Comscore Tracker

5 Gunung di Bali yang Terkenal Sebagai Jalur Pendakian

Kamu gak pengin ke Bali guys?

Bali memang gak ada habis-habisnya kalau membicarakan keindahannya. Pemandangan alam hingga kearifan lokal yang masih dijunjung tinggi sampai sekarang, membuat Bali akan selalu dirindukan oleh wisatawan. Buat kamu yang pengin liburan ke Bali tetapi gak tahu mau ke mana, nih ada rekomendasi. Berikut ini daftar gunung di Bali untuk mendaki. Tetapi sebelum mendaki, tanyakan dulu pada penduduk setempat apakah diizinkan untuk naik ke gunung tersebut. Siapa tahu jalur pendakiannya sedang ditutup karena sesuatu hal.

Baca Juga: 5 Spot Wisata Alam di Area Ubud Bali, Ada Air Terjun Hingga Bukit

1. Gunung Batur di Kabupaten Bangli

5 Gunung di Bali yang Terkenal Sebagai Jalur Pendakianunsplash.com/Gohu

Gunung Batur berada di wilayah Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Ketinggiannya mencapai 1.717 meter. Kamu tidak akan melihat matahari terbit saja dari atas gunung. Tetapi juga pemukiman, pemandangan alam, Danau Batur yang berbentuk bulan sabit, hingga Gunung Abang.

2. Gunung Batukaru di Kabupaten Tabanan

5 Gunung di Bali yang Terkenal Sebagai Jalur Pendakianbalisilentretreat.com
Ini merupakan gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung. Ketinggiannya mencapai 2.276 meter di atas permukaan laut. Kawasan gunung juga merupakan cagar alam. Gunung Batukaru terdapat pura yang sering dijadikan sebagai tempat persembahyangan umat Hindu.

3. Gunung Agung di Kabupaten Karangasem

5 Gunung di Bali yang Terkenal Sebagai Jalur Pendakianpexels.com/id-id/Aronvisuals
Ini merupakan gunung tertinggi di Bali. Ketinggiannya mencapai 3.031 meter. Gunung Agung letaknya di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Area ini sangat disucikan. Jadi kamu juga wajib melestarikan dan menjaga alam di sana ya.

4. Gunung Sanghyang

5 Gunung di Bali yang Terkenal Sebagai Jalur Pendakianinstagram.com/arya_lawa_manuaba

Gunung ini berada di Senganan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Gunung yang terletak di antara Pucak Adeng dan Gunug Batukaru ini memiliki ketinggian mencapai 2.087 meter. Menariknya, pada bagian lereng sebelah timurnya terdapat lembah lebat yang belum pernah tersentuh.

5. Gunung Abang di Kabupaten Bangli

5 Gunung di Bali yang Terkenal Sebagai Jalur Pendakianinstagram.com/Gunung_abang_2151.mdpl

Gunung Abang terletak di Desa Abangsongan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Memiliki ketinggian mencapai 2.152 meter. Kalau kamu benar-benar pencinta alam pasti bahagia ada di sini. Sebab pendakiannya melewati pepohonan lebat dan petualangan alam yang cukup menantang.

Letaknya tepat berhadapan dengan Gunung Batur. Jadi kamu bisa menikmati indahnya Gunung Batur dan Danau Batur secara bersamaan dari Gunung Abang.

Itulah daftar gunung di Bali untuk mendaki. Ingat ya. Kamu wajib banget jaga kebersihan dan patuhi protokol kesehatan (Prokes).

Baca Juga: Tidak Biasa, 10 Hal di Bali yang Bisa Bikin Wisatawan Asing Kaget

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Suandewi Oka di IDN Times Community dengan judul 5 Gunung di Bali Ini Cocok buat Kamu yang Hobi Hiking, Mau Coba?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya