Comscore Tracker

WhatsApp Berhenti Beroperasi di HP Android dan iPhone Jenis Ini

1 Februari 2020 ini akan berlaku. Yuk dicek HP kamu

Aplikasi WhatsApp mengumumkan berhenti beroperasi di sebagian smartphone Android dan iPhone pada tanggal 1 Februari 2020 nanti. Kabar ini diumumkan secara resmi melalui blog resmi perusahaan tersebut.

Aplikasi tersebut tidak akan beroperasi pada jenis smartphone yang menggunakan sistem operasi Android Gingerbread dan sebelumnya. Kabar ini juga ditujukan bagi pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS 8 ke bawah. Berikut ini uraian penjelasannya:

1. Tak akan ada fitur anyar di Android Gingerbread dan iOS 8 ke bawah

WhatsApp Berhenti Beroperasi di HP Android dan iPhone Jenis Inigizbot.com

“Untuk Android versi 2.3.7 dan sebelumnya, Anda tidak akan bisa membuat akun baru, ataupun memverifikasi akun,“ tulis developer di laman resminya. 

Ini berarti bahwa pengguna Android Gingerbread ke bawah tidak akan mendapatkan update keamanan dan fitur baru juga. Selain itu, aplikasi tersebut juga menambahkan bahwa fitur untuk pengguna tablet juga akan dibatasi. Hal yang sama berlaku pada pengguna iOS 8 dan sebelumnya. 

2. WhatsApp menyarankan agar pengguna upgrade sistem operasi

WhatsApp Berhenti Beroperasi di HP Android dan iPhone Jenis Iniindependent.co.uk

Melalui laman resminya pula, WhatsApp menyarankan pengguna untuk segera menggunakan sistem  operasi yang lebih baru. Untuk Android, gunakan minimal versi 4.0.3 atau Ice Cream Sandwich. Sedangkan untuk iPhone menggunakan iOS 9 ke atas untuk tetap bisa menggunakan fitur-fitur aplikasi tersebut secara maksimal.

“Kami tidak akan secara aktif mengembangkan diri untuk sistem operasi tersebut, sebagian fitur mungkin berhenti berfungsi sewaktu-waktu. Jika Anda menggunakan sistem operasi lama, kami merekomendasikan untuk meng-upgrade-nya ke versi yang lebih baru,” kata WhatsApp dalam lamannya.

3. Tujuan dari pembaruan ini adalah untuk optimalisasi fitur

WhatsApp Berhenti Beroperasi di HP Android dan iPhone Jenis Iniincarabia.com

Keputusan aplikasi besutan Facebook tersebut untuk menghentikan layanan adalah untuk menambahkan fitur baru yang tidak akan bisa berfungsi di handphone lawas.

Mereka membutuhkan teknologi yang lebih baru dan canggih. Contoh fitur baru yang akan dikembangkan adalah otentikasi lewat sidik jari. Selain itu, mereka mengatakan akan membatasi fitur forward untuk mengurangi peredaran hoaks hingga 25 persen.

4. Sebelumnya, WhatsApp juga menghentikan layanan di Windows Phone

WhatsApp Berhenti Beroperasi di HP Android dan iPhone Jenis Inispymasterpro.com

Pada Mei lalu, WhatsApp juga mengumumkan bahwa 2019 ini adalah tahun terakhir mereka mengembangkan layanan untuk Windows Phone. Para pengguna hanya bisa mengakses aplikasi buatan Facebook tersebut hingga 31 Desember 2019. Penghentian ini bersamaan dengan keputusan Microsoft yang juga mengakhiri dukungannya untuk Windows 10 Mobile pada Desember mendatang.

Jadi, kamu mulai sekarang mulai cari smartphone yang sistem operasinya lebih baru ya. Biar kamu bisa mengakses aplikasi WhatsApp.

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Bikin Baterai Ponsel Cepat Rusak

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya