumnya disebabkan oleh proses pendinginan pada mesin yang kurang sempurna. Satu di antaranya karena kesalahan dalam memilih oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi sepeda motor tersebut. Makanya gunakan oli yang sesuai dengan kebutuhan motor ya.

2. Suara mesin kasar

6 Kerusakan Sepeda Motor Jika Sembarangan Pilih Olipexels.com/vikram sundaramoorthy

Suara kasar pada mesin tentunya sangat mengganggu dan berbahaya untuk sepeda motor kamu. Karena jika dibiarkan lama-lama akan membuat motor semakin parah dan menimbulkan kerusakan pada komponen bagian mesin. Biasanya terjadi karena telat untuk mengganti oli.

3. Perpindahan gigi susah

6 Kerusakan Sepeda Motor Jika Sembarangan Pilih Olipexels.com/andrea piacquadio

Kamu mungkin sering merasa, pada saat mengoper gigi motor terasa keras dan susah,. Ternyata penyebab utamanya adalah kesalahan kamu dalam penggantian oli.

Jadi jangan sampai telat untuk mengganti oli ya, agar sepeda motor tetap enak, terawat, dan nyaman dikendarai.

4. Boros bahan bakar

6 Kerusakan Sepeda Motor Jika Sembarangan Pilih Olipexels.com/keong racun

Konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros jika telat mengganti oli. Apa penyebabnya? 

Karena pelumasan yang kurang membuat kinerja motor menjadi lebih berat, dan tenaga yang dikeluarkan juga lebih besar. Otomatis pasokan bahan bakar yang dibutuhkan jadi lebih banyak.

5. Mesin menjadi macet

6 Kerusakan Sepeda Motor Jika Sembarangan Pilih Olipexels.com/roger lagesse

Pelumasan yang kurang membuat kerja mesin menjadi lebih berat, dan gesekan antar komponen menjadi lebih besar. Akibat gesekan yang terus menerus terjadi, membuat mesin panas dan macet. Hal ini sering terjadi pada piston dengan dinding silinder mesin.

6. Mesin jebol

6 Kerusakan Sepeda Motor Jika Sembarangan Pilih Olipexels.com/nicholas dias

Mimpi buruk yang akan terjadi jika kamu lalai mengganti oli adalah mesin sepeda motor akan jebol.

Ya, karena kurangnya pelumasan pada mesin, membuat gesekan antar komponen menjadi lebih besar. Akibat dari gesekan yang terus menerus membuat panas berlebih pada mesin hingga menyebabkan mesin jebol.

Jadi kesimpulannya, lakukan penggantian oli secara rutin, dan pilihlah sesuai dengan spesifikasi sepeda motor kamu. Jangan sampai salah pilih kayak mantanmu.

candra krisdiantoro Photo Community Writer candra krisdiantoro

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya