TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengemudikan Mobil di Jalanan Jelek dan Ekstrem

Emang gak mudah sih. Makanya perlu ekstra hati-hati

ilustrasi mobil sedan (unsplash.com/Arvid Skywalker)

Mengemudikan mobil jalanan yang jelek dan ekstrem tentu menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang, apalagi jika kondisi jalannya berlubang, berbatu, hingga berlumpur. Biasanya kondisi jalanan yang seperti ini tentu memerlukan keterampilan dan perhatian ekstra agar tidak sampai mengalami kesulitan.

Kamu perlu memahami cara-cara mengemudi secara aman. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa tips penting berikut ini dalam mengemudikan mobil jalanan yang jelek dan ekstrem agar tetap aman tanpa masalah, dilansir dari ceat.com, wuling.id, dan carfromjapan.com.

1. Kurangi kecepatan mengemudi

Pada saat mengemudikan mobil jalanan yang jelek, tentu kamu perlu lebih bijak mengontrol kecepatan dari kendaraanmu agar tidak sampai menyebabkan bahaya. Berusahalah untuk mengurangi kecepatan pada saat mobil berjalan di kondisi jalanan yang buruk atau berlubang, sebab bisa saja menimbulkan bahaya apabila sampai hilang kendali.

Setidaknya dengan berusaha untuk mengurangi kecepatan, maka kamu bisa lebih mudah menghindari jalanan yang rintangan yang ada, serta bisa mengurangi dampak kerusakan pada suspensi ban mobil. Selain itu, kamu juga bisa bereaksi lebih cepat apabila ada perubahan mendadak jalanan jika berkendara dengan kecepatan rendah.

2. Pilihlah jalur mengemudi yang aman

Kamu harus ekstra cermat memperhatikan jalur yang aman, apalagi jika melalui kondisi jalanan yang buruk. Penting sekali untuk memilih jalur yang dianggap paling aman dan stabil, serta menghindari lubang besar, genangan air, ataupun batu tajam yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan.

Setidaknya jika memang tidak ada jalan lain yang bisa dilewati, maka pastikan kendaraan melintasi area tersebut dengan sudut yang tepat dan berusaha untuk meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi. Selain itu, amati jalanan yang ada di depan secara terus menerus agar nantinya bisa membantumu untuk lebih bijak dalam memilih jalur.

3. Menggunakan gigi rendah pada jalanan terjal

Ternyata pemilihan gigi pada saat mengendarai mobil di kondisi jalanan yang buruk harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Jika kamu berkendara di jalanan yang berbatu curam atau licin, maka berusahalah untuk menggunakan gigi yang rendah agar bisa membantu meningkatkan kontrol dan traksi.

Ternyata pemilihan gigi rendah bisa membantumu dalam menjaga kecepatan agar tetap stabil, serta menghindari risiko ban slip, khususnya pada saat kondisi jalanan menanjak atau menurun. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan gigi rendah untuk membantu mengurangi beban yang terdapat pada mesin dan rem, sehingga bisa meminimalisir risiko overheating ataupun kegagalan rem.

4. Pastikan kondisi ban tetap aman dan baik

Ban menjadi komponen paling penting, karena harus memiliki tekanan yang tepat dan tapak yang kondisinya baik, sehingga mampu memberikan traksi yang maksimal.

Jika kondisi jalan yang kamu lalui ternyata cukup ekstrem, seperti berlumpur ataupun bersalju, maka coba pertimbangkan untuk menggunakan ban khusus off-road atau bahan dengan daya cengkeram yang lebih baik. Ternyata ban yang kondisinya terawat bisa membantu mengurangi risiko pecah ban pada saat melewati jalanan ekstrem.

Verified Writer

Brilian Damani

Sudah membaca hari ini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya