Comscore Tracker

Liburan ke Korea Selatan Bakal Bebas Biaya Visa, Ini Syaratnya!

Yeaayy...

Dalam waktu dekat ini, masyarakat Indonesia akan diberikan kemudahan jika ingin pergi ke Korea Selatan. Sebab berdasarkan siaran pers dari Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia, orang Indonesia akan diberikan bebas visa.

1. Periode terbatas hingga akhir Desember 2019

Liburan ke Korea Selatan Bakal Bebas Biaya Visa, Ini Syaratnya!instagram.com/haemee_han

Pemerintah Republik Korea memutuskan untuk memberikan bebas biaya visa dalam waktu terbatas kepada warga negara ASEAN, termasuk Indonesia. Pasalnya pada 25-26 November, akan ada ASEAN- Republic of Korea Commemorative Summit di Busan, Korea Selatan. 

Kebijakan ini hanya berlaku tiga bulan, mulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2019. Dalam keterangan pers, Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, HE Kim Changbeom, berharap program ini bisa memberikan kesempatan dan pengalaman bagi warga Indonesia untuk menikmati keindahan alam, sekaligus kebudayaan Korea.

2. Aturan bebas visa ke Korea Selatan

Liburan ke Korea Selatan Bakal Bebas Biaya Visa, Ini Syaratnya!instagram.com/aruanmarsha

Tipe visa yang bebas biaya hanya berlaku untuk tujuan kunjungan singkat (C-3) dan single entry. Visa C-3 berlaku untuk satu kali kunjungan selama 30 hari dan maksimum 90 hari.

Selama masa program berjalan, tak ada biaya pengajuan visa tipe C-3. Normalnya, kamu harus membayar US$40 atau sekitar Rp557 ribu. Namun kamu tetap dikenakan biaya administrasi pendaftaran di Korea Visa Application Center seharga Rp196 ribu.

Liburan ke Korea Selatan Bakal Bebas Biaya Visa, Ini Syaratnya!instagram.com/nuengnumber_one

Proses pembuatan single visa memakan waktu sekitar enam hari kerja. Sedangkan multiple visa dan group visa sekitar dua hari kerja. Masa berlaku visa adalah tiga bulan setelah tanggal penerbitan.

Baca Juga: 11 Kafe Milik Idol KPop Terkenal, Wajib Datang Saat ke Korea Selatan

3. Wisatawan Indonesia meningkat 15 persen ke Korea Selatan

Liburan ke Korea Selatan Bakal Bebas Biaya Visa, Ini Syaratnya!instagram.com/_cucko.o_/

Bagi pemerintah Korea, ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit tahun ini terasa begitu spesial. Sebab acara ini menjadi peringatan 30 tahun berlangsungnya dialogue partnership dan  berkumpulnya 10 negara ASEAN.

Apalagi wisatawan Indonesia dianggap cukup menjanjikan bagi mereka. Pada 2018, Kedutaan Besar Republik Korea telah menerbitkan 157.924 visa. Jumlah tersebut meningkat 15 persen dari tahun lalu. Yuk manfaatkan waktu ini.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya