TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tempat Melihat Perayaan Galungan di Bali, Suasananya Damai

Share info ya kalau ada rekomendasi yang lain

Umat Hindu yang akan sembahyang di salah satu pura di Bali (dok.pribadi/Natalia Indah)

Umat Hindu di Bali akan merayakan Hari Raya Galungan yang jatuh pada tanggal 25 September 2024. Ada beragam ritual yang dilakukan pada hari suci tersebut. Di antaranya beribadah ke pura maupun lingkungan sekitar rumah.

Kamu akan mendapatkan momentum ini kalau sedang berada di Bali. Berikut ini rekomendasi tempat melihat perayaan Galungan di Bali.

1. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran yang dihiasi penjor (instagram.com/penglipuranofficial)

Desa Penglipuran dinobatkan oleh UNESCO sebagai desa terbersih. Selain itu, desa ini juga memenuhi konsep atau filosofi Tri Hita Karana yang selalu dijaga dengan baik hingga saat ini. Bahkan, Desa Penglipuran sangat kental dengan adat serta keseniannya.

Saat Hari Raya Galungan, kamu akan melihat Desa Penglipuran yang tampak lebih indah. Penjor-penjor dipasang di depan setiap rumah, dan kamu bisa melihat para penduduk bersembahyang sejak pagi hari. Suasana desa yang hangat dengan pemandangan yang berbeda saat Galungan, sayang untuk dilewatkan, bukan?

2. Tanah Lot

Pura Tanah Lot (instagram.com/tanahlotid)

Tanah Lot merupakan ikon wisata Bali yang gak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Daya tarik utama destinasi ini adalah keberadaan Pura Luhur atau Pura Tanah Lot yang ada di atas batu karang Pantai Beraban. Selain itu, daya tarik Tanah Lot lainnya adalah terdapat mata air suci yang bersumber dari mata air tawar namun muncul dari tengah lautan.

Saat Hari Raya Galungan, sebagian umat Hindu akan melakukan sembahyang di pura tersebut. Aktivitas ini pun menjadi magnet bagi wisatawan yang tertarik melihat perayaan Galungan. Kamu bisa datang ke Tanah Lot yang berada di kawasan Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

3. Pura Ulun Danu Beratan

Umat Hindu Bali yang sembahyang di Pura Ulun Danu Beratan (instagram.com/ulundanuberatan)

Tertarik melihat perayaan Galungan berlatarkan pemandangan danau? Kamu bisa berkunjung ke Pura Ulun Danu Beratan yang terletak di Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan. Pura ini memiliki pemandangan menkajubkan yang dikelilingi oleh perbukitan dan danau.

Pura ini terdiri dari beberapa kompleks, yaitu Penataran Agung, Prajapati, Dalem Purwa, Taman Beji, Lingga Petak, dan area stupa Buddha. Hingga saat ini, Pura Ulun Danu Beratan masih digunakan untuk sembahyang, termasuk pada Hari Raya Galungan. Sejak pagi hari, kamu bisa melihat para umat Hindu Bali dengan pakaian yang serba putih sembahyang di sini.

4. Pura Penataran Agung Lempuyang

Pura Penataran Agung Lempuyang (dok.pribadi/Natalia Indah)

Pura Penataran Agung Lempuyang dikenal dengan sebutan gate to heaven, karena pemandangannya yang menakjubkan. Saat cuaca cerah, kamu bisa melihat Gunung Agung yang menjulang dari gapura pura dan menjadi spot foto estetik dan digemari oleh wisatawan.

Pura dengan bangunan megah dan suasana alam yang sangat asri ini, merupakan tempat suci umat Hindu Bali. Saat perayaan Galungan nanti, umat Hindu akan mendatangi pura ini untuk sembahyang. Pura Penataran Agung Lempuyang berada di Jalan Pura Telaga Mas Lempuyang, Tri Buana, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

5. Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu (instagram.com/uluwatu.temple)

Pura Luhur Uluwatu merupakan tempat ibadah sekaligus objek wisata yang berada sekitar 70 meter di atas tebing. Umat Hindu Bali akan datang dan sembahyang di pura ini saat Galungan nanti. Mulai pagi hari, kamu akan melihat mereka mengenakan pakaian tradisional dan membawa beragam sesajen.

Sore harinya, kamu bisa melihat pertunjukan Tari Kecak berlatarkan panorama sunset yang menawan. Ini merupakan destinasi favorit wisatawan untuk melihat keindahan alam serta pertunjukan seni Bali bersamaan. Pura Luhur Uluwatu bisa kamu temukan di Desa Adat Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Kelima tempat melihat perayaan Galungan di Bali bisa kamu kunjungi nanti. Namun, perlu diingat saat memasuki kawasan pura, kamu harus mematuhi peraturan yang ada. Selain itu, jangan mengganggu mereka yang sedang bersembahyang, ya.

Verified Writer

Natalia Indah Kartikaningrum

Mbak-mbak rambut pendek yang paling suka diajak ngopi atau sunsetan bareng.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya