Comscore Tracker

Rute dan Harga Tiket Wisata Tersembunyi Air Terjun Banyu Wana Amertha

Lokasinya ada di Buleleng Bali nih #LokalIDN

Keasrian alam di Bali tetap terjaga berkat masyarakatnya yang selalu mengutamakan kearifan lokal. Tak hanya kepada Tuhan dan manusia saja, tetapi masyarakat juga berdoa kepada alam. Konsep ini dinamakan Tri Hita Karana.

Makanya tak salah apabila alam yang disajikan oleh Bali selalu jadi destinasi favorit wisatawan. Seperti Air Terjun Banyu Wana Amertha di Kabupaten Buleleng. Ini adalah destinasi tersembunyi di Bali. Sebelum memutuskan ke sana, pastikan kamu sudah mengetahui lima informasi berikut ini ya: 

1. Lokasi dan tiket masuknya:

Rute dan Harga Tiket Wisata Tersembunyi Air Terjun Banyu Wana Amerthainstagram.com/thebalichili

Lokasinya berada di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Berdasarkan informasi terakhir, tiket masuknya sebesar Rp10 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp20 ribu untuk wisatawan asing (Wisman).

2. Rute yang harus kamu ambil:

Rute dan Harga Tiket Wisata Tersembunyi Air Terjun Banyu Wana Amerthainstagram.com/sethsetiadha

Kamu akan menempuh perjalanan sekitar 63 kilometer dari Kota Denpasar, atau dua jam. Kamu juga bisa mengambil rute dari Begudul atau Danau Beratan yang hanya berjarak 11 kilometer dari Air Terjun Banyu Wana Amertha. Setelah mencapai Puncak Wanagiri, kamu bisa mengambil jalan ke arah Asah Gobleg. Lalu mencari jalan menuju Bhuasana Sari dan mengambil belokan ke arah kanan yang berjarak 3 kilometer. Setelah sampai di area parkir, kamu hanya tinggal menempuh jarak sekitar 500 meter untuk mencapai lokasi air terjun.

Kamu akan melewati perkebunan kopi dan pepohonan tropis selama melakukan perjalanan menuju air terjun tersebut. Pasti menyenangkan.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kece di Bali yang Mirip dengan Destinasi Luar Negeri

3. Sumber mata airnya berasal dari kawasan Hutan Lindung Desa Wanagiri

Rute dan Harga Tiket Wisata Tersembunyi Air Terjun Banyu Wana Amerthainstagram.com/xiongofstyle

Air tanah yang bersumber dari Hutan Lindung tersebut memiliki kesegaran yang alami dan tersimpan di bawah pepohonan.

Penamaan destinasi wisata ini berasal dari kata Banyu yang berarti air, Wana yang berarti hutan, dan Amertha yang berarti berkah atau anugerah.

4. Ada empat air terjun sekaligus di sana

Rute dan Harga Tiket Wisata Tersembunyi Air Terjun Banyu Wana Amerthainstagram.com/blessed_eye_

Ada dua lokasi empat air terjun di sini. Yaitu Air Terjun Banyu Wana Amertha, Air Terjun Spray, Air Terjun One, dan Air Terjun Twin. Jaraknya berdekatan. Jadi kamu bisa mengunjunginya sekaligus. Kamu diperbolehkan mandi atau sekadar foto di sana. Tetapi ingat ya, jagalah kebersihan. Jangan membuat kotor wilayah itu.

5. Disarankan tidak ke sini apabila hujan deras. Khawatir volume airnya tinggi

Rute dan Harga Tiket Wisata Tersembunyi Air Terjun Banyu Wana Amerthainstagram.com/_erlan666a_

Kalau niatnya untuk berendam atau berenang, bawalah pakaian ganti. Siapkan fisik karena kamu perlu jalan kaki ke sana. Sarannya sih, tidak perlu datang ketika hujan ya. Selain jalan licin, khawatir airnya juga meluap.

Selamat berlibur ya, guys.

Baca Juga: 7 Keunikan Air Terjun Sendang Gile, Pesona Alam Kaki Gunung Rinjani

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Cecilia Irawan di IDN Times Community dengan judul Wisata ke Air Terjun Banyu Wana Amertha: Rute, Lokasi, dan Harga Tiket

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya