Comscore Tracker

5 Hidden Gems yang Hanya Ada di Buleleng Bali Versi Kadek Arini

Lokasinya ada di Bali Utara guys. Udah pernah ke sini?

Menjelajahi Pulau Bali itu memang tidak cukup hanya dua atau tiga hari saja. Sebab banyak sekali tempat-tempat yang pasti belum pernah kamu kunjungi. Terutama di wilayah Kabupaten Buleleng,

Kamu bisa lihat sendiri perjalanan travel blogger Kadek Arini, yang menelusuri surga-surga tersembunyi di kawasan Bali bagian utara.

Kalau liburan ke Bali di tengah pandemik, jangan lupa terapkan protokol kesehatan (Prokes) ya. Berikut ini hidden gems di Bali Utara versi Kadek Arini, dijamin worth a stroll.

Baca Juga: 10 Potret Kadek Arini, Travel Blogger yang Kelilingi 30 Negara

1. Bukit Batu Kursi di Desa Pemuteran

5 Hidden Gems yang Hanya Ada di Buleleng Bali Versi Kadek Ariniinstagram.com/tame_made

Pertama singgah dulu ke Desa Pemuteran di Kabupaten Buleleng, sekitar 125 kilometer dari Kota Denpasar. Ada bukit bernama Batu Kursi di sana. Lokasi ini juga terdapat pura bernama Pura Batu Kursi. Selain digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu Bali, jalur menuju Pura Batu Kursi juga dibuka untuk wisatawan karena ocean view yang terhampar di puncaknya.

Kamu perlu mendaki ratusan anak tangga lebih dulu dari tempat parkir kendaraan untuk menuju puncak bukit Batu Kursi. Beberapa meter sebelum sampai di puncak, kamu akan menemukan persimpangan, yaitu jalur lurus menuju pura dan jalur belok ke kanan menuju puncak bukit.

Meskipun harus trekking lumayan lama, view di sekitarnya sangat asri. Laut Bali utara terlihat indah di kejauhan. Pastikan kamu datang sepagi mungkin supaya bisa menikmati hangatnya sinar matahari. Jangan lupa membawa air mineral karena perjalanannya sangat menguras energi.

2. Danau Tamblingan mulai dikenal banyak wisatawan

5 Hidden Gems yang Hanya Ada di Buleleng Bali Versi Kadek Ariniinstagram.com/ceplavacations

Jarak tempuhnya sekitar 40 menit dari kawasan Bedugul. Berbeda dari Danau Beratan yang sudah lebih lama terkenal di Tabanan, Danau Tamblingan masih setia menjaga keaslian dan keasrian danaunya.

Kamu tidak akan menemukan speed boat di sini. Hanya ada jukung atau perahu dayung saja kalau ingin mengelilingi danau. Tempat ini juga ada pura untuk persembahyangan.

Sarannya sih, kamu datang ke Danau Tamblingan pagi hari ketika masih ada kabut tipis yang menyelimuti permukaan danau. Kalau pengin mencari lokasi menanti senja, maka datang sore hari juga sangat direkomendasikan.

3. Air terjun Banyumala

5 Hidden Gems yang Hanya Ada di Buleleng Bali Versi Kadek AriniBerbagai Sumber

Setelah wisata bukit dan danau, giliran mampir ke air terjun. Kamu dapat menemukan Air Terjun Banyumala di Kabupaten Buleleng, yang berjarak sekitar 10 kilometer dari Danau Tamblingan.

Sebagai hidden gem, emang butuh perjuangan sih untuk sampai ke air terjun yang memiliki kolam dangkal tersebut. Kamu akan melewati hutan. Tapi dijamin kamu puas begitu tiba di tempat tujuannya.

Baca Juga: Cerita I Nengah dan Asal Usul Kampung Bali di Sergai, Sumut

4. Air terjun Banyu Wana Amertha, tiket masuknya Rp20 ribu per orang

5 Hidden Gems yang Hanya Ada di Buleleng Bali Versi Kadek Ariniinstagram.com/oneworldjustgo

Air terjun tersembunyi lainnya yang menjadi favorit Kadek di Bali Utara adalah Banyu Wana Amertha. Keberadaannya juga ada di hutan yang masih asri. Kawanan monyet kemungkinan akan menyambutmu ketika berjalan di jalur trekking menuju air terjun ini/

Kolam di bawah Banyu Wana Amertha juga terbilang dangkal. Jadi cocok buat kamu yang gak begitu jago berenang, tetapi pengin masuk ke dalam air. Di sini ada tiket masuknya. Yaitu sebesar Rp20 ribu per orang.

5. Ngiring Ngewedang Restaurant

Wah, keliling ke banyak lokasi di atas memang bikin perut lapar, guys. Jadi destinasi berikutnya adalah kuliner di Bali Utara. Hidden gem pilihan Kadek adalah Ngiring Ngewedang Restaurant. Resto ini sudah lama beroperasi dan baru selesai direnovasi. Tempat diapit oleh perbukitan hijau sehingga lanskapnya sungguh menakjubkan.

Area restorannya cukup luas. Jadi kamu tetap bisa jaga jarak dengan pengunjung lain. Restoran ini menyediakan menu lokal dan western, yang harganya mulai dari Rp70 ribuan. Ya, cukup sepadan sih dengan alam yang mereka sajikan. Tidak ada salahnya kamu memanjakan diri sendiri, kan? Kapan lagi coba.

Itulah hidden gems di Bali Utara versi Kadek Arini. Silakan ajukan cuti dan tentukan jadwal liburannya ya.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Sate Khas Bali yang Wajib Kamu Cicipi, Semuanya Enak!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Intan Deviana di IDN Times Community dengan judul 5 Hidden Gems Bali Utara Versi Travel Blogger Kadek Arini, Mana Saja?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya