Comscore Tracker

Yuk Aktifkan! Google Assistant Bisa Baca Tulisan Apapun di Smartphone

Jangan disuruh baca puisi kiriman mantan ya. Hehe

Google Assistant bukanlah hal baru bagi pengguna smartphone Android. Layanan yang ditawarkan oleh Google tersebut berfungsi sebagai asisten virtual sehingga pengguna smartphone Android jadi lebih mudah dalam melakukan aktivitas pada perangkatnya. Kabar terbaru, Google Assistant kini bisa disuruh baca.

1. Fitur "Read It" untuk membaca seluruh isi sebuah situs

Yuk Aktifkan! Google Assistant Bisa Baca Tulisan Apapun di Smartphonemedium.com

Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020 lalu, Google memperkenalkan fitur "Read It". Seperti yang dijelaskan oleh David Kadouch, Product Lead Google, fitur ini memungkinkan Google Assistant untuk membaca seluruh isi sebuah situs melalui teknologi text to speech. Dengan begitu, pengguna bisa mendengarkan keseluruhan halaman situs yang diinginkan sembari melakukan aktivitas lainnya.

2. Pelafalan ketika membaca teks tidak terkesan kaku seperti suara robot

Yuk Aktifkan! Google Assistant Bisa Baca Tulisan Apapun di Smartphonephonearena.com

Berita baiknya lagi, text to speech kini terdengar lebih natural. Untuk mendukung hal ini, Google menggunakan tool Neural Network. Yaitu teknologi machine learning untuk membaca teks dengan format halaman panjang. Neural Network menitikberatkan pada penekanan, intonasi, dan ritme ketika membaca teks sehingga tidak akan terkesan kaku seperti suara robot.

Baca Juga: 6 Cara Cepat Mengembalikan Data Hilang di Flashdisk yang Kena Virus

3. Tersedia dalam 42 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia

Yuk Aktifkan! Google Assistant Bisa Baca Tulisan Apapun di Smartphonepcmag.com

Fitur Read It dapat membacakan teks dalam 42 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Bila teks dalam situs tersebut dalam bahasa asing, opsi "translate" dapat digunakan untuk menerjemahkan teks sebelum didengarkan. Adapun penerjemahan ini dilakukan menggunakan fasilitas Google Translate.

4. Cara memakai fitur "Read It":

Yuk Aktifkan! Google Assistant Bisa Baca Tulisan Apapun di Smartphoneliteteknoid.com

Sebuah situs yang ingin dibaca dapat dibuka melalui beberapa browser seperti Chrome, Google App, dan Google News App. Cara menggunakan "Read It" pun cukup mudah.

Caranya, buka situs yang diinginkan, lalu katakan, "Ok Google, read it." Selain itu, perintah membaca juga dapat dilakukan dengan menekan tombol virtual '"Read It" saat pengguna memanggil asisten virtual.

5. Kamu tidak perlu scrolling manual. Google Assistant bisa melakukannya secara otomatis

Yuk Aktifkan! Google Assistant Bisa Baca Tulisan Apapun di Smartphonephoneworld.com.pk

Supaya Google Assistant bisa membaca isi situs, pengguna harus memberi izin dulu kepada aplikasi Google untuk mengakses konten on-screen. Pengguna juga dapat mengatur kecepatan baca Google Assistant sesuai kenyamanan. Selain itu, pengguna juga tak perlu scrolling halaman situs karena Google Assistant sudah dibekali oleh kemampuan scrolling otomatis sampai ke bagian paling bawah halaman sebuah situs.

Itulah keunggulan Google Assistant untuk membaca apapun yang ada di dalam smartphone. Buat kamu yang perangkatnya Android dengan OS Android versi 5 atau yang lebih, sudah bisa menikmati kemudahan fitur ini. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: 7 Fitur Unik Google Assistant Ini Belum Banyak Dicoba, kalau Kamu?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya