Comscore Tracker

Ciri-ciri WhatsApp Dihack Orang, Data Pribadi Kamu Bisa Diakses

Kalau gak hati-hati bisa bahaya

WhatsApp kini termasuk aplikasi pesan yang dipakai oleh banyak orang. Namun semakin banyak penggunanya, hacker pun ikut meliriknya. Meski sistem keamanannya sudah berlapis, tetapi hacker masih bisa menjebol aplikasi ini. Ini bahaya ketika akun WhatsApp kamu terhubung dengan aplikasi seperti e-commerce, e-wallet, dan lainnya. Data-data pentingmu jadi bocor.

Kasus peretasan WhatsApp terbesar pernah dialami Jeff Bezos, CEO Amazon. Hacker berhasil 'masuk' ke smartphone miliknya. Seluruh data pribadi WhatsApp miliknya diambil.

Biar kamu tidak mengalaminya, berikut ciri-ciri WhatsApp dihack orang lain:

1. Akunmu tiba-tiba keluar dengan sendirinya

Ciri-ciri WhatsApp Dihack Orang, Data Pribadi Kamu Bisa Diaksesforbes.com

WhatsApp hanya bisa diakses oleh satu smartphone saja, dan memang begitu cara sistem keamanannya. Jadi kalau kamu membuka WhatsApp di perangkat baru, akun di perangkat lama akan keluar secara otomatis. Biasanya WhatsApp akan mengirimkan notifikasi jika kamu pindah ke perangkat baru, bahwa nomormu tidak lagi terdaftar di perangkat yang kamu gunakan sebelumnya. Ada dua opsi yang akan muncul, OK atau verifikasi. Kamu harus memilih verifikasi agar akun tidak diakses orang lain.

Baca Juga: Cara Mengetahui WhatsApp Kamu Diblokir Orang, Awas Ketahuan

2. Statusmu “Online”, padahal tidak sedang mengakses WhatsApp

Ciri-ciri WhatsApp Dihack Orang, Data Pribadi Kamu Bisa Diaksesyoutube.com/syam kapuk

Kamu bisa melihat status WhatsApp kamu dari smartphone orang lain. Coba matikan smartphone kamu. Lalu pinjam smartphone teman untuk melihat profilmu.

Pastikan pula kamu tidak mengakses WhatsApp melalui browser ya. Jika statusnya “Online”, maka ada orang lain yang sedang mengaksesnya.

3. Kamu mendapat pesan mencurigakan

Ciri-ciri WhatsApp Dihack Orang, Data Pribadi Kamu Bisa Diaksesdeusm.com

Satu teknik umum yang digunakan oleh para hacker adalah phishing. Mereka melakukannya dengan cara mengirimkan pesan spam dengan tautan yang mencurigakan.

Jika kamu pencet tautan itu dan mengikuti perintah yang ada di dalam situs tersebut, maka besar kemungkinan WhatsApp akan diretas.

4. Status pesan yang baru masuk tiba-tiba terbaca, padahal kamu belum membukanya

Ciri-ciri WhatsApp Dihack Orang, Data Pribadi Kamu Bisa Diaksestechweez.com

Untuk memastikannya, bisa meminta orang lain untuk mengirim pesan ke WhatsApp kamu. Jika tanda centangnya berubah warna jadi biru padahal kamu belum membacanya, maka harus dicurigai akunmu sudah tidak aman.

Baca Juga: Mengenal Spyware Pegasus, Peretas WhatsApp Asal Israel yang Berbahaya 

5. Kamu tiba-tiba menerima OTP dari WhatsApp

Ciri-ciri WhatsApp Dihack Orang, Data Pribadi Kamu Bisa Diaksesdribbble.com

Kode OTP adalah bentuk sistem keamanan WhatsApp untuk mencegah pembajakan akun. Biasanya kode ini diminta ketika kamu ingin log in dari perangkat baru. Jika tiba-tiba menerima kiriman OTP, berarti ada orang lain yang berusaha masuk ke akunmu.

Enam digit angka ini bersifat rahasia. Jangan pernah membocorkannya kepada siapa pun agar akun tidak diambil alih. Segera saja hapus pesan itu agar tidak ada orang yang bisa mengaksesnya.

6. Akun tiba-tiba mengirimkan pesan tanpa sepengetahuanmu

Ciri-ciri WhatsApp Dihack Orang, Data Pribadi Kamu Bisa Diaksesindianexpress.com

Jika ada teman yang mengaku mendapatkan pesan aneh dari akunmu, bisa dipastikan WhatsApp sedang diretas oleh orang lain. Pada umumnya pesan tersebut memiliki link dengan huruf acak. Tujuannya adalah untuk meretas atau mencuri data-data pengguna lainnya.

7. Amankan akun melalui WhatsApp Web

Ciri-ciri WhatsApp Dihack Orang, Data Pribadi Kamu Bisa Diaksestechspotty.com

Cara paling konkret untuk mengidentifikasi aktivitas orang lain di akun WhatsApp adalah dengan melihat WhatsApp Web. Caranya:

Masuk ke Settings > WhatsApp Web/Desktop. Di sana akan terlihat kapan aktivitas web terakhir kamu dan diakses melalui perangkat apa.

Jika ada aktivitas dan perangkat yang bukan milikmu, kamu bisa klik “Log out from all devices”. Dengan begit orang lain yang mengaksesnya harus scan kode QR lagi untuk bisa membuka akunmu.

8. Nah, ini ada cara mencegah agar WhatsApp kamu tidak diretas orang lain

Ciri-ciri WhatsApp Dihack Orang, Data Pribadi Kamu Bisa Diaksestechadvisor.co.uk

Pertama adalah dengan mengaktifkan verifikasi dua faktor atau two-step verification. Setiap kali kamu log in WhatsApp melalui perangkat baru, aplikasi akan memintamu memasukkan kode PIN. Untuk mengaktifkannya:

Masuk ke Settings > Account > Two-Step Verification > Enable. Setelah itu, masukkan kode PIN yang kamu inginkan dan alamat email untuk pemulihan.

Cara berikutnya adalah dengan mengaktifkan screen lock sidik jari. Opsi pengamanan ini akan memindai sidik jarimu setiap kali membuka WhatsApp. cara mengaktifkannya:

Masuk ke Privacy > Screen Lock, lalu aktifkan.

9. Bagaimana kalau akunmu terlanjur diretas? Tenang. Ini ada caranya

Ciri-ciri WhatsApp Dihack Orang, Data Pribadi Kamu Bisa Diaksesmenafn.com

Cara pertama, pasang ulang WhatsApp dan masuk lagi ke akun kamu. Pasang Two-Step Verification jika kamu belum menggunakannya. Dengan begitu, hacker tidak akan bisa masuk tanpa mengetahui PIN tersebut.

Namun jika kamu sudah tidak bisa mengaksesnya lagi, kirimkan email ke:

support@whatsapp.com

Pada badan email, tulislah:

"Stolen: Please deactivate my account" atau dalam Bahasa Indonesia berarti "Dicuri: Tolong nonaktifkan akun saya".

WhatsApp nanti akan melakukan verifikasi laporanmu dan menghapus akun tersebut. Setelah 30 hari, kamu bisa mendaftarkan nomor yang sama lagi menjadi akun baru.

Itulah ciri-ciri WhatsApp dihack orang lain. Kamu bisa mencobanya dari sekarang.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya