Comscore Tracker

Pikiran Bakal Lebih Segar, Ini 5 Rekomendasi Wisata Alam di Bali 

Jalan-jalan dulu yuk #LokalIDN

Bali sampai saat ini masih menjadi destinasi primadona. Tidak hanya bagi wisatawan domestik, namun juga wisatawan asing dari berbagai penjuru di dunia. Terlebih di masa pandemik ini, di mana orang-orang sudah mulai kangen untuk liburan ke Bali. 

Nah, selama ini diketahui bahwa banyak sekali tempat wisata di Bali yang bisa disinggahi. Namun yang tak boleh kamu lewatkan adalah tempat wisata alamnya yang benar-benar #WonderfulIndonesia.

Beberapa tempat wisata alam #DiIndonesiaAja ini cocok buat kamu yang selalu mengagumi pemandangan dan ketenangan alam. Nah bagi kamu yang saat ini sedang mencari rekomendasi tempat wisata, khususnya yang alam, bisa cek di bawah ini ya!

1. Campuhan

Pikiran Bakal Lebih Segar, Ini 5 Rekomendasi Wisata Alam di Bali Unsplash.com/@bckfwd

Terletak tidak jauh dari pusat keramaian Ubud, bukit Campuhan memiliki akses yang mudah untuk dijangkau. Bukit Campuhan sendiri sebenarnya adalah sebuah trek jalan kaki yang terdapat di sebuah bukit yang dikelilingi oleh pepohonan dan hamparan ilalang yang hijau. Trek jalannya masih sangat bagus dan nyaman untuk dilewati, namun siapkan tenagamu ya karena jalannya cukup mendaki.

Bukit Campuhan cocok banget buat kamu yang suka berjalan kaki sambil menikmati suasana alam, atau kamu juga bisa joging sambil menyaksikan indahnya matahari pagi. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk masuk ke Bukit Campuhan alias gratis.

Mungkin kamu akan kebingungan kemana mencari alamat tepatnya, karena tidak ada palang yang menunjukkan arah ke sini. Namun kamu bisa menuju ke Jl. Raya Campuhan dan mencarinya melalui Google Maps dengan keyword Campuhan Ridge Walk.

2. Sawah Teras Tegalalang

Pikiran Bakal Lebih Segar, Ini 5 Rekomendasi Wisata Alam di Bali Unsplash.com/@giulianodipaolo

Naik sedikit ke utara Ubud, kamu akan menemukan salah satu lokasi paling ikonik di Bali yaitu sawah teras Tegalalang. Jika kamu terbiasa melihat hamparan sawah padi yang membentang luas, di sini matamu akan dibuat berkaca-kaca akan keindahan terasiring sawah padinya. 

Para pengunjung diperbolehkan lho untuk turun menyusuri sawah teras Tegalalang ini. Namun pastikan kamu berhati-hati agar tidak merusak padinya. Juga pastikan kamu menyiapkan tenaga karena seperti namanya, sawah teras Tegalalang memiliki medan yang cukup mendaki. 

Untuk menuju ke sawah teras Tegalalang ini sangat mudah. Kamu bisa mengendarai kendaraan bermotor dari Ubud menuju ke Jl. Raya Tegalalang dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit saja. Gak perlu bingung dimana lokasinya, karena sawah teras Tegalalang akan sangat mudah kamu temui di sisi jalan raya. 

Baca Juga: 7 Makanan Khas Bali yang Biasa Dihidangkan Saat Hari Raya Nyepi

3. Gunung Batur

Pikiran Bakal Lebih Segar, Ini 5 Rekomendasi Wisata Alam di Bali Unsplash.com/@p_kuzovkova

Ingin merasakan pengalaman mendaki gunung dan menyaksikan terbitnya sang surya di Pulau Dewata? Kamu bisa mencoba mendaki Gunung Batur di daerah Kintamani. Lokasinya juga tdak begitu jauh dari Ubud kok. Jadi setelah puas liburan di kawasan Ubud kamu bisa lanjut ke Gunung Batur yang juga terdapat sebuah danau yang indah. 

Kamu bisa mendaki gunung batur di malam hari untuk bisa melihat sunrise. Namun jika hanya ingin bersantai menikmati pemandangan gunung Batur, kamu bisa menuju ke Desa Pinggan dan berfoto-foto dengan latar belakang Gunung Batur yang menakjubkan. 

3. Air terjun Tukad Cepung

Pikiran Bakal Lebih Segar, Ini 5 Rekomendasi Wisata Alam di Bali Unsplash.com/@marcotjokro

Salah satu tempat wisata alam yang populer di Bali adalah air terjun yang tersembunyi. Ada banyak sekali air terjun dengan pemandangan alam yang sungguh menyejukkan mata, namun salah satu air terjun yang indah sekaligus unik adalah air terjun Tukad Cepung yang berada di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kabupaten Bangli. 

Air terjun Tukad Cepung ini menjadi wisata air terjun yang cukup populer karena memiliki pemandangan yang sangat dramatis dan berbeda dari air terjun lainnya. Lokasi air terjunnya tersembunyi di balik tebing batu, sehingga membuat suasananya sedikit gelap seperti gua. Namun adanya cahaya matahari yang menyelinap masuk dari celah-celah bebatuan, membuat pemandangan air terjun Tukad Cepung nampak cantik. 

5. Angel's Billabong

Pikiran Bakal Lebih Segar, Ini 5 Rekomendasi Wisata Alam di Bali Unsplash.com/@ankhurr

Kalau ke Bali rasanya gak afdol kalau belum main ke pantai, setuju gak? Kamu emua pasti sepakat kalau pantai-pantai di Bali memiliki pesona dan keindahannya masing-masing. Namun ada satu pantai yang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, yaitu Angel's Billabong.

Angel's Billabong terkenal karena memiliki infinity pool yang alami dan pantai yang jernih. Berlokasi di Pulau Nusa Penida, kamu harus menyeberang terlebih dahulu menggunakan kapal. Meski kamu harus menyeberang terlebih dahulu, namun dijamin kamu tidak akan menyesal setelah menyaksikan eksotisme infinity pool Angel's Billabong yang merupakan muara sungai. 

Jika cuaca sedang bagus, kamu boleh lho berenang di kolam alaminya lho. Namun jika cuaca dan angin sedang tidak bersahabat, para wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang. 

Nah itu lima daerah wisata di Bali yang bisa kamu kunjungi jika ingin melakukan eksplorasi di alam. Kelima wisata alam yang menakjubkan ini pastinya hanya ada #DiIndonesiaAja. Namun ingat, selalu patuhi protokol kesehatan yang berlaku selama pandemi seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

#WonderfulIndonesia memang menyimpan sejuta pesona. Hanya #DiIndonesiaAja kamu bisa menemukan beragam destinasi menarik, kuliner eksotik, dan pengalaman liburan unik. Untuk informasi wisata Indonesia lainnya, kamu bisa klik https://www.indonesia.travel

Baca Juga: 9 Rekomendasi Wisata Antimainstream di Bali yang Jauh dari Keramaian

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Ruth Christian di IDN Times Community dengan judul 5 Rekomendasi Wisata Alam di Bali yang Bisa buat Pikiranmu Segar

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya