Comscore Tracker

Wajib Tahu! Kenali Perbedaan Hotel, Hostel, Resor, Vila, dan Cottage

Wah, di Bali banyak banget nih!

Kamu termasuk sering traveling? Nah pasti sudah gak asing dong dengan hotel, hostel, resor, atau vila. Tapi kadang ada juga lho yang masih bingung membedakan jenis-jenis penginapan tersebut.

Nah apa yang membedakan semuanya? Biar gak sampai salah kaprah, kenali yuk perbedaan jenis penginapan yang banyak ditemukan di Bali ini!

1. Hotel

Wajib Tahu! Kenali Perbedaan Hotel, Hostel, Resor, Vila, dan Cottageunsplash.com/tonyyakovlenko

Hotel merupakan jenis penginapan yang paling banyak dan paling mudah dikenali semua orang. Bangunan hotel biasanya terdiri dari gedung bertingkat dengan jumlah kamar yang cukup banyak.

Hotel dibagi dalam beberapa kelas, mulai dari hotel bintang satu hingga bintang lima. Semakin tinggi bintangnya, fasilitasnya semakin lengkap dan mewah.

Kelas hotel biasanya juga menentukan jumlah kamar yang dimiliki, luas kamar minimal, dan tarif per malamnya. Selain dibedakan dalam beberapa kelas, belakangan ini hotel juga dibagi lagi dalam beberapa tipe. Ada tipe Budget Hotel, Bed & Breakfast Hotel, hingga Boutique Hotel.

2. Hostel

Wajib Tahu! Kenali Perbedaan Hotel, Hostel, Resor, Vila, dan Cottagebreadnjamhostel.com

Hostel merupakan salah satu jenis penginapan dengan tarif yang sangat terjangkau. Jenis penginapan ini biasanya berbentuk kamar asrama. Artinya, satu tamu akan tidur bersama dengan tamu lainnya dalam satu kamar.

Fasilitas yang ditawarkan hostel biasanya terbatas dan digunakan bersama-sama. Hanya tempat tidur saja yang digunakan sendiri. Hostel cocok banget buat kamu yang ingin memangkas biaya penginapan saat traveling ke luar kota atau luar negeri.

3. Resor

Wajib Tahu! Kenali Perbedaan Hotel, Hostel, Resor, Vila, dan Cottagequeenofthesouth-resort.com

Salah satu ciri khas resor adalah bangunannya yang luas dan terletak di daerah dengan pemandangan alam, seperti pantai atau pegunungan. Resor juga merupakan jenis penginapan yang sangat mengedepankan unsur rekreatif, yang siap memanjakan para pengunjung.

Fasilitas minimal yang dimiliki resor yakni restoran, kolam renang, dan spa. Selain itu, resor yang mewah lazimnya juga menyediakan jogging track, taman bermain anak, hingga beragam fasilitas olahraga. Dari fasilitas dan lokasinya, gak heran tarif resor biasanya cenderung lebih mahal.

Baca Juga: 10 Layanan Hotel yang Kemungkinan Bakal Berubah Setelah Pandemik

4. Vila

Wajib Tahu! Kenali Perbedaan Hotel, Hostel, Resor, Vila, dan Cottagebooking.com

Vila merupakan jenis penginapan berbentuk rumah mewah dengan lokasi yang jauh dari keramaian. Vila biasanya mengedepankan unsur kenyamanan, ketenangan, dan privasi.

Dalam sekali sewa, vila menyediakan banyak kamar, sehingga cocok digunakan untuk kelompok atau keluarga. Dilengkapi pula fasilitas hiburan, seperti taman bermain, pusat kebugaran, dapur, dan sarana hiburan lainnya. Harga sewanya bervariasi, tergantung fasilitas, lokasi, dan jumlah kamar yang tersedia.

5. Cottage

Wajib Tahu! Kenali Perbedaan Hotel, Hostel, Resor, Vila, dan Cottagehiddenparadise-bali.com

Ada juga jenis penginapan yang bernama cottage. Penginapan jenis ini sebenarnya mirip vila.

Bedanya, cottage biasanya berupa bangunan seperti pondok atau rumah kecil yang terpisah-pisah, tapi masih dalam satu area yang sama. Cottage juga mengutamakan privasi pengunjungnya.

Lokasinya biasanya berada di tempat dengan pemandangan alam, seperti pantai, pinggir danau, atau pegunungan. Sama seperti vila, harga cottage pun bervariasi, tergantung lokasi dan fasilitas yang ditawarkan.

Bagaimana, apakah kamu sudah lebih tahu sekarang? Mana nih yang lebih sering jadi pilihan tempat liburan kamu?

Baca Juga: 11 Desain Aneh Hotel yang Bikin Geleng-geleng Kepala Sekaligus Kesal

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya