Comscore Tracker

8 Tempat Wisata Dunia yang Melarang Perempuan Masuk, di Bali Juga Ada

Bukan diskriminasi ya, ada alasannya kok

Suatu daerah yang dijadikan sebagai tempat wisata akan selalu terbuka untuk umum. Tapi lain halnya dengan delapan tempat wisata berikut ini. Para perempuan justru dilarang masuk. Bukan karena adanya diskriminasi, tapi memang ada alasannya. Mulai dari upaya keselamatan sampai yang berhubungan dengan spiritual.

Di mana sajakah itu? Ini 8 tempat wisata dunia yang melarang perempuan masuk, di Bali juga ada lho!

1. Pantai Pandawa

8 Tempat Wisata Dunia yang Melarang Perempuan Masuk, di Bali Juga AdaAyu Bali Car

Perempuan yang sedang haid dilarang masuk ke Pantai Pandawa, Bali, karena dianggap dalam masa "kotor". Sebab, pantai ini sering mengadakan upacara keagamaan yang dianggap suci.

Tapi para perempuan yang sedang datang bulan masih bisa main di pinggir pantai kok, asalkan tidak masuk ke air. Tak hanya di Pantai Pandawa saja kok. Pura Besakih, Uluwatu, Tanah Lot dan wisata lain di Bali yang ada tempat suci persembahyangannya juga tidak diperbolehkan masuk bagi perempuan haid. Ini sama saja halnya ketika kita mau memasuki masjid dan tempat ibadah lain.

2. Masjid Haji Ali Dargah, India

8 Tempat Wisata Dunia yang Melarang Perempuan Masuk, di Bali Juga AdaMumbai India

Biasanya tak ada larangan khusus bagi perempuan masuk ke dalam masjid, tapi hal ini tak berlaku pada Masjid Haji Ali Dargah di India. Sebenarnya, bukan berarti tak boleh masuk sama sekali. Larangan ini berlaku untuk kawasan makam suci yang ada di dalamnya.

8 Tempat Wisata Dunia yang Melarang Perempuan Masuk, di Bali Juga AdaIndialivetoday.com

Menurut kepercayaan warga setempat, kehadiran perempuan di makam laki-laki muslim yang suci dianggap sebagai sebuah dosa besar.

3. Galaxy Water Park, Jerman

8 Tempat Wisata Dunia yang Melarang Perempuan Masuk, di Bali Juga Adawiegand-maelzer.com

Perempuan masih diperbolehkan masuk ke Galaxy Water Park, kecuali permainan X-treme Faser. Hal ini diterapkan untuk alasan keamanan. Dulunya, wahana ini dibuka untuk semua orang, tapi banyak perempuan yang mengeluh cedera di bagian organ vital setelah menaikinya.

4. Gunung Omine, Jepang

8 Tempat Wisata Dunia yang Melarang Perempuan Masuk, di Bali Juga AdaSoraNews24

Bagi umat Shinto, Gunung Onime dianggap suci sehingga tidak sembarang orang bisa masuk ke dalamnya, termasuk perempuan. Ada satu daerah bernama Nara yang tidak boleh dimasuki perempuan. Namun bagian lain dari gunung, perempuan masih diperbolehkan.

5. Kuil Lord Ayyappa, India

8 Tempat Wisata Dunia yang Melarang Perempuan Masuk, di Bali Juga Adacommons.wikimedia.org

Kuil Lord Ayyappa yang terletak di Sabarimala ini merupakan tempat ibadah umat Hindu. Sejak 1991, pengelola kuil menerapkan larangan masuk bagi perempuan berusia 10-50 tahun.

Mereka dianggap tidak suci karena masih mengalami menstruasi. Sehingga anak-anak dan orangtua yang sudah mengalami menopause diperbolehkan masuk ke dalam.

6. Gunung Athos, Yunani

8 Tempat Wisata Dunia yang Melarang Perempuan Masuk, di Bali Juga AdaPound Travel

Gunung Athos di Yunani adalah tempat pertapaan bagi dua ribu biksu dan bagian dari 20 biara Ortodoks Timur. Awalnya, tempat ini dikhvususkan untuk para biksu saja. Namun, kunjungan dari luar masih diperbolehkan selama ada izinnya dan bukan perempuan.

Larangan perempuan ke Gunung Athos telah berlangsung selama ribuan tahun. Tak hanya berlaku untuk manusia saja, hewan betina juga tidak diperbolehkan masuk lho.

7. Pemakaman, Arab Saudi

8 Tempat Wisata Dunia yang Melarang Perempuan Masuk, di Bali Juga Adagizanherbal.com

Di Indonesia, wanita mengunjungi area pemakaman baik untuk berziarah ke makam tokoh atau kerabat mereka sendiri menjadi hal yang wajar. Lain cerita di Arab Saudi.

Arab merupakan negara yang menegakkan syariat Islam secara ketat. Satu di antaranya larangan perempuan masuk ke areal makam, bahkan untuk turis sekali pun.

8. Stadion Sepak Bola, Iran

8 Tempat Wisata Dunia yang Melarang Perempuan Masuk, di Bali Juga Adaalaraby.co.uk

Sejak Revolusi Islam pada 1979, laki-laki dan perempuan Iran dilarang menghadiri kegiatan bersama-sama. Bahkan dalam pertandingan olahraga sekali pun, seperti sepak bola. Jadi jangan heran kalau satu stadium isinya laki-laki saja.

Hal ini jelas menuai banyak protes keras karena dianggap tidak adil. Kini peraturan tersebut mulai melunak dan perempuan diperbolehkan masuk walau dalam jumlah terbatas.

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Septi Riyani

Just For You