Comscore Tracker

7 Lokasi Rafting di Indonesia, Cocok Untuk Menguji Adrenalin

Rafting di Bali juga asyik lho

Arung jeram (Rafting) merupakan olahraga menyusuri arus sungai yang dapat memicu adrenalin. Makanya banyak pencinta tantangan yang menyukai olahraga ini. Sebagai negara yang 70 persen wilayahnya berupa perairan, Indonesia pasti punya banyak tempat untuk melakukan rafting. Berikut tujuh lokasi rafting di Indonesia!

1. Sungai Citarik

7 Lokasi Rafting di Indonesia, Cocok Untuk Menguji AdrenalinRaffting Sungai Citarik (Instagram.com/wilianaw97)

Sungai Citarik menjadi destinasi favorit untuk rafting di wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Bagi kamu yang ingin bermain arung jeram bisa membayar Rp225 ribu hingga Rp515 ribu.

Selain arung jeram, Sungai Citarik juga menyediakan fasilitas lainnya seperti outbound, off road, family camp, dan paintball.

Baca Juga: Sejarah Terbentuknya Pulau Bali, Diperkirakan Sejak 15 Juta Tahun Lalu

2. Sungai Serayu

7 Lokasi Rafting di Indonesia, Cocok Untuk Menguji AdrenalinRafting Sungai Serayu (Instagram.com/risma_silaen)

Sungai Serayu berlokasi di Banjarnegara, Jawa Tengah. Arusnya cukup deras, dan sudah terkenal di kalangan pencinta rafting.

Di sini juga terdapat penginapan dengan fasilitas lengkap. Biaya untuk bermain arung jeram dimulai dari Rp185 ribu sampai Rp375 ribu per orang.

3. Sungai Progo

7 Lokasi Rafting di Indonesia, Cocok Untuk Menguji AdrenalinSungai Progo (Instagram.com/raftingmagelang)

Sungai Progo merupakan lokasi bermain arung jeram di Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini cocok buat pemula karena arusnya memiliki grade 2 sampai 3. Sebagai informasi, Berdasarkan American Whitewater Affiliation (AWA), arung jeram memiliki empat grade. Yaitu Grade I (Sangat aman), Grade II (Aman), Grade III (Sedang), dan Grade IV ke atas (Tinggi). Grade IV dikhususkan bagi orang-orang yang berpengalaman saja.

Harga rafting di Sungai Progo di kisaran Rp100 ribu sampai Rp500 ribu per orang. Waktu terbaik untuk melakukan rafting di Sungai Progo adalah pada bulan September dan Oktober. Karena bulan tersebut masuk antara musim kemarau dan hujan. Sehingga debit air sungainya sedang, tidak terlalu deras maupun kering.

4. Green Canyon

7 Lokasi Rafting di Indonesia, Cocok Untuk Menguji AdrenalinRafting Green Canyon (Instagram.com/fahrudinskadiscography)

Green Canyon merupakan tempat untuk body rafting di Pangandaran, Jawa Barat. Body rafting merupakan aktivitas rafting yang dilakukan secara individu, dan biasanya menggunakan ban pelampung. Biayanya di kisaran Rp175 ribu sampai Rp235 ribu per orang.

Kamu dapat menyelusuri sungai Green Canyon yang memiliki pemandangan kehijauan di sekitarnya dan dapat melompat dari atas tebing. Seru sih!

5. Sungai Alas

7 Lokasi Rafting di Indonesia, Cocok Untuk Menguji AdrenalinRafting Sungai Alas (Instagram.com/bbtn_gn_leuser)

Sungai Alas berlokasi di Aceh, Sumatra Utara. Sungai ini memiliki grade 3 sampai 4. Jadi khusus yang berpengalaman saja ya. Sungai Alas memiliki panorama alam yang indah.

Dibutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk mencapai finish sungai. Biayanya di kisaran Rp1,2 juta. Harga tersebut sudah termasuk perahu karet dan pemandu arung jeram.

6. Sungai Asahan

7 Lokasi Rafting di Indonesia, Cocok Untuk Menguji AdrenalinRafting sungai asahan (Instagram.com/tobaparhiteanrafting)

Sungai Asahan lokasinya di Sumatera Utara memiliki grade 4 sampai 5. Tempat ini kerap dijadikan sebagai event arung jeram.

Sungai Asahan terkenal sebagai sungai rafting terbaik ke-3 dunia. Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk melakukan rafting di sini sekitar Rp750 ribu per orang. Harga tersebut sudah termasuk transportasi, penginapan, dan makanan.

7. Sungai Ayung

7 Lokasi Rafting di Indonesia, Cocok Untuk Menguji AdrenalinRafting sungai ayung (Instagram.com/baguskusumaa_)

Sungai Ayung termasuk tempat terbaik untuk melakukan rafting di Kabupaten Gianyar, Bali. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menyusuri alam di tengah sungai selama liburan ke Bali.

Harganya mulai di kisaran Rp125 ribu sampai Rp400 ribu per orang. Biaya tersebut sudah termasuk asuransi, peralatan rafting, dan makan siang.

Itulah tujuh lokasi rafting di Indonesia. Kamu dapat menjelajahi sungai sambil menikmati keindahan alam di sekitar sungai. Dari ketujuh tempat di atas, lokasi arung jeram mana yang ingin kamu kunjungi?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya