Comscore Tracker

Ciri-ciri Olshop Penipu, Bahaya Jika Terlanjur Transaksi!

Siapa yang pernah tertipu belanja online? Bagi pengalaman ya

Hanya bermodal kuota, kamu sudah bisa membeli berbagai kebutuhan secara online. Apalagi dalam situasi pandemik seperti sekarang ini, kamu dapat bertransaksi meski sambil berbaring di atas tempat tidur. Namun kemudahan ini justru dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Masih saja ada online shop (Olshop) yang menipu dan justru merugikan akun-akun bisnis lain yang benar-benar menjual produknya.

Biar gak kena tipu, berikut ciri-ciri online shop penipu, dilansir dari berbagai sumber:

1. Barangnya dijual murah dan tidak masuk akal

Ciri-ciri Olshop Penipu, Bahaya Jika Terlanjur Transaksi!Pixabay.com/99mimimi

Akun penipu biasanya menawarkan harga murah yang jauh sekali dari harga pasaran. Mereka berdalih jika barangnya berasal dari black market, makanya jauh lebih murah.

Meski itu barang black market, harga yang ditawarkan tetap tidak akan jauh dari harga asli. Lagipula membeli barang black market juga tidak baik.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Keluar dari Grup WhatsApp, Biar Gak Stres

2. Periksa dulu profil nomor WhatsApp penjual sebelum bertransaksi

Ciri-ciri Olshop Penipu, Bahaya Jika Terlanjur Transaksi!Pixabay.com/lobostudiohamburg

Dicek dulu apakah nomor tersebut terdaftar sebagai nomor bisnis atau tidak. Karena nomor WhatsApp yang biasa dipakai untuk jual-beli akan mendaftarkannya sebagai akun bisnis, bukan pribadi.

Ya, memang tidak semua olshop akan memakai akun bisnis sih. Tetapi sebaiknya harus berhati-hati juga.

3. Mereka melayani konsultasi 24 jam

Ciri-ciri Olshop Penipu, Bahaya Jika Terlanjur Transaksi!pixabay.com/fancycrave1

Mana ada olshop yang menerapkan layanan 24 jam. Bahkan jarang sekali ditemukan. Kalau akun olshop menghubungimu di luar jam biasanya, sebaiknya kamu curiga. Jam normal konsultasi biasanya di antara pukul 09.00-19.00 dari hari Senin-Sabtu.

4. Mereka justru fokus pada pembayaran

Ciri-ciri Olshop Penipu, Bahaya Jika Terlanjur Transaksi!Pixabay.com/stevepb

Kalau olshop yang serius, dia akan memperlakukan pembelinya dengan sangat baik. Seperti sabar menanggapi pertanyaan dan komplain pembeli. Tetapi jika akun olshop tidak menjelaskan secara rinci tentang produknya, tetapi langsung menawarkan transaksi pembayaran, wajib curiga ya.

5. Perhatikan di bagian testimoni dan kolom komentar

Ciri-ciri Olshop Penipu, Bahaya Jika Terlanjur Transaksi!pixabay.com/wokandapix

Olshop pasti akan memasang beberapa testimoni di akunnya. Coba perhatikan nomor rekening dan nama yang tercantum di bagian rekening tujuan. Samakan setiap testimoni satu dengan lainnya. Apakah semua nomor dan nama pemilik rekening sama?

Jika nomor transaksinya berbeda-beda di tiap akun, berarti ada indikasi penipuan. Selain itu, akun olshop penipu biasanya juga akan menonaktifkan kolom komentar. Ini untuk konsumen yang berkomentar macam-macam pada unggahannya.

6. Jika kamu terlanjur transaksi lalu mereka meminta tambahan uang, sebaiknya langsung hentikan. Itu sudah penipuan dan lupakan uang yang terlanjur sudah kamu kirimkan

Ciri-ciri Olshop Penipu, Bahaya Jika Terlanjur Transaksi!pixabay.com/nastya_gepp

Jika akun olshop mulai meminta melakukan pembayaran tambahan di luar ongkir, sebaiknya hentikan transaksi. Ini merupakan sebuah modus baru dalam penipuan olshop.

Mereka akan meminta kamu untuk mentransfer sejumlah uang, dengan dalih ingin menambahkan peningkatan asuransi kargo dan berjanji akan melakukan refund. Untuk meyakinkan korban, mereka akan mengirim foto KTP dan SIM sang penjual.

7. Jangan lupa periksa tagar olshop

Ciri-ciri Olshop Penipu, Bahaya Jika Terlanjur Transaksi!pixabay.com/FirmBee

Baca Juga: Kocak, 10 Chat Pembeli Olshop Ini Dijamin Bikin Ngakak!

Tagar juga penting untuk diperhatikan. Apalagi olshop di akun Instagram. Coba scroll sampai bawah. Jika itu akun penipu, akan ada orang-orang yang membicarakannya melalui tagar terkait.

Periksa satu-satu secara teliti. Jika kamu menemukan orang yang juga ikut tertipu, coba kumpulkanlah bukti sebanyak mungkin dan segera melapor ke pihak berwajib jika diperlukan.

Itulah ciri-ciri akun olshop penipu. Jadinya sebaiknya berhati-hati ya sebelum belanja online. Semoga artikel ini membantumu.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Maya Andita di IDN Times Community dengan judul Sering Belanja Online? Ini 7 Tanda Olshop Penipu, Kamu Wajib Tahu! 

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya